OTOMOTIF

Shell Melangkah Maju dalam Menangkal Oli Palsu dengan Teknologi Segel Terkini

38
×

Shell Melangkah Maju dalam Menangkal Oli Palsu dengan Teknologi Segel Terkini

Sebarkan artikel ini
Antisipasi Oli Palsu, Shell Gunakan Segel Canggih Ini
Antisipasi Oli Palsu, Shell Gunakan Segel Canggih Ini

Media90 (media.gatsu90rentcar.com) – Oli palsu masih menjadi permasalahan serius di Indonesia, dan Shell Indonesia telah mengambil langkah proaktif dengan memberikan ciri khusus pada setiap kemasan produk mereka.

Arie Satyanggoro, VP Marketing Lubricants Shell Indonesia, mengungkapkan bahwa oli Shell kini dilengkapi dengan suatu inovasi yang mereka sebut sebagai “jam jar.”

Jam jar merupakan segel khusus yang diciptakan oleh Shell dan dilengkapi dengan QR Code.

QR Code ini dapat dipindai oleh konsumen dan terhubung langsung ke server Shell Anti-Counterfeit System, sebuah sistem yang dirancang khusus untuk menghindari pemalsuan produk. Segel ini memiliki tujuan utama untuk menjaga keaslian oli Shell yang beredar di pasaran.

Menurut Arie, “Di Shell, kita punya yang namanya jam jar di tutup botol olinya. Kalau dari sisi konsumen, misal dia beli terus pindai kode QR-nya, lalu masuk ke website kita, berarti resmi (asli) olinya.”

Hal ini memberikan keamanan ekstra kepada konsumen untuk memastikan bahwa mereka membeli produk oli Shell yang asli.

Arie juga menjelaskan bahwa jika QR Code tidak berhasil masuk ke website resmi Shell atau memberikan keterangan bahwa sudah di-scan sebelumnya, maka kemungkinan besar oli tersebut palsu.

Langkah ini membantu konsumen dalam membedakan produk yang asli dari yang palsu.

Selain melibatkan konsumen dalam upaya anti-pemalsuan, Shell Indonesia juga aktif dalam mengedukasi bengkel rekanan mereka untuk mengantisipasi peredaran oli palsu.

Arie menyatakan, “Kita edukasikan terus ke mereka kalau yang namanya menjual oli palsu pasti jeleknya juga ke bengkel. Konsumen bisa marah, bahkan enggak mau balik lagi.”

Shell Indonesia memberikan insentif kepada bengkel rekanan yang berhasil menjual oli Shell asli ke konsumen.

Dengan memindai kode QR, bengkel-bengkel ini dapat mengumpulkan poin sebagai bagian dari program insentif yang dikenal dengan nama SHARE (Shell Advantage Reward).

Tidak hanya melalui QR Code, konsumen juga dapat melakukan verifikasi produk dengan mengunjungi situs web resmi Shell Indonesia dan memasukkan 16 angka yang tertera pada lapisan kedua segel pengaman.

Alternatif lainnya, konsumen dapat mengirimkan SMS berisi 16 angka tersebut ke nomor 085574670055 secara gratis.

Dengan langkah-langkah ini, Shell Indonesia berkomitmen untuk melindungi konsumen dan mitra bisnisnya dari risiko oli palsu, sambil mendorong keamanan dan keaslian produk oli Shell di pasar Indonesia.