OTOMOTIF

Seberapa Efisien Konsumsi Bahan Bakar Haval H6 HEV dalam Penggunaan Sehari-hari?

95
×

Seberapa Efisien Konsumsi Bahan Bakar Haval H6 HEV dalam Penggunaan Sehari-hari?

Sebarkan artikel ini
Berapa Konsumsi BBM Haval H6 HEV Dipakai Harian
Berapa Konsumsi BBM Haval H6 HEV Dipakai Harian

Media90 (media.gatsu90rentcar.com) – Media90 baru-baru ini melakukan uji coba terhadap konsumsi bahan bakar (BBM) dari Haval H6 HEV selama hampir satu pekan di tengah kepadatan lalu lintas kota Jakarta.

Uji coba ini bertujuan untuk mengevaluasi efisiensi konsumsi BBM Haval H6 HEV pada kondisi kemacetan yang sering terjadi saat jam berangkat dan pulang kerja.

Hasil pengujian menunjukkan bahwa konsumsi BBM Haval H6 HEV untuk penggunaan sehari-hari dapat dikategorikan sebagai “biasa” dengan tidak terlalu boros namun juga tidak terlalu irit.

Konsumsi BBM Haval H6 HEV di dalam kota rata-rata berkisar antara 1:10 hingga 1:12 km/liter atau sekitar 9,5 liter per 100 km berdasarkan data MID (Multi Information Display).

Pengujian dilakukan pada jam pulang kerja, antara pukul 16.00 hingga 19.00 WIB, tanpa melalui tol.

Rute perjalanan dimulai dari gedung Menara Standard Chartered, Jakarta Selatan menuju kawasan Cipayung, Depok, Jawa Barat.

Kondisi jalanan yang padat dengan kecepatan rata-rata sekitar 22 km/jam membuat konsumsi BBM menjadi relatif tinggi. Mobil diisi oleh 4 penumpang dengan tekanan ban 32 psi dan menggunakan BBM beroktan 92.

Sementara itu, ketika diuji di perjalanan luar kota melalui jalan tol dari Cibinong hingga Cibitung, konsumsi BBM Haval H6 HEV terbilang lebih efisien.

Dengan kecepatan konstan sekitar 100 km/jam dan penggunaan lajur tengah hingga kiri, konsumsi BBM Haval H6 HEV mencapai 1:18 km/liter atau sekitar 5,5 liter per 100 km berdasarkan data MID.

Meskipun demikian, penggunaan Haval H6 HEV untuk aktivitas sehari-hari di dalam kota yang mayoritas diwarnai kemacetan tidaklah terlalu irit.

Namun, ketika digunakan untuk perjalanan luar kota melalui jalan tol, mobil ini masih dapat dikategorikan sebagai irit.

Perlu dicatat bahwa untuk mencapai angka konsumsi BBM yang efisien, pengemudi perlu mempertahankan kecepatan di bawah 100 km/jam agar mobil tidak boros.

Secara keseluruhan, meskipun konsumsi BBM Haval H6 HEV tidak tergolong yang paling irit, kekuatan mesin yang dihasilkannya mampu mengimbangi konsumsi BBM yang relatif tinggi.

Haval H6 HEV dilengkapi dengan mesin berkapasitas 1.500 cc, 4 silinder, turbo yang mampu menghasilkan tenaga 148 hp dengan torsi maksimum 230 Nm.

Motor listrik dengan kekuatan 130 kW juga turut membantu dalam produksi tenaga hingga 174,5 hp dengan torsi maksimum 300 Nm.

Paduan mesin bensin dan motor listrik ini menghasilkan tenaga sebesar 239,6 hp dengan torsi maksimum 530 Nm.

Walaupun demikian, mobil ini menunjukkan bahwa produsen mobil China belum sepenuhnya mampu memproduksi mesin bensin yang sangat efisien.

Namun, dalam hal mobil listrik, para produsen mobil China terbukti bersaing dengan merek-merek Jepang, Eropa, atau Amerika Serikat.

Bagi yang sedang mempertimbangkan untuk membeli Haval H6 HEV, informasi mengenai konsumsi BBM ini bisa menjadi pertimbangan dalam proses pembelian.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *