OTOMOTIF

Rincian Terbaru: Spesifikasi dan Harga Suzuki Grand Vitara 2024

172
×

Rincian Terbaru: Spesifikasi dan Harga Suzuki Grand Vitara 2024

Sebarkan artikel ini
Spesifikasi Dan Harga Suzuki Grand Vitara Terbaru 2024
Spesifikasi Dan Harga Suzuki Grand Vitara Terbaru 2024

Media90 (media.gatsu90rentcar.com) – Lembar spesifikasi Suzuki Grand Vitara mulai tampak setelah resmi diperkenalkan oleh PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) di hari pertama digelarnya pameran Indonesia International Motor Show (IIMS) 2023 di JIExpo Kemayoran, Jakarta.

Spesifikasi SUV (Sport Utility Vehicle) ini menarik untuk dibahas bagi kamu yang ingin membeli mobil tersebut.

Di Indonesia, Suzuki Grand Vitara tersedia dalam dua tipe, yaitu GL dan GX. Mobil tersebut akan jadi SUV pertama yang menggunakan teknologi elektrifikasi di antara para kompetitornya.

Tentang Suzuki Grand Vitara

Nama Suzuki Grand Vitara mungkin sudah tidak asing lagi di telinga orang Indonesia. Di tahun 1992 silam, Suzuki pernah memasarkan Vitara untuk konsumen Tanah Air dan langsung mendapatkan sambutan positif dari mereka.

Selain punya tampilan yang dinilai stylish di masanya, mobil tersebut juga telah mengandalkan per keong saat pertama kali diluncurkan.

Hal ini menjadi salah satu keunggulan yang dimiliki Vitara di mana kebanyakan SUV lain di angkatannya masih memakai per daun.

Sayangnya, mobil ini sudah tidak dijual lagi di Indonesia pada 2018. Vitara sudah tidak mendapat pembaruan yang berarti di Tanah Air di tahun tersebut serta kalah bersaing dengan para pesaingnya.

Suzuki pun akan meluncurkan Grand Vitara di Indonesia pada 2023. Sebagai informasi, mobil tersebut sudah dipasarkan di India pada September 2022.

Mobil ini tersedia dalam dua opsi mesin hybrid, Smart Hybrid dan Intelligent Electric Hybrid.

Adapun perbedaannya adalah Smart Hybrid merupakan sistem mild hybrid, sedangkan Intelligent Electric Hybrid yaitu sistem strong hybrid.

Grand Vitara yang akan resmi dirilis di Tanah Air hadir dengan tampilan serta fitur lebih modern dibandingkan generasi-generasi sebelumnya.

SUV ini dibekali dengan teknologi mild hybrid bernama SHVS (Smart Hybrid Vehicle by Suzuki).

Harga Suzuki Grand Vitara 2024

Seperti diketahui, Suzuki Grand Vitara di Indonesia ditawarkan dengan harga di bawah Rp400 juta.

Saat ini harga Suzuki Grand Vitara 2024 berdasarkan situs web resminya adalah sebagai berikut:

  • Grand Vitara GX: Rp384,4 juta
  • Grand Vitara GX (dual tone): Rp387,4 juta
  • Grand Vitara GL: Rp359,4 juta

Sebagai perbandingan saja, saat pertama kali muncul di India, mobil ini dipasarkan dengan harga mulai dari Rp192-358 jutaan.

Tersedia banyak opsi warna bagi konsumen yang membeli Grand Vitara, mulai dari Pearl Splendid Silver + Black, Pearl Artic White + Black, Pearl Midnight Black, dan Pearl Celestial Blue pada tipe tertingginya, GX.

Spesifikasi Mesin Suzuki Grand Vitara 2024

Di Indonesia, spesifikasi mesin Suzuki Grand Vitara berkapasitas 1.500 cc, 4 silinder dengan teknologi SHVS.

Sebagai informasi, teknologi tersebut memakai dua komponen untuk mendampingi mesin pembakaran internal, yaitu baterai lithium-ion dan ISG (Integrated Starter Generator).

Dengan dilengkapi teknologi ini, penggunaan bahan bakar diklaim jadi lebih optimal sesuai keinginan.

Mesin yang dibenamkan pada Grand Vitara berkode K15C Dual Jet di mana dapat mengeluarkan tenaga sebesar 101,6 hp pada putaran 6.000 rpm dengan torsi puncak 136 Nm di putaran 4.400 rpm.

Di Indonesia, Grand Vitara hanya tersedia dengan satu transmisi, yaitu matik konvensional yang menyalurkan tenaga mesin ke roda depan.

Selain itu, semua varian mobil ini mengandalkan sistem penggerak FWD (Front Wheel Drive) yang dinilai cocok untuk konsumen Indonesia yang menggunakan mobil di jalan raya.

Eksterior Suzuki Grand Vitara 2024

Dari segi dimensi, Suzuki Grand Vitara mempunyai panjang 4.345 mm, lebar 1.795 mm, tinggi 1.645 mm, dan jarak sumbu roda 2.600 mm jika mengacu pada model di India.

Mobil tersebut juga memiliki ground clearance hingga 210 mm sehingga bisa dibawa berkendara dengan cukup baik di medan jalan yang terjal.

Secara keseluruhan, tampilan luar mobil ini terlihat tangguh dan modern. Jika melihat Grand Vitara untuk pasar Indonesia, terlihat lampu depannya berdesain lancip yang mengikuti tren saat ini.

Pengguna mobil tersebut tidak perlu khawatir akan mengalami hal-hal yang tidak diinginkan saat berkendara di malam hari.

Grand Vitara sudah disematkan LED DRL (Daytime Running Light) serta LED Position Lamp yang dapat memberikan pencahayaan terang di malam hari ataupun saat cuaca berkabut tebal.

Selain itu, disematkan juga skid plate di bagian depan dan belakang yang memperkuat kesan tangguh pada mobil ini. Pada bagian samping, terdapat pelek dengan ukuran yang cukup besar, 17 inci untuk semua tipe.

Adapun lampu di bagian kiri dan kanan tidak menyambung, namun membuat tampilan Grand Vitara jadi terkesan lebar.

Beralih ke bagian belakang, desain lampunya memanjang secara horizontal di mana bisa memberikan penerangan terang seperti lampu depan.

Interior Suzuki Grand Vitara 2024

Sebagai SUV, Suzuki Grand Vitara dapat memuat cukup banyak penumpang hingga lima orang.

Mirip seperti eksteriornya, interior Grand Vitara juga terlihat tangguh dengan mempunyai dasbor bertingkat-tingkat dan punya lekukan yang tegas.

Tak hanya itu, door trim dan bagian dalam pintu mobil tersebut juga memiliki lekukan cukup besar yang memperkuat kesan tangguh ini.

Selain tangguh, interior mobil ini juga cukup terlihat modern di mana kemungkinan untuk konsumen Indonesia, menggunakan bahan kulit pada semua tipe.

Pada bagian setir kemudi, terdapat audio switch control serta hand’s free phone control. Untuk menjamin kenyamanan pengemudi dan para penumpang saat berkendara, semua jok sudah dilengkapi headrest adjustable.

Penumpang yang duduk di jok belakang pun akan merasa semakin nyaman dengan hadirnya armrest yang dapat dilipat ke sandaran jok tersebut.

Menariknya, desain jok Grand Vitara berbentuk lebar pada bagian samping serta belakang yang dinilai dapat menopang tubuh dengan baik selama perjalanan.

Tak ketinggalan, SUV ini sudah dilengkapi head unit touch screen seluas 9 inci yang bisa terkoneksi dengan smartphone pengguna.

Ada pula panoramic sunroof khusus tipe GX sehingga pengemudi dan penumpang tidak merasa bosan dengan melihat pemandangan sekitarnya.

Pengguna pun tidak perlu khawatir saat lupa membawa kabel untuk mengisi daya smartphone-nya.

Grand Vitara telah disematkan fitur canggih berupa Smartphone Wireless Charging pada tipe GX.

Selain itu, pengguna dapat membawa barang dalam jumlah cukup banyak di bagasi Grand Vitara yang cukup luas.

Untuk memuat barang dalam jumlah lebih banyak, jok belakang mobil tersebut bisa dilipat dengan konfigurasi 60:40. Pelipatan jok ini termasuk rata lantai, tapi sandarannya agak naik.

Bagasi Grand Vitara sudah dilengkapi dengan separator. Terdapat ban cadangan berukuran penuh (full size) di balik lantai bagasi ini di mana peleknya berwarna hitam.

Fitur Suzuki Grand Vitara 2024

Fitur yang disematkan pada Suzuki Grand Vitara terbilang cukup lengkap dan canggih.

Selain yang sudah disebutkan di atas, mobil ini juga telah disematkan HUD (Head Unit Display) untuk tipe tertinggi, paddle shift dan cruise control pada semua tipe.

Pengguna dapat menyimpan barang di mobilnya dengan mudah karena tersedia banyak tempat penyimpanan.

Terdapat glove box, front door pocket, rear door pocket, hingga seatback pocket. Untuk fitur keselamatan, terdapat sistem pengereman Anti-lock Braking System (ABS), Braking Assist (BA), dan Electronic Brake Distribution (EBD) untuk semua tipe.

Terdapat juga fitur keselamatanlain tak kalah mumpuni berupa Electronic Stability Program (ESP) yang berguna membuat mobil tetap stabil di jalan licin.

Ada pula Hill Hold Control, Side Impact Door Beams, ISOFIX, hingga Child Proof Rear Door Lock. Sebagai informasi, Grand Vitara yang meluncur di India dilengkapi fitur telematika bernama Suzuki Connect.

Fitur ini berguna untuk lebih menjamin keamanan dan keselamatan pengguna mobil tersebut.

Di dalam fitur ini, terdapat emergency alerts, breakdown notification, stolen vehicle notification and tracking, geo fence, time fence, dan lain-lain.

Kelebihan dan Kekurangan Suzuki Grand Vitara

Kelebihan

  • Dilengkapi teknologi SHVS Suzuki Grand Vitara diketahui dilengkapi teknologi SHVS sehingga konsumsi bahan bakarnya bisa jadi irit.
  • Harga Cukup Terjangkau Jika dibandingkan dengan salah satu pesaingnya, Honda HR-V, harga Suzuki Grand Vitara lebih terjangkau yakni masih di bawah Rp400 jutaan untuk tipe tertingginya. Honda HR-V saat ini dibanderol Rp375,9-529,9 juta.
  • Tersedia Banyak Warna Suzuki Grand Vitara tersedia hingga lebih dari empat opsi warna, yaitu Pearl Splendid Silver + Black, Pearl Artic White + Black, Pearl Midnight Black, dan Pearl Celestial Blue, Prime Grandeur Grey, Pearl Artic White, dan Pearl Midnight Black.

Kekurangan

  • Belum AWD Seperti diketahui, Suzuki Grand Vitara di Indonesia belum menggunakan sistem penggerak AWD seperti versi di India.

Kompetitor

Di kelasnya, Suzuki Grand Vitara bersaing kuat dengan Hyundai Creta dan Honda HR-V.

FAQ

  1. Berapa harga Suzuki Grand Vitara?
    Harga Suzuki Grand Vitara Rp359,7 juta untuk varian GL, Rp384,4 juta untuk varian GX, dan Rp387,4 juta untuk varian GX Dual Tone.
  2. Apa saja varian Suzuki Grand Vitara?
    Grand Vitara di Indonesia tersedia dalam dua varian, GX dan GL.
  3. Apa saja warna Suzuki Grand Vitara yang tersedia?
    Grand Vitara menawarkan warna Pearl Splendid Silver + Black, Pearl Artic White + Black, Pearl Midnight Black, Pearl Celestial Blue, Prime Grandeur Grey, Pearl Artic White, dan Pearl Midnight Black.
  4. Berapa tenaga dan torsi mesin Suzuki Grand Vitara?
    Tenaga dan torsi mesin Grand Vitara adalah 101,6 hp dan 136 Nm.
  5. Apakah Suzuki Grand Vitara di Indonesia sudah AWD?
    Belum, Grand Vitara di Indonesia mengandalkan FWD.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *