OTOMOTIF

Menikmati Kemewahan Berperjalanan dengan Fitur V2L Hyundai Ioniq 5 Bluelink & Ioniq 6

55
×

Menikmati Kemewahan Berperjalanan dengan Fitur V2L Hyundai Ioniq 5 Bluelink & Ioniq 6

Sebarkan artikel ini
Begini Asyiknya Perjalanan Berkat Fitur V2L Pada Hyundai Ioniq 5 Bluelink Dan Ioniq 6
Begini Asyiknya Perjalanan Berkat Fitur V2L Pada Hyundai Ioniq 5 Bluelink Dan Ioniq 6

Media90 (media.gatsu90rentcar.com) – Hyundai telah menghadirkan teknologi canggih yang memungkinkan pengguna mobil listrik merasakan kenyamanan dan keamanan ekstra selama perjalanan mereka.

Teknologi ini dikenal dengan nama Vehicle to Load (V2L) dan tersedia pada model Hyundai Ioniq 5 Bluelink dan Ioniq 6.

V2L adalah fitur inovatif yang memanfaatkan platform Electric-Global Modular Platform (E-GMP) dari Hyundai Motor Group.

Platform E-GMP adalah platform kendaraan pertama yang secara khusus dirancang untuk Battery Electric Vehicle (BEV) oleh Hyundai.

Dengan platform ini, Hyundai telah membawa mobilitas ramah lingkungan ke tingkat yang lebih tinggi.

Selain mengurangi emisi karbon, E-GMP juga meningkatkan kenyamanan dan keamanan selama berkendara dengan mobil listrik.

Salah satu fitur unggulan yang dimungkinkan oleh platform E-GMP adalah Vehicle to Load (V2L).

Fitur V2L memungkinkan pengguna mobil Ioniq 5 Bluelink dan Ioniq 6 untuk mengisi daya peralatan elektronik di mana pun dan kapan pun.

V2L telah ditingkatkan untuk menjadi lebih seamless, sehingga sangat mudah digunakan dan aman.

Platform E-GMP mendukung pengguna dengan port pengecasan yang dapat digunakan secara dua arah, yaitu menerima daya listrik dan menyuplai daya listrik.

Ini berarti bahwa Ioniq 5 Bluelink dan Ioniq 6 dapat berfungsi sebagai “power bank” yang mobile untuk berbagai peralatan elektronik, mulai dari alat rumah tangga hingga EV berukuran kecil seperti skuter listrik.

Dengan daya maksimal hingga 3,6 kW, V2L memastikan bahwa pengguna memiliki sumber daya listrik yang andal di mana saja mereka berada.

Untuk memastikan keamanan selama pengecasan, V2L dilengkapi dengan sistem pengaman yang canggih.

Port V2L di dalam mobil terletak di bawah kursi baris kedua, dan dapat digunakan saat mobil sedang menyala atau sedang berjalan.

Untuk Outdoor V2L, pengguna harus memasang V2L External Adaptor orisinal dari Hyundai pada port pengecasan mobil.

Berikut adalah langkah-langkah penggunaan Outdoor V2L:

  1. Atur batas penarikan daya listrik dari 20% hingga 80% dari head unit pada menu EV, lalu pilih opsi EV Charge Transfer V2L.
  2. Sambungkan V2L External Adaptor pada port pengecasan kendaraan. Buka penutup V2L External Adaptor, sambungkan perangkat elektronik yang diinginkan, lalu tutup kembali.
  3. Tekan tombol on/off pada V2L External Adaptor agar daya listrik dapat langsung digunakan sesuai kebutuhan.
  4. Pastikan daya listrik mengalir, periksa nyala lampu hijau pada V2L External Adaptor atau indikator V2L yang muncul pada head unit.
  5. Untuk menghentikan penggunaan Outdoor V2L, tekan tombol on/off pada V2L External Adaptor, tekan tombol pengunci dan pembuka kunci pintu mobil pada smart key, lalu lepas V2L External Adaptor dari port pengisi daya kendaraan.

Ketika menggunakan fitur V2L, pengguna dapat memantau kinerjanya melalui LCD cluster display di Ioniq 5 Bluelink dan Ioniq 6.

Terdapat tiga status yang perlu diperhatikan:

  1. “V2L has ended. Battery level has reached the set value”: Status ini menandakan bahwa mobil telah berhenti menyuplai daya listrik karena batas konsumsi telah tercapai. Untuk melanjutkan, pengguna dapat menurunkan batas konsumsi kendaraan listrik.
  2. “V2L stopped due to excessive power use”: Status ini menandakan bahwa perangkat listrik yang dicas memerlukan daya lebih besar daripada yang bisa disuplai oleh mobil. Pastikan total konsumsi listrik dari perangkat tidak melebihi output daya maksimal 3,6 kW.
  3. “V2L conditions not met”: Status ini berarti ada kondisi tertentu yang tidak memungkinkan pengguna untuk mengaktifkan fitur V2L.

Fitur V2L pada Hyundai Ioniq 5 Bluelink dan Ioniq 6 memberikan fleksibilitas dalam berbagai situasi perjalanan.

Selain mengisi daya peralatan elektronik, mobil ini juga bisa berfungsi sebagai mobil snack bar di rest area, mendukung peralatan seperti pembuat kopi atau ketel listrik.

Selama camping, V2L memungkinkan pengguna menghidupkan perangkat elektronik seperti kompor listrik portabel dan peralatan hiburan.

Dalam situasi darurat, fitur ini juga dapat mengisi daya kendaraan lain yang kompatibel. Keseluruhan, fitur V2L memberikan kenyamanan dan fleksibilitas yang luar biasa selama perjalanan.

Hyundai Ioniq 5 Bluelink dan Ioniq 6 tidak hanya merupakan kendaraan ramah lingkungan, tetapi juga menjadi kawan setia yang siap memberikan daya listrik di saat dibutuhkan.