OTOMOTIF

Hyundai Menegaskan Komitmen Untuk Memperkenalkan Mobil Listrik di Indonesia Setiap Tahun

54
×

Hyundai Menegaskan Komitmen Untuk Memperkenalkan Mobil Listrik di Indonesia Setiap Tahun

Sebarkan artikel ini
Tidak Sulit Bagi Hyundai Untuk Luncurkan Mobil Listrik Tiap Tahun
Tidak Sulit Bagi Hyundai Untuk Luncurkan Mobil Listrik Tiap Tahun

Media90 (media.gatsu90rentcar.com) – Hyundai Motors Indonesia (HMID) telah secara resmi menegaskan komitmennya untuk terus meningkatkan portofolio mobil listrik di Indonesia.

Dengan kondisi yang semakin mendukung, Hyundai berencana untuk memperkenalkan setidaknya satu model mobil listrik setiap tahun.

Fransiscus Soerjopranoto, Chief Operating Officer (COO) PT Hyundai Motors Indonesia (HMID), mengungkapkan rencana ambisius ini dalam sebuah wawancara di Jakarta pada tanggal 7 November 2023.

Menurutnya, Hyundai memiliki landasan yang kuat untuk melaksanakan rencana ini. Salah satunya adalah pabrik baterai yang akan mulai beroperasi di Indonesia pada bulan April 2024.

“Pabrik baterai ini akan memberikan kemudahan dalam memproduksi dan memperkenalkan produk mobil listrik baru. Kami memang memiliki pabrik baterai yang akan mulai beroperasi di April 2024, sehingga perkenalan produk baru rasanya enggak mustahil dan lebih mudah dilakukan,” kata Soerjopranoto.

Ia juga menekankan pentingnya peran Indonesia dalam strategi Hyundai untuk pasar ASEAN.

Dengan Hyundai Motor ASEAN Headquarters berlokasi di Indonesia, perusahaan ini memandang Indonesia sebagai pusat penting untuk mobil-mobil listrik di kawasan ini.

Selain pabrik baterai, Hyundai Energy Indonesia (HEI), anak perusahaan Hyundai Motor Group yang merupakan hasil kolaborasi antara Hyundai Motor Manufacturing Indonesia (HMMI) dan Hyundai Mobis, tengah membangun pabrik battery system di Cikarang, Jawa Barat.

Proyek ini dimulai pada Mei 2023 dan diharapkan selesai pada Maret 2024. Baterai-baterai yang diproduksi di pabrik ini akan digunakan dalam mobil listrik Hyundai yang dipasarkan di Indonesia.

Meskipun Hyundai telah berkomitmen untuk menghadirkan lebih banyak mobil listrik di Indonesia, perusahaan masih melakukan studi mendalam tentang pasar lokal.

Hyundai sedang mencari tahu segmen mana yang akan memberikan kontribusi besar terhadap penjualan mereka, mengingat tren kendaraan elektrifikasi belum sepadat kendaraan dengan mesin konvensional.

Soerjopranoto mengungkapkan bahwa Hyundai masih mempertimbangkan apakah akan bermain di segmen kendaraan listrik dengan harga di bawah Rp700 juta, sekitar Rp200 jutaan, atau bahkan lebih dari Rp1 miliar.

Keputusan akhir akan dipengaruhi oleh preferensi pasar dan potensi penjualan.

Saad ini, HMID memasarkan dua model mobil listrik murni di Indonesia, yaitu Hyundai Ioniq 5 dan Ioniq 6, dengan harga yang berkisar dari Rp700 juta hingga Rp1 miliaran.

Hyundai Ioniq 5 sendiri telah diproduksi lokal di pabrik HMMI di Cikarang, Jawa Barat, sementara Hyundai Ioniq 6 masih diimpor sebagai Completely Built Up (CBU) dari Korea Selatan.

Sebagai referensi, berikut adalah daftar harga On The Road untuk Hyundai Ioniq 5 dan Ioniq 6 di Jakarta per November 2023:

Hyundai Ioniq 5

  • Ioniq 5 Prime Standard Range: Rp766 juta
  • Ioniq 5 Prime Long Range: Rp807 juta
  • Ioniq 5 Signature Standard Range: Rp827 juta
  • Ioniq 5 Signature Long Range: Rp877 juta

Hyundai Ioniq 6

  • Ioniq 6 Signature: Rp1,197 miliar

Dengan komitmen kuat untuk meningkatkan kehadiran mobil listrik di Indonesia dan fasilitas produksi yang mendukung, Hyundai berharap dapat memenuhi kebutuhan pelanggan yang semakin tertarik pada kendaraan ramah lingkungan.