OTOMOTIF

Dalam Perburuan Harga Kawasaki Ninja RR Bekas: Ternyata Lebih Mahal Daripada Harga Baru!

82
×

Dalam Perburuan Harga Kawasaki Ninja RR Bekas: Ternyata Lebih Mahal Daripada Harga Baru!

Sebarkan artikel ini
Dalam Perburuan Harga Kawasaki Ninja RR Bekas Ternyata Lebih Mahal Daripada Harga Baru!
Dalam Perburuan Harga Kawasaki Ninja RR Bekas Ternyata Lebih Mahal Daripada Harga Baru!

Media90 – Merek Kawasaki telah mengukuhkan posisinya di Indonesia sebagai produsen sepeda motor sport dengan berbagai varian produknya.

Namun, di antara sekian banyak model yang mereka tawarkan, ada satu yang telah menjadi legenda di kalangan bikers tanah air, yaitu Kawasaki Ninja RR.

Motor sport fairing bermesin 2-tak ini terus menjadi incaran para pecinta motor, meskipun harga Kawasaki Ninja RR bekas tergolong cukup mahal.

Kehadiran Ninja RR dimulai pada tahun 1996, saat itu menjadi masa keemasan bagi motor sport bermesin 2-tak di Indonesia.

Kawasaki ingin ikut serta dalam tren yang sedang populer saat itu, dengan meluncurkan model yang sebanding dengan kompetitornya, seperti Suzuki RGR, Yamaha RZR, dan fenomenal Honda NSR.

Seiring berjalannya waktu, popularitas motor 2-tak mulai meredup karena adanya regulasi EURO2 yang diberlakukan oleh pemerintah.

Tiga pesaing Ninja RR harus mengakhiri perjalanan mereka karena tidak mampu memenuhi persyaratan emisi yang ditetapkan. Namun, Ninja RR berhasil bertahan.

Kawasaki terus melakukan pengembangan pada sistem saluran pembuangan Ninja RR agar sesuai dengan standar EURO2.

Namun, pada tahun 2015, eksistensi Ninja RR terpaksa berakhir ketika Kawasaki harus menghentikan produksinya karena tidak memenuhi standar emisi EURO3 yang berlaku pada saat itu.

Dalam perjalanan panjangnya, Ninja RR telah melalui beberapa generasi. Motor ini bahkan mampu bersaing di dua segmen sekaligus, yaitu motor sport fairing bermesin 2-tak dan 4-tak.

Kawasaki Ninja 150 RR telah melayani para penggemarnya selama 19 tahun dan mencatat sejarah yang gemilang bagi pabrikan dengan ciri khas warna hijaunya.

Ninja RR bahkan menjadi motor Jepang bermesin 2-tak terakhir yang masih beredar di Indonesia. Motor ini bahkan berhasil melampaui eksistensi Yamaha RX King yang harus pensiun pada tahun 2009 karena tidak lagi memenuhi standar emisi yang ditetapkan pemerintah.

Meskipun produksi motor bermesin 2-tak telah lama dihentikan, minat terhadap Ninja RR tidak pernah surut. Banyak masyarakat yang masih menggemari motor dengan ciri khas knalpot berasap ini, sehingga harga motor bekasnya terus merangkak naik.

Tak hanya itu, beberapa dealer masih menjual unit Kawasaki Ninja RR new old stock. Artinya, unit yang dijual masih dalam kondisi baru dan merupakan sisa stok lawas yang sengaja disimpan.

Harga unit Kawasaki Ninja RR versi new old stock ini bahkan saat ini bisa mencapai harga setara dengan Ninja 250R.

Para penggemar Ninja RR tentu tidak bisa menyembunyikan antusiasme mereka terhadap motor ini. Meskipun zaman telah berubah dan motor bermesin 2-tak sudah menjadi hal yang langka, Ninja RR tetap memancarkan daya tarik yang sulit diabaikan.

Harga yang terus naik menjadi bukti nyata akan popularitas dan keinginan masyarakat untuk memiliki sepotong dari sejarah Ninja RR.

Harga Kawasaki Ninja RR Bekas Semakin Terjangkau, Solusi Budget-Friendly untuk Penggemar Motor Sport!

Harga Kawasaki Ninja RR Bekas Semakin Terjangkau, Solusi Budget-Friendly untuk Penggemar Motor Sport!
Harga Kawasaki Ninja RR Bekas Semakin Terjangkau, Solusi Budget-Friendly untuk Penggemar Motor Sport!

Bagi para penggemar Ninja RR, ada kabar baik! Harga motor bekas Kawasaki Ninja RR semakin bersahabat dengan kantong.

Kini, Anda bisa mengobati rasa rindu akan sensasi memacu motor 2-tak yang memikat, tanpa perlu mengeluarkan kocek yang terlalu dalam. Tak hanya itu, kondisi unit bekasnya pun banyak yang masih terjaga dengan baik.

Terakhir kali PT Kawasaki Motor Indonesia menjual Ninja RR pada tahun 2015 dengan harga sekitar Rp 40 jutaan untuk unit baru. Harga motor baru terus melambung dan mencapai angka Rp 50 jutaan.

Namun, untungnya, dengan budget sekitar Rp 20 jutaan, Anda bisa memperoleh unit bekas Kawasaki Ninja RR versi terbaru yang masih dalam kondisi yang bagus.

Dalam pencarian Media90 di beberapa marketplace, harga pasaran untuk Kawasaki Ninja RR bekas bervariasi. Untuk versi lawas keluaran tahun 2009, Anda bisa menemukannya dengan harga mulai dari Rp 13 juta.

Sementara itu, untuk versi yang sedikit lebih baru, yaitu keluaran tahun 2013, harganya mulai dari Rp 19 juta. Untuk Ninja RR produksi tahun 2015, harganya berkisar Rp 23,5 juta, sedangkan unit terakhir dengan pemakaian tahun 2016 dijual dengan harga sekitar Rp 29,5 juta.

Dengan harga-harga tersebut, Anda dapat memilih sesuai dengan anggaran dan preferensi Anda. Meskipun merupakan unit bekas, banyak dari mereka yang masih dalam kondisi terawat dengan baik.

Tentu saja, penting untuk melakukan pengecekan menyeluruh dan mengetahui riwayat pemakaian motor sebelum melakukan pembelian.

Membeli Kawasaki Ninja RR bekas tidak hanya memberikan kesempatan untuk memiliki motor sport legendaris dengan tarikan yang menggoda, tetapi juga merupakan solusi budget-friendly yang dapat menghemat pengeluaran.

Jadi, bagi Anda yang ingin merasakan sensasi mengendarai Ninja RR tanpa harus merogoh kocek terlalu dalam, memilih unit bekas bisa menjadi pilihan yang cerdas.

Namun, sebagai pembeli yang bijak, jangan lupa untuk melakukan pengecekan grondong, kelengkapan surat-surat, dan riwayat perawatan motor sebelum memutuskan untuk membelinya.

Dengan melakukan langkah-langkah tersebut, Anda dapat memastikan bahwa Anda mendapatkan unit Kawasaki Ninja RR bekas yang sesuai dengan ekspektasi dan kebutuhan Anda, serta dapat menikmati pengalaman berkendara yang mengesankan tanpa harus menguras tabungan.

Upgrade Versi Kawasaki Ninja RR: Harga Meningkat Sesuai Dengan Peningkatan Fitur dan Performa!

Upgrade Versi Kawasaki Ninja RR Harga Meningkat Sesuai Dengan Peningkatan Fitur dan Performa!
Upgrade Versi Kawasaki Ninja RR Harga Meningkat Sesuai Dengan Peningkatan Fitur dan Performa!

Meskipun begitu, harga Kawasaki Ninja RR versi upgrade ini masih belum mencapai tingkat harga baru saat diluncurkan pada tahun 2015, yang mencapai Rp 39,9 juta untuk tipe standar.

Jika dibandingkan dengan Ninja 250 SL, depresiasi atau penurunan harga Ninja RR bekas relatif kecil, sekitar 10 jutaan atau sekitar 25 persen dari harga baru pada tahun terakhir produksinya.

Namun, meskipun harga bekas Ninja RR umumnya mengalami penurunan, masih ada beberapa pedagang yang menjual unit bekas dengan harga di atas harga baru pada tahun 2015.

Unit-unit tersebut biasanya hasil dari restorasi dan modifikasi mesin dengan spesifikasi performa tinggi atau special engine.

Saat masih dalam produksi, Kawasaki Ninja RR hadir dalam dua varian berbeda, yaitu versi Standar dan Special Edition.

Secara spesifikasi, keduanya sama, namun perbedaan terletak pada desain livery yang berbeda. Meskipun motor 2-tak terkenal karena boros bahan bakar, tetapi banyak yang menyukainya karena mesinnya yang bertenaga dan responsif.

Saat menjelang akhir masa produksi pada bulan Juli 2015, PT Kawasaki Motor Indonesia menjual Kawasaki Ninja 150 RR dengan harga Rp 39,9 juta untuk versi standar, dan Ninja RR 150 Special Edition dengan harga Rp 40,9 juta.

Bagi para penggemar Ninja RR, apapun versi yang Anda pilih, baik versi standar maupun Special Edition, motor ini tetap menjadi pilihan menarik dengan performa yang mengesankan.

Harga bekasnya yang masih berada di kisaran harga yang cukup tinggi menunjukkan bahwa popularitas dan keinginan untuk memiliki motor sport ini tetap tinggi di kalangan penggemar motor di Indonesia.

Eksistensi Kokoh Kawasaki Ninja RR Mengungguli Ninja 250 SL

Eksistensi Kokoh Kawasaki Ninja RR Mengungguli Ninja 250 SL
Eksistensi Kokoh Kawasaki Ninja RR Mengungguli Ninja 250 SL

Motor 2-tak memiliki daya tarik tersendiri di kalangan para bikers, terutama karena kemampuan mereka dalam menyajikan performa yang luar biasa.

Kini, motor-motor dengan karakteristik knalpot berasap ini telah menjadi barang hobi yang diburu oleh para penggemar. Motor-motor ini digunakan untuk berkendara di akhir pekan atau saat ingin menikmati waktu santai setelah pulang kerja.

Bagi sebagian orang, terutama para anak muda, motor 2-tak menjadi objek modifikasi yang menarik. Namun, di kalangan yang lebih dewasa, Kawasaki Ninja RR menjadi incaran sebagai barang koleksi.

Mereka rela membayar harga yang tinggi untuk mendapatkan unit baru Ninja RR yang masih tersegel dalam plastik dan belum mengalami penggunaan sama sekali.

Kawasaki Ninja RR merupakan salah satu motor 150cc tercepat di zamannya. Dengan menggunakan sistem mesin 2-tak, Ninja RR mampu mengungguli Yamaha R15 dan Honda CBR150R yang juga mengusung mesin 150cc.

Ninja 150 RR menjadi pilihan banyak penggemar di kelas motor sport fairing. Fitur Super KIPS yang dimiliki oleh Ninja RR membuatnya menjadi lebih maju dari motor sekelasnya.

Terlebih lagi, dengan populasi yang sedikit dan harga yang tinggi untuk NSR 150 SP pada saat itu, Kawasaki Ninja RR menjadi pilihan yang menguntungkan.

Setelah berakhirnya masa produksi Kawasaki Ninja RR pada tanggal 31 Juli 2015, semakin banyak orang yang mencari unitnya untuk dijadikan koleksi.

Meskipun pamor dan harga Ninja RR masih belum mampu menandingi Yamaha RX King atau bahkan NSR 150 SP yang langka, performa mesin 150cc 2-tak dengan teknologi KIPS dianggap sudah cukup memuaskan bagi para penggemar kecepatan.

Kawasaki Ninja RR telah menunjukkan eksistensinya yang mengesankan dan mampu menyingkirkan pesaingnya, termasuk Ninja 250 SL.

Dengan performa yang tangguh dan desain sporty yang ikonik, Ninja RR tetap menjadi daya tarik bagi pecinta motor sport hingga saat ini.

Teknologi KIPS: Rahasia Doping Tenaga di Kawasaki Ninja RR yang Membuatnya Makin Gahar!

Teknologi KIPS Rahasia Doping Tenaga di Kawasaki Ninja RR yang Membuatnya Makin Gahar!
Teknologi KIPS Rahasia Doping Tenaga di Kawasaki Ninja RR yang Membuatnya Makin Gahar!

Kawasaki Ninja dari era 2-tak sampai 4-tak selalu menyuguhkan performa memuaskan bagi yang mengendarai.

Ninja 2-Tak dibekali mesin 150 cc yang menghasilkan tenaga hingga 21 KW/11000 rpm dan untuk torsi maksimal mencapai 20 Nm/9000 rpm.

Memang, PT Kawasaki Motor Indonesia telah merilis Ninja 250 SL sebagai suksesor atau penerus Ninja RR.

Tapi apa daya, sosok motor sport bermesin 250 cc dengan konfigurasi satu silinder performanya kalah galak dibanding 150 cc 2-tak. Dengan performa mesin lebih njengat, tentunya Ninja 150 RR hingga kini semakin dicari para penghobi motor untuk dikoleksi.

Bila dibandingkan, harga bekas Ninja 250 SL pun kini sudah jatuh. Motor sport seperempat liter ini harganya tembus Rp 17,5 juta untuk tahun 2014. Harga segitu bahkan mirip-mirip dengan harga pasaran motor sport 150 cc bekas.

Ganasnya performa Ninja 150 berasal dari teknologi yang disebut KIPS. Perangkat berupa katup ini berfungsi seperti menambah tenaga saat putaran tinggi.

Cara kerja KIPS ini membuka penuh katup buang setelah mesin bekerja di atas 7.000 RPM. Katup KIPS kemudian membuka lubang pembuangan tambahan sehingga sirkulasi gas buang lebih lancar dan cepat.

Sudah Mahal Harganya, Tapi Memelihara Kawasaki Ninja RR Lebih Menantang dari Motor 4-Tak

Sudah Mahal Harganya, Tapi Memelihara Kawasaki Ninja RR Lebih Menantang dari Motor 4-Tak
Sudah Mahal Harganya, Tapi Memelihara Kawasaki Ninja RR Lebih Menantang dari Motor 4-Tak

Memiliki Kawasaki Ninja RR tentu menjadi kebanggaan tersendiri, terutama dengan performa mesin 2-tak yang luar biasa. Namun, kehebatan tersebut juga memerlukan perawatan yang rutin dan tidak semudah motor 4-tak.

Salah satu hal yang perlu diperhatikan dalam memelihara motor 2-tak adalah sistem pembakaran yang masih menggunakan oli samping.

Takaran oli samping yang tepat sangat penting, karena dapat mempengaruhi pembakaran dan performa motor saat dikendarai. Berbeda dengan motor 4-tak yang hanya membutuhkan pengisian bensin dan penggantian oli rutin.

Salah satu masalah umum yang sering dialami oleh Kawasaki Ninja RR adalah overheat atau kelebihan panas.

Hal ini dapat disebabkan oleh sirkulasi pendinginan yang tidak optimal, baik dari radiator maupun pasokan bensin dan oli samping.

Ketika mesin mengalami overheat, performa motor akan menurun dan tarikan mesin menjadi tidak bertenaga.

Untuk mengantisipasi masalah overheat, penting untuk memeriksa sistem pendinginan pada radiator dan juga asupan oli samping.

Pastikan tidak terjadi kebocoran pada jalur selang air radiator dan perhatikan juga level coolant agar pendinginan tetap optimal.

Selain itu, periksa juga jalur oli samping dan pastikan campuran oli samping dan bahan bakar tidak terlalu sedikit.

Kekurangan oli samping dapat menyebabkan ruang bakar menjadi kering dan mengakibatkan panas berlebih pada blok dan piston.

Dalam memelihara Kawasaki Ninja RR, diperlukan perhatian ekstra dan pemeliharaan yang lebih intensif. Namun, dengan perawatan yang tepat, motor ini akan tetap memberikan performa yang luar biasa dan memberikan kepuasan saat dikendarai.

Perlu Penyetelan Ulang Karburator untuk Menjaga Performa Kawasaki Ninja RR

Kawasaki Ninja RR, meskipun masih menggunakan sistem karburator, tetap dapat memberikan performa yang optimal jika karburatornya disetel dengan baik.

Dalam hal ini, penyetelan ulang karburator menjadi langkah yang penting untuk menjaga performa motor tetap prima.

Saat menggunakan karburator, campuran udara dan bensin harus diatur secara manual agar sesuai dengan kebutuhan mesin.

Sebagai contoh, setelan karburator yang lembab atau agak basah akan membantu mencegah pembakaran di kepala piston menjadi kering dan terlalu panas. Hal ini dapat dilakukan dengan memperhatikan bagian pilot jet.

Salah satu keluhan yang sering dialami pemilik Ninja RR adalah sulitnya menghidupkan motor setelah tidak digunakan dalam waktu lama.

Hal ini terkait dengan campuran udara dan bensin yang terlalu sedikit di bagian pilot jet. Untuk mengatasi masalah ini, penggantian pilot jet dengan ukuran yang lebih besar dapat menjadi solusi.

Misalnya, mengganti pilot jet ukuran 22,5 dengan ukuran 25 atau 27,5. Namun, penggantian ini perlu diikuti dengan uji coba di jalan untuk melihat hasilnya dari putaran bawah hingga atas.

Pada saat melakukan penyetelan ulang karburator, perlu diingat bahwa kenaikan ukuran pilot jet dapat membuat konsumsi bahan bakar menjadi lebih boros.

Namun, kelebihannya adalah tarikan motor akan menjadi lebih enteng dan tenaganya terus terasa. Jika masih merasa bingung atau tidak memiliki pengalaman dalam penyetelan karburator, sebaiknya melakukan proses ini di bengkel terpercaya yang memiliki keahlian dalam penyetelan karburator.

Dengan melakukan penyetelan ulang karburator secara tepat, Anda dapat memaksimalkan performa Kawasaki Ninja RR Anda.

Pastikan untuk mengikuti panduan ini dengan hati-hati dan menguji hasilnya di jalan untuk mendapatkan pengalaman berkendara yang lebih baik.