OTOMOTIF

9 Pilihan Motor Bekas Terjangkau dengan Harga Rp2-3 Jutaan

245
×

9 Pilihan Motor Bekas Terjangkau dengan Harga Rp2-3 Jutaan

Sebarkan artikel ini
9 Pilihan Motor Bekas Terjangkau dengan Harga Rp2-3 Jutaan
9 Pilihan Motor Bekas Terjangkau dengan Harga Rp2-3 Jutaan

Media90 – Sepeda motor di Indonesia telah menjadi kendaraan pokok bagi mayoritas masyarakat. Selain kemudahan penggunaannya, sepeda motor juga memungkinkan kita untuk mempersingkat jarak tempuh, terutama saat harus melewati kemacetan.

Namun, tidak bisa dipungkiri bahwa harga sepeda motor baru saat ini cenderung tinggi. Tetapi, tahukah Anda bahwa masih ada sepeda motor bekas yang dijual dengan harga Rp2-3 jutaan?

Anda mungkin bertanya-tanya, sepeda motor bekas apa saja yang tersedia dengan harga terjangkau ini? Apakah modelnya masih layak ataukah motor-motor tersebut sudah dalam kondisi rusak parah?

Tenang saja, di pasaran masih terdapat banyak pilihan sepeda motor bekas dengan harga kisaran Rp2-3 jutaan yang layak untuk dipertimbangkan.

Jangan ragu, mari kita simak beberapa pilihan sepeda motor bekas murah di harga tersebut.

1. Yamaha Mio

Yamaha Mio
Yamaha Mio

Yamaha Mio adalah salah satu sepeda motor bekas murah yang bisa Anda temukan dengan harga Rp2-3 jutaan.

Tersedia dalam berbagai varian usia, mulai dari tahun 2004 sebagai keluaran awal hingga produksi 2011 yang telah mengalami pembaruan model.

Motor ini sempat menjadi primadona di Indonesia pada periode 2008-2013.

Salah satu alasan mengapa Yamaha Mio masih diminati adalah desainnya yang dapat diterima oleh berbagai kalangan. Selain itu, harga suku cadangnya juga terjangkau.

Tidak mengherankan jika motor ini sering digunakan oleh pelajar dan karyawan kantoran. Namun, penting untuk selalu memperhatikan semua aspek dengan teliti saat membeli sepeda motor bekas.

Ketika memilih Yamaha Mio bekas, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Pertama, periksa kondisi mesin dan kelengkapan dokumen kendaraan.

Pastikan mesin berfungsi dengan baik dan tidak ada masalah yang signifikan. Selanjutnya, perhatikan tampilan fisiknya. Periksa apakah terdapat kerusakan pada bodi atau komponen lainnya.

Selain itu, pastikan bahwa semua sistem seperti rem, lampu, dan klakson berfungsi dengan baik.

Selain itu, penting juga untuk mengecek riwayat pemakaian motor tersebut. Cek jumlah kilometer yang sudah ditempuh dan perhatikan apakah motor tersebut pernah mengalami kecelakaan atau perbaikan besar.

Riwayat pemeliharaan yang baik juga menjadi pertimbangan penting dalam memilih sepeda motor bekas yang berkualitas.

Dalam hal ini, sebaiknya Anda mengunjungi penjual yang terpercaya atau melakukan transaksi melalui platform jual-beli online yang dapat memberikan keamanan dan jaminan kualitas.

Selalu minta pendapat dari mekanik atau orang yang berpengalaman dalam membeli sepeda motor bekas sebelum mengambil keputusan.

Dengan mempertimbangkan semua aspek tersebut, Anda bisa mendapatkan Yamaha Mio bekas dengan harga terjangkau yang masih dalam kondisi baik dan siap mengantar Anda dalam mobilitas sehari-hari.

Jadi, pastikan Anda melakukan penelitian yang cukup dan berhati-hati sebelum melakukan pembelian. Selamat mencari sepeda motor bekas yang sesuai dengan kebutuhan dan anggaran Anda!

2. Honda BeAT Karbu

Honda BeAT Karbu
Honda BeAT Karbu

Sebagai pesaing Yamaha Mio, tidak lengkap rasanya jika tidak menyebut Honda BeAT dalam daftar sepeda motor bekas murah dengan harga Rp2-3 jutaan.

Dengan uang yang kurang dari Rp4 juta, Anda masih bisa mendapatkan motor matik ini. Biasanya, dengan kisaran harga tersebut, Anda bisa mendapatkan Honda BeAT produksi antara tahun 2008 atau generasi pertama hingga 2012 yang masih menggunakan karburator.

Honda BeAT memiliki dimensi yang cukup kecil, membuatnya nyaman untuk bermanuver di tengah kemacetan di ibu kota.

Harga suku cadang untuk motor ini juga tergolong murah. Namun, sayangnya, karena masih menggunakan karburator, konsumsi bahan bakar Honda BeAT tidak seefisien versi injeksi.

Motor ini dianggap memiliki tingkat konsumsi bahan bakar yang lebih boros. Meskipun demikian, di zamannya, motor ini dianggap sangat irit bahan bakar.

Meskipun Honda BeAT generasi pertama sudah berusia beberapa tahun, motor ini masih dapat diandalkan untuk kebutuhan sehari-hari.

Sebelum memutuskan untuk membeli Honda BeAT bekas, pastikan Anda memeriksa kondisi mesin dan kelengkapan dokumen kendaraan dengan seksama.

Periksa juga tampilan fisiknya, apakah ada kerusakan atau komponen yang perlu diperhatikan. Selain itu, pastikan semua sistem seperti rem, lampu, dan klakson berfungsi dengan baik.

Untuk mendapatkan keamanan dan jaminan kualitas, disarankan untuk membeli dari penjual yang terpercaya atau melalui platform jual-beli online yang dapat memberikan perlindungan kepada pembeli.

Selalu konsultasikan dengan mekanik atau orang yang berpengalaman dalam membeli sepeda motor bekas sebelum mengambil keputusan.

Meskipun Honda BeAT generasi pertama masih menggunakan karburator dan memiliki konsumsi bahan bakar yang kurang efisien, motor ini tetap menjadi pilihan populer di segmen sepeda motor bekas dengan harga terjangkau.

Jadi, jika Anda mencari motor matik bekas yang handal dan nyaman untuk digunakan sehari-hari, Honda BeAT dapat menjadi opsi yang menarik.

Dengan penelitian yang cermat dan memperhatikan aspek-aspek yang telah disebutkan, Anda dapat menemukan Honda BeAT bekas yang masih dalam kondisi baik dengan harga yang terjangkau.

Baca Juga:  Hemat Budget! Temukan 5 Daihatsu Sigra Bekas di Bawah Rp120 Juta

Jangan lupa juga untuk memperhitungkan anggaran perawatan dan perbaikan yang mungkin diperlukan di masa mendatang. Selamat mencari sepeda motor bekas yang sesuai dengan kebutuhan dan anggaran Anda!

3. Suzuki Spin

Suzuki Spin
Suzuki Spin

Masih dalam segmen motor matik, ada lagi pilihan motor matik dengan harga yang tidak sampai Rp4 jutaan, yaitu Suzuki Spin.

Motor ini pertama kali diperkenalkan oleh Suzuki Indonesia pada tahun 2006. Meskipun memiliki kesamaan dalam bentuk dengan Yamaha Mio, desain Suzuki Spin lebih ramping jika dilihat dari depan. Produksi motor ini berakhir pada tahun 2011 sebelum digantikan oleh Suzuki Nex.

Dalam hal harga, Suzuki Spin dapat dikategorikan sebagai motor bekas yang sangat terjangkau. Kisaran harga bekasnya berada di kisaran Rp2-3 jutaan saja.

Spare part untuk motor ini juga tersedia secara luas. Ketika membicarakan konsumsi bahan bakar, Suzuki Spin dapat dianggap sebagai yang terbaik di kelasnya saat itu.

Bahkan jika dibandingkan dengan motor matik Yamaha Mio dan Honda BeAT generasi pertama, Suzuki Spin memiliki konsumsi bahan bakar yang lebih efisien.

Jika Anda tertarik untuk membeli motor matik bekas Suzuki Spin, pastikan untuk memeriksa kondisi mesin dan kelengkapan dokumen kendaraan dengan teliti.

Perhatikan juga tampilan fisiknya, apakah ada kerusakan atau komponen yang perlu diperhatikan. Pastikan semua sistem seperti rem, lampu, dan klakson berfungsi dengan baik sebelum mengambil keputusan.

Untuk mendapatkan keamanan dan jaminan kualitas, disarankan untuk membeli dari penjual yang terpercaya atau melalui platform jual-beli online yang dapat memberikan perlindungan kepada pembeli.

Selalu konsultasikan dengan mekanik atau orang yang berpengalaman dalam membeli sepeda motor bekas sebelum mengambil keputusan.

Meskipun Suzuki Spin hanya diproduksi hingga tahun 2011, motor ini masih menjadi pilihan yang menarik dalam segmen sepeda motor matik bekas dengan harga yang terjangkau.

Jika Anda mencari motor matik dengan desain ramping, harga murah, dan konsumsi bahan bakar yang efisien, Suzuki Spin bisa menjadi opsi yang menarik.

Selalu ingat untuk melakukan penelitian yang cermat dan memperhatikan semua aspek yang relevan sebelum memutuskan untuk membeli sepeda motor bekas.

Selamat mencari sepeda motor bekas yang sesuai dengan kebutuhan dan anggaran Anda!

4. Suzuki Skywave

Suzuki Skywave
Suzuki Skywave

Salah satu pilihan motor matik dengan harga di bawah Rp4 jutaan yang dapat Anda pertimbangkan adalah Suzuki Skywave.

Motor ini diproduksi dari tahun 2007 hingga 2011. Harga bekasnya saat ini juga tergolong murah, dengan kisaran harga mencapai sekitar Rp3,5 jutaan.

Bagi Anda yang suka tantangan, Suzuki Skywave mungkin dapat masuk dalam daftar motor yang ingin dibeli.

Namun, perlu diingat bahwa mencari suku cadang untuk Suzuki Skywave saat ini mungkin agak sulit. Meskipun tidak sesulit yang Anda bayangkan, jika motor ini direstorasi dengan baik, kami yakin akan menjadi motor yang keren.

Ketika membeli motor bekas seperti Suzuki Skywave, penting untuk memperhatikan beberapa hal. Pertama, pastikan Anda memeriksa kondisi mesin dan kelengkapan dokumen kendaraan dengan seksama.

Periksa juga tampilan fisiknya, apakah ada kerusakan atau komponen yang perlu diperhatikan. Pastikan semua sistem seperti rem, lampu, dan klakson berfungsi dengan baik sebelum memutuskan untuk membelinya.

Perlu diingat bahwa karena Suzuki Skywave sudah tidak diproduksi lagi, ketersediaan suku cadang mungkin menjadi masalah di masa depan.

Namun, jika Anda dapat menemukan sumber suku cadang yang terpercaya atau memiliki kemampuan untuk melakukan restorasi, motor ini masih dapat menjadi pilihan menarik dengan tampilan yang keren.

Selalu pastikan untuk membeli dari penjual yang terpercaya atau menggunakan platform jual-beli online yang dapat memberikan perlindungan kepada pembeli.

Jangan ragu untuk berkonsultasi dengan mekanik atau orang yang berpengalaman dalam membeli sepeda motor bekas sebelum mengambil keputusan.

Dalam mencari motor bekas seperti Suzuki Skywave, tentu saja, penelitian yang cermat dan perhatian terhadap detail-detail yang relevan sangat penting.

Selamat mencari sepeda motor bekas yang sesuai dengan kebutuhan dan anggaran Anda, dan semoga Suzuki Skywave bisa menjadi pilihan yang tepat bagi Anda!

5. Honda Karisma

Honda Karisma
Honda Karisma

Bagi generasi anak 1990-an, Honda Karisma memiliki kesan yang tak terlupakan saat masa SMP dan SMA. Motor ini memiliki ukuran yang cukup besar untuk motor bebek di masanya.

Namun, tidak sedikit pula anak muda yang enggan menggunakan motor ini. Alasannya sederhana, terlihat terlalu dewasa jika membawa motor ini ke sekolah atau bermain.

Namun, di balik hal tersebut, Honda Karisma memiliki kelebihan yang sangat disukai oleh para pelajar waktu itu, yaitu efisiensi bahan bakarnya yang luar biasa.

Seiring dengan keiritan tersebut, motor ini bahkan memiliki lelucon yang beredar di kalangan pelajar, seperti “Motor ini hanya perlu mencium bensin saja sudah bisa jalan.” Hal ini menjadi daya tarik utama bagi kalangan pelajar waktu itu.

Baca Juga:  Meluncur Dengan Kekuatan dan Fitur Mumpuni, Triton Baru Menggebrak di Thailand!

Anda tentu tahu, sebagai pelajar, uang yang dimiliki terbatas. Mereka bersyukur jika bisa mengisi bensin sebanyak 1 liter saja. Namun, dengan Honda Karisma, bensin sebanyak 1 liter pun bisa sangat hemat dan tahan lama.

Bahkan, hal ini kadang membuat mereka malas menghabiskan bensin karena sulit habis. Sekarang, motor ini bisa dibeli dengan harga bekas yang terjangkau, sekitar Rp2-3 jutaan, yang bisa membangkitkan kenangan indah masa sekolah.

Apalagi jika dapat mengendarainya dengan didampingi oleh orangtua tercinta, itu pasti akan menghadirkan nostalgia yang tak terlupakan.

Honda Karisma mungkin memiliki kesan “bapak-bapak” pada zamannya, tetapi motor ini tetap memiliki daya tarik tersendiri bagi mereka yang ingin bernostalgia dan mengenang masa-masa indah di sekolah.

Meskipun motor ini tidak lagi populer seperti dahulu, kenangan dan keiritan bahan bakarnya tetap menjadi daya tarik bagi banyak orang.

Bagi Anda yang ingin memiliki motor bekas dengan harga terjangkau dan ingin mengenang masa sekolah, Honda Karisma bisa menjadi pilihan yang menarik.

Pastikan untuk melakukan pemeriksaan kondisi motor dengan seksama sebelum membelinya, dan selalu berkonsultasi dengan mekanik atau orang yang berpengalaman dalam membeli sepeda motor bekas.

Selamat bernostalgia dengan Honda Karisma, motor yang menghadirkan kenangan manis di masa sekolah Anda, dan jangan lupa untuk berbagi cerita kepada orang-orang terdekat tentang perjalanan indah bersama motor ini.

6. Yamaha Vega

Yamaha Vega
Yamaha Vega

Selain motor matik, masih ada pilihan motor bekas dengan harga Rp2-3 jutaan dari segmen motor bebek. Salah satunya adalah Yamaha Vega.

Yamaha Vega juga pernah menjadi motor yang cukup laris di awal era 2000-an. Desainnya hampir mirip dengan Yamaha F1ZR, dengan beberapa perbedaan pada bodi dan tentu saja mesinnya.

Dengan harga motor bekas di bawah Rp4 jutaan, Yamaha Vega dapat masuk dalam daftar pilihan Anda.

Konsumsi bahan bakar Yamaha Vega juga cukup baik untuk penggunaan sehari-hari saat ini. Salah satu alasan yang membuat motor ini layak untuk dibeli adalah ketersediaan suku cadangnya yang sangat melimpah.

Harga suku cadangnya juga tergolong sangat terjangkau. Bahkan, ada beberapa komponen yang lebih murah dibandingkan harga satu porsi nasi padang. Tentu saja, hal ini menjadi keuntungan tersendiri.

Ada fakta menarik yang perlu diperhatikan tentang motor ini. Yamaha Vega generasi pertama dan kedua memiliki harga bekas yang lebih tinggi dibandingkan generasi ketiga yang dikenal dengan nama Vega ZR.

Entah apa yang menyebabkan Vega ZR kurang diminati, namun yang pasti harga jual Vega ZR dengan sistem injeksi lebih rendah.

Saat membeli motor bekas seperti Yamaha Vega, penting untuk melakukan pengecekan dengan seksama. Perhatikan kondisi mesin, bodi, dan kelengkapan dokumen kendaraan.

Pastikan semua sistem seperti rem, lampu, dan klakson berfungsi dengan baik sebelum Anda memutuskan untuk membelinya.

Selalu beli dari penjual yang terpercaya atau menggunakan platform jual-beli online yang dapat memberikan perlindungan kepada pembeli.

Jangan ragu untuk berkonsultasi dengan mekanik atau orang yang berpengalaman dalam membeli sepeda motor bekas sebelum Anda mengambil keputusan.

Yamaha Vega, meski tidak sepopuler dahulu, masih merupakan pilihan menarik untuk motor bekas dengan harga terjangkau.

Dengan konsumsi bahan bakar yang irit, ketersediaan suku cadang yang melimpah, dan harga yang terjangkau, Yamaha Vega bisa menjadi mitra sehari-hari Anda dalam menjelajahi jalan-jalan di kota.

Jadi, tidak ada salahnya untuk mempertimbangkan Yamaha Vega sebagai pilihan motor bekas Anda.

7. Yamaha Jupiter

Yamaha Jupiter
Yamaha Jupiter

Tidak lengkap jika membicarakan Yamaha Vega tanpa menyebut Yamaha Jupiter. Motor yang terkenal melalui iklan yang diperankan oleh komedian Komeng ini juga menjadi salah satu motor favorit di zamannya.

Salah satu hal yang membuatnya begitu populer adalah desain belakangnya yang melancip. Hal ini bermula ketika banyak tim balap roadrace menggunakan motor bebek untuk ajang balap pada awal tahun 2000-an.

Motor yang sering digunakan dan meraih banyak kemenangan saat itu adalah Yamaha Jupiter dan Yamaha Vega.

Bagi pecinta otomotif roda dua pada masa itu, motor dengan desain “nungging” dianggap sangat keren. Seperti pepatah yang berlaku, “Ora nungging, ora cinta!” Hihihi.

Mengenai harga, Yamaha Jupiter bekas juga memiliki harga yang sangat terjangkau saat ini. Harganya sering dijual di bawah Rp4 jutaan.

Tidak perlu diragukan lagi ketersediaan suku cadangnya. Ketersediaan suku cadang motor ini sama melimpahnya dengan Yamaha Vega.

Mungkin sedikit sulit mencari suku cadang asli, tetapi suku cadang kualitas nomor 2 dan 3 masih dapat ditemukan di bengkel-bengkel besar yang menjual suku cadang motor umum.

Saat membeli motor bekas seperti Yamaha Jupiter, pastikan untuk memeriksa kondisinya secara menyeluruh.

Periksa mesin, bodi, sistem kelistrikan, dan kelengkapan dokumen kendaraan. Jika perlu, mintalah bantuan mekanik yang berpengalaman untuk melakukan pengecekan menyeluruh.

Selalu beli dari penjual yang terpercaya atau melalui platform jual-beli online yang dapat memberikan perlindungan kepada pembeli.

Baca Juga:  Kumpulan Dealer Hyundai Terlengkap di Indonesia Tahun 2024

Jika Anda memiliki keahlian dalam memperbaiki motor, Yamaha Jupiter bisa menjadi pilihan yang menarik untuk dipulihkan dan digunakan kembali.

Yamaha Jupiter, dengan desain melancipnya, tetap menjadi pilihan menarik bagi mereka yang ingin memiliki motor bekas dengan harga terjangkau.

Dengan ketersediaan suku cadang yang melimpah, mesin yang handal, dan harga yang terjangkau, Yamaha Jupiter dapat menjadi sahabat setia dalam menjelajahi jalanan perkotaan. Jadi, jangan ragu untuk mempertimbangkan Yamaha Jupiter sebagai pilihan motor bekas Anda.

8. Suzuki Shogun

Suzuki Shogun
Suzuki Shogun

Suzuki Shogun adalah salah satu motor bebek favorit di era 2000-an. Motor ini terkenal karena memiliki performa yang paling kencang di antara motor bebek lainnya.

Tidak heran jika pada masa keemasannya, motor ini sering digunakan untuk ajang balap maupun dimodifikasi.

Siapa yang tidak mengenal motor ini? Shogun memiliki reputasi yang kokoh dalam dunia motor bebek. Selain performanya yang handal, motor ini juga memiliki desain yang sangat sporty dibandingkan dengan motor bebek lainnya.

Namun, seiring berjalannya waktu, motor ini mulai ditinggalkan. Motor bebek saat ini tidak lagi memiliki popularitas seperti motor matik yang lebih modern.

Jika pada awal 2000-an orang adu kecepatan menggunakan motor bebek atau motor sport, sekarang orang lebih memilih motor matik. Meski demikian, Suzuki Shogun tetap dikenang sebagai salah satu motor bebek legendaris dengan performa yang mengagumkan.

Saat ini, harga suku cadang Suzuki Shogun hampir setara dengan motor bebek lainnya yang ada di Indonesia.

Varian yang banyak diminati adalah Suzuki Shogun SP yang sudah dilengkapi dengan kopling bawaan pabrik.

Motor bebek dengan kopling, pada masanya, dianggap sangat keren dan memberikan sensasi berkendara yang berbeda.

Bagi Anda yang ingin merasakan sensasi berkendara dengan motor bebek legendaris ini, mencari Suzuki Shogun bekas bisa menjadi pilihan yang menarik.

Pastikan untuk memeriksa kondisi motor secara menyeluruh sebelum membelinya. Periksa mesin, rangka, sistem kelistrikan, dan kelengkapan dokumen kendaraan. Jika perlu, mintalah bantuan mekanik berpengalaman untuk melakukan pengecekan menyeluruh.

Jangan lupa untuk membeli dari penjual yang terpercaya atau melalui platform jual-beli online yang dapat memberikan perlindungan kepada pembeli.

Dengan begitu, Anda dapat memiliki motor bebek legendaris yang memiliki performa kencang dan desain sporty dengan harga yang terjangkau.

Suzuki Shogun tetap menjadi bagian tak terpisahkan dari sejarah motor bebek di Indonesia. Dengan performanya yang tangguh dan desain yang sporty, motor ini akan selalu dikenang oleh para penggemar otomotif.

Jadi, jika Anda mencari motor bebek dengan kecepatan dan karakteristik yang unik, pertimbangkan Suzuki Shogun sebagai pilihan Anda.

9. Honda Supra

Honda Supra
Honda Supra

Honda Supra merupakan salah satu motor legendaris yang tak boleh dilupakan di Indonesia. Siapa yang tidak kenal dengan motor ini?

Desainnya yang sederhana namun tidak norak, harga suku cadang yang terjangkau, dan konsumsi bahan bakar yang sangat irit menjadi ciri khas dari Honda Supra.

Baik versi karburator maupun injeksi, tidak ada yang meragukan tingkat ketahanan iritnya motor ini.

Honda Supra sebenarnya merupakan versi kompak dari Honda Karisma. Saat ini, harga motor bekasnya sudah sangat terjangkau dengan kisaran Rp2-3 jutaan untuk tahun produksi antara 1997 hingga 2008.

Desainnya mungkin standar untuk motor bebek pada umumnya, namun Supra memiliki reputasi sebagai motor yang sangat bandel.

Mesinnya terkenal tahan lama dan jarang mengalami kerusakan, sehingga menjadi pilihan yang handal dan ekonomis bagi para pemiliknya.

Keiritan bahan bakar Honda Supra juga patut diacungi jempol. Dalam penggunaan sehari-hari, motor ini mampu menjelajahi jarak yang cukup jauh hanya dengan sedikit konsumsi bahan bakar.

Hal ini sangat menguntungkan, terutama bagi mereka yang sering melakukan perjalanan jarak jauh atau menggunakan motor sebagai sarana transportasi harian.

Jika Anda mencari motor bebek yang andal, irit, dan mudah dalam perawatan, Honda Supra adalah pilihan yang tepat.

Dengan harga bekas yang terjangkau dan ketersediaan suku cadang yang melimpah, motor ini dapat menjadi investasi yang baik dalam jangka panjang.

Pastikan untuk memeriksa kondisi motor secara menyeluruh sebelum membeli dan selalu lakukan perawatan rutin agar performanya tetap optimal.

Jadi, bagi Anda yang mencari motor bebek legendaris yang handal, irit, dan bandel, Honda Supra adalah jawabannya.

Nikmati pengalaman berkendara yang menyenangkan dengan motor yang telah membuktikan keandalannya selama bertahun-tahun.

Dengan Honda Supra, Anda tidak hanya mendapatkan kendaraan yang andal, tetapi juga sebuah ikon dalam dunia otomotif di Indonesia.

Kesimpulan

Namun, perlu diingat bahwa harga yang disebutkan di atas hanyalah kisaran dan dapat berbeda tergantung pada wilayah dan kondisi motor.

Dari semua motor bekas dengan harga Rp2-3 jutaan, ada beberapa pilihan yang bisa menjadi opsi untuk direstorasi agar kembali dalam kondisi yang bagus.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *