OTOMOTIFTIPS

Update Terkini 2024: Panduan Lengkap Ukuran, Jenis, dan Harga Wiper Toyota Calya yang Harus Anda Ketahui!

166
×

Update Terkini 2024: Panduan Lengkap Ukuran, Jenis, dan Harga Wiper Toyota Calya yang Harus Anda Ketahui!

Sebarkan artikel ini
Ukuran Wiper Toyota Calya, Jenis, Dan Harga Terbaru 2024
Ukuran Wiper Toyota Calya, Jenis, Dan Harga Terbaru 2024

Media90 (media.gatsu90rentcar.com) – Musim hujan seperti sekarang ini membuat informasi mengenai ukuran wiper mobil, terutama pada Toyota Calya dan Daihatsu Sigra, sangat penting bagi para pemiliknya.

Selain ukuran, perlu diketahui bahwa penggantian wiper mobil bukanlah hal yang bisa dilakukan sembarangan.

Mari kita bahas lebih lanjut mengenai fungsi wiper, jenis-jenis wiper, ukuran wiper Toyota Calya, dan juga harga-harga terkait.

Apa Itu Wiper Mobil?

Wiper mobil merupakan alat yang bertugas menyapu atau membersihkan air pada kaca depan atau belakang saat hujan.

Komponen ini terdiri dari bingkai tongkat yang melingkupi karet untuk menyapu air dan memastikan kaca tetap bersih. Fungsi utama wiper adalah meningkatkan visibilitas saat mengemudi dalam cuaca hujan.

Jenis-Jenis Wiper Mobil

  1. Wiper Konvensional: Wiper konvensional menggunakan bilah dari bahan besi. Meskipun dianggap ketinggalan zaman, masih banyak ditemui pada mobil-mobil keluaran lama.
  2. Wiper Frameless: Jenis frameless tidak memiliki bingkai dan terbuat dari karet lembut dan kuat. Banyak pemilik mobil yang mengganti wiper konvensional dengan frameless untuk tampilan yang lebih elegan.
  3. Wiper Flat Blade: Wiper flat blade memiliki bobot ringan karena sebagian besar terbuat dari karet. Meskipun demikian, komponen besi pipih tetap mendukung ketahanan saat menyapu air.
  4. Wiper Hybrid: Jenis hybrid merupakan paduan antara konvensional dan flat blade. Dengan desain rangka plastik yang aerodinamis, wiper ini menawarkan kekuatan dan ringan yang maksimal.

Ukuran Wiper Toyota Calya

Untuk Toyota Calya, ukuran wiper pada bagian depan berbeda antara sisi kanan (22 inci) dan kiri (16 inci) untuk mencapai titik terujung kaca mobil.

Sedangkan, ukuran wiper belakang lebih kecil, hanya sekitar 12 inci. Penting untuk mencatat ukuran ini agar tidak keliru saat melakukan penggantian.

Harga Wiper Toyota Calya

Harga wiper dapat bervariasi tergantung merek dan jenisnya. Secara umum, harga wiper kaca depan Calya konvensional berkisar Rp70 ribu hingga Rp90 ribu, sedangkan wiper belakang mulai dari Rp35 ribu.

Perlu diingat bahwa harga online bisa berbeda dengan harga di toko offline.

Kapan Harus Mengganti Wiper?

Beberapa tanda wiper harus diganti meliputi sapuan yang tidak merata, karet yang sudah retak, dan munculnya bunyi gesekan yang tidak normal.

Pemilik mobil disarankan untuk rutin mengganti wiper setiap enam bulan atau satu tahun sekali.

Kesimpulan

Mengetahui informasi ukuran, jenis, dan harga wiper mobil Toyota Calya sangat penting untuk menjaga kenyamanan dan keamanan berkendara, terutama dalam kondisi cuaca buruk.

Semoga panduan ini membantu pemilik mobil dalam memilih wiper yang sesuai untuk kendaraan mereka.

Jangan lupa untuk melakukan penggantian wiper secara berkala agar tetap dapat menikmati pengalaman berkendara yang aman dan nyaman.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *