OTOMOTIF

BAIC, Pabrikan Mobil Terbaru Bersemangat Sapa Indonesia!

35
×

BAIC, Pabrikan Mobil Terbaru Bersemangat Sapa Indonesia!

Sebarkan artikel ini
BAIC, Merek Mobil Baru Siap Menyapa Indonesia
BAIC, Merek Mobil Baru Siap Menyapa Indonesia

Media90 (media.gatsu90rentcar.com) – BAIC, sebuah merek mobil ternama dari China, akan segera menapaki pasar otomotif Indonesia.

Keputusan ini tidak hanya menandai kedatangan merek yang sudah dikenal secara global, tetapi juga menggambarkan ambisi BAIC untuk bersaing dengan merek mobil China lainnya yang telah ada di Indonesia.

Melalui kesepakatan yang diperkuat dengan pengesahan PT JIO Distribusi Indonesia (PT JDI), Indonesia akan segera menyambut kedatangan merek kendaraan bermotor roda empat yang sangat diantisipasi, yaitu BAIC.

Beijing Automotive Group Co., Ltd. (BAIC) melalui BAIC INTERNATIONAL telah mengonfirmasi bahwa penjualan resmi kendaraan BAIC akan segera dimulai di Indonesia.

“Kami sangat bangga dan senang atas kepercayaan yang diberikan oleh Beijing Automotive Group Co., Ltd. kepada kami untuk memasarkan merek BAIC di Indonesia,” ujar Dhani Yahya, Chief Operating Officer PT JDI, saat proses penandatangan perjanjian di JHL Auto Showroom, Kamis (28/3).

BAIC sendiri telah menjadi nama yang diperhitungkan di pasar otomotif sejak pendirian Beijing Automotive Group Co., Ltd. pada tahun 1958 di Beijing, China.

Sebagai produsen kendaraan bermotor terbesar ke-lima di China, BAIC telah menunjukkan komitmen yang kuat terhadap inovasi dan kualitas.

Acara penandatanganan kesepakatan ini juga dihadiri oleh Mr. Yang Nanhua sebagai Executive Director & CEO BAIC INTL. bersama dengan perwakilan dari BAIC INTL. dan beberapa pimpinan dari JHL Group.

BAIC tidak hanya menjadi merek andalan dari Beijing Automotive Group Co., Ltd., tetapi juga telah memperluas jangkauannya ke pasar internasional.

“Perusahaan ini memiliki beberapa merek lain yang tidak hanya dijual di pasar domestik China, tetapi juga diekspor ke negara-negara besar lain di dunia. Selain itu, BAIC juga menjalin kemitraan erat dengan produsen otomotif terkemuka dunia, seperti Beijing-Benz dan Beijing-Hyundai,” tambah Dhani.

Rencana Ekspansi Merek BAIC di Indonesia

Menurut rencana yang telah disusun, PT. JDI memiliki strategi ekspansi yang ambisius.

Mereka berencana untuk membuka 45 dealer di seluruh Indonesia dalam 8 tahapan.

Segmentasi pasar BAIC tidak hanya berfokus pada harga kompetitif, tetapi juga akan menggabungkan aspek rasional dan emosional.

Dalam tahap awal, BAIC akan memasuki pasar Indonesia dengan model yang sepenuhnya impor (CBU).

Namun, mereka juga sedang menjajaki kemungkinan untuk memproduksi secara terbatas di Indonesia dengan skema Completely Knocked Down (CKD).

“Pada bulan Februari di International Indonesia Motor Show (IIMS) 2025, BAIC berencana untuk memperkenalkan model CKD pertamanya,” kata Dhani.

Model Mobil Pertama BAIC

BJ40 akan menjadi salah satu model pertama yang diproduksi secara CKD.

Dalam enam bulan pertama, BAIC berharap untuk memasarkan 100 unit BJ40 dengan harga yang lebih kompetitif.

Langkah ini menjadi tonggak awal bagi BAIC untuk mengukuhkan kehadirannya di pasar otomotif Indonesia.

Proses BAIC datang ke Indonesia

Otak di balik berhasilnya BAIC datang ke Indonesia adalah Jerry Hermawan Lo, pendiri JIO.

Sejak delapan bulan yang lalu, Jerry telah berupaya keras untuk mencari merek mobil alternatif yang dapat dirakit di Indonesia.

Saat ini, mereka fokus pada impor BJ40 dan X55, dengan rencana untuk meluncurkan model hybrid di masa depan.

Kerjasama dengan Mercedes-Benz

Kerjasama dengan Mercedes-Benz telah memberikan kontribusi besar dalam hal ini, dengan BAIC banyak mengikuti teknologi dari merek tersebut.

Bahkan, produk BAIC sudah diekspor ke negara-negara seperti Jerman, Peru, dan Afrika.

Dengan pengalaman sejak tahun 1958 dalam memproduksi mobil militer, BAIC telah menghasilkan mobil-mobil yang memiliki kecanggihan dan kualitas yang telah diuji.

Harapan untuk Bersaing dengan Merek China Lainnya

Dalam upaya menghadirkan produk baru yang kompetitif di pasar otomotif Indonesia, Bambang Soesatyo, Chairman dan Shareholder JHL Group, optimis merek BAIC di Tanah Air.

Dengan keyakinannya bahwa produk BAIC akan dapat bersaing dengan produk China lainnya, Bambang Soesatyo menyambut baik kedatangan BJ40 atau bahkan BJ80 di pasar Indonesia.

Pasar Otomotif Indonesia Potensial untuk Mobil China

Pada sisi lain, Yang Nanhua, Executive Director dan CEO BAIC International, menandatangani kontrak dengan JIO Distribusi Indonesia (JDI) dengan keyakinan bahwa Indonesia adalah pilihan yang tepat untuk ekspansi BAIC.

“BAIC sangat serius dengan pasar baru kami percaya Indonesia karena populasi dan pasarannya yang besar,” ungkapnya.

Kehadiran BAIC di Indonesia bukan hanya sekadar peluang bisnis. Tetapi juga sebuah langkah maju dalam memberikan pilihan yang lebih luas kepada konsumen Indonesia.

Sekaligus mendukung pertumbuhan ekonomi dan inovasi dalam industri otomotif di negara ini. Semoga produk yang akan hadir bulan depan dapat meraih kesuksesan dan memberikan dampak positif bagi masyarakat Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *