OTOMOTIF

7 Rest Area Terbaik di Tol Trans Jawa untuk Istirahat Selama Mudik

52
×

7 Rest Area Terbaik di Tol Trans Jawa untuk Istirahat Selama Mudik

Sebarkan artikel ini
Rest Area Terbaik Di Tol Trans Jawa, Bisa Istirahat Sambil Wisata Saat Mudik
Rest Area Terbaik Di Tol Trans Jawa, Bisa Istirahat Sambil Wisata Saat Mudik

Media90 (media.gatsu90rentcar.com) – Kamu yang hendak mudik jangan lupa untuk mampir di beberapa rest area terbaik yang ada di tol Trans Jawa berikut ini.

Mudik merupakan salah satu budaya atau kebiasaan yang biasa dilakukan masyarakat Indonesia menjelang hari raya Idulfitri.

Perjalanan mudik ini biasanya dilakukan dari tempat tinggal menuju kampung halaman. Ada yang berangkat dari kota besar menuju kota kecil maupun sebaliknya.

Sebagai gambaran, umumnya aktivitas mudik terbesar masih terjadi di pulau Jawa yang juga menjadi pulau dengan populasi terbanyak di Indonesia.

Banyak dari mereka melakukan perjalanan menggunakan mobil pribadi.

Pada tahun 2023 ini, masyarakat yang mau melakukan mudik bisa jauh lebih cepat sampai di kota tujuan berkat adanya Tol Trans Jawa.

Tol Trans Jawa ini dimulai dari Merak hingga Banyuwangi, Jawa Timur dengan jarak total 1.056 km menurut laman resmi Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Tetapi sayangnya ruas Tol Probolinggo-Banyuwangi tahap I baru saja dikerjakan. Artinya, pengemudi tol terujung saat ini baru sampai Probolinggo Timur saja.

7 Rest Area Terbaik Tol Trans Jawa

Melihat jarak tol yang cukup panjang ini, pihak pengelola juga sudah menyiapkan tempat istirahat untuk para pemudik.

Beberapa di antaranya bisa dibilang menyandang predikat rest area terbaik yang layak dikunjungi. Disebut terbaik karena memiliki fasilitas yang cukup lengkap.

Di situ Kamu bisa beristirahat, makan, toilet, hingga outlet-outlet baju dan oleh-oleh yang menjajakan produknya.

Kira-kira di mana saja sih rest area terbaik yang bisa didatangi untuk beristirahat sambil berbelanja ini? Berikut kami beberkan di bawah ini.

1. KM19 (Jakarta-Cikampek)

Bagi warga Jakarta dan sekitarnya tentu sudah tak asing dengan rest area KM19 yang juga jadi salah satu tempat terbaik untuk beristirahat.

Tempat ini sudah beroperasi sejak 2005 silam dan kerap disebut sebagai rest area kapal lantaran desain kanopinya berbentuk seperti kapal.

Mereka yang berhenti di rest area terbaik ini umumnya akan melakukan perjalanan menuju arah Cikampek.

Di tempat ini banyak tersedia restoran makanan, kafe, dan minimarket. Bahkan baru-baru ini dikabarkan jika rest area KM19 tengah membangun hotel bintang 3 dan menjadi hotel pertama yang ada di ruas jalan tol Trans Jawa.

2. KM102

Ketika memasuki ruas tol Palimanan, Anda bisa singgah di rest area KM102 arah Cirebon, Jawa Barat. Rest area KM102 jadi salah satu tempat terbaik dan dijadikan tempat beristirahat tipe A.

Artinya, tempat ini memiliki fasilitas yang cukup lengkap mulai dari SPBU, restoran, kafe, minimarket, parkir luas, dan keamanan yang selalu dipantau.

Di tempat ini Anda bisa memilih berbagai macam makanan yang bisa disantap bersama keluarga. Ada juga gerai yang menawarkan oleh-oleh untuk dibawa ke kampung halaman.

Tapi sayang juga ya, masa baru jalan udah belanja oleh-oleh aja nih, hehehe.

3. KM166

Daftar rekomendasi rest area terbaik yakni KM166 arah Cirebon. Tempat ini sama seperti KM102 yang masuk ke dalam daftar tempat beristirahat tipe A yang disediakan oleh pengelola jalan tol.

Fasilitas yang disediakan juga terbilang cukup lengkap mulai dari SPBU, restoran, kafe, minimarket, parkir luas, dan keamanan yang selalu dipantau.

Jika ingin mampir ke tempat ini, usahakan jangan parkir terlalu lama, ya.

4. KM207A

Pilihan rest area terbaik lainnya ada di KM 207A. Tempat ini juga menjadi salah satu tempat favorit pemberhentian para pengemudi yang melakukan perjalanan via tol Kanci.

Bahkan di sini juga ada charging station yang lokasinya persis di depan kopi Starbucks. Anda yang mengendarai mobil listrik bisa melakukan pengisian daya sambil istirahat di sini.

Tenant makanan yang ada di sini juga sangat banyak dan selalu ramai dikunjungi. Fasilitas yang tersedia di sini antara lain toilet, SPBU, restoran, kafe, minimarket, parkir luas, oleh-oleh, masjid, dan tempat pengisian angin nitrogen.

Pada sore dan pagi hari, tempat ini cukup menyenangkan untuk didatangi karena punya pemandangan dan suasana yang menyejukkan.

5. KM22 Semarang

Lalu rest area lainnya yakni KM 22 Semarang-Bawen, Jawa Tengah. Tempat istirahat ini berlokasi di Ungaran Timur dengan ciri khas masjid berkubah merah.

Masjid yang ada di sini sering menjadi tempat sholat para pengendara yang melakukan perjalanan ke arah Jawa Tengah dan Timur.

Tempat ini juga terbilang punya banyak fasilitas yang sangat baik bagi pengunjung. Area parkir di tempat ini bisa dibilang cukup besar.

Namun, harus diingat pada saat musim mudik Lebaran seperti ini biasanya hampir semua rest area akan menjadi penuh sesak oleh berbagai macam kendaraan.

Selain masjid yang menjadi daya tarik, tempat ini juga terkenal memiliki beragam wisata kuliner yang dijajakan para pedagang. Sembari istirahat bisa sambil jajan makanan enak di sini.

6. KM456 (Pendopo)

Kemudian ada KM 456 yang dinobatkan sebagai rest area terbaik di Indonesia versi Kementerian PUPR. Kenapa ya? Desain yang diusung bangunan ini memakai tema pendopo, tak heran jika tempat ini kerap disebut rest area pendopo.

Di atas bangunan seluas 3,3 hektare pendopo ini menawarkan pemandangan yang sangat indah, terutama pagi dan sore hari.

Selain itu ada juga sky bridge atau jembatan penghubung yang menghubungkan 2 rest area arah Surabaya dan Jakarta.

Jika cuaca sedang cerah, Anda berkesempatan melihat pemandangan gunung Merbabu. Pemandangan sawah juga akan memanjakan mata pengunjung.

Selain itu di tempat ini juga tersedia banyak tenant restoran, kafe, minimarket, baju, hingga oleh-oleh yang dijual. Oh iya, di sini tidak ada SPBU ya, jadi persiapkan BBM mobil Anda saat mau ke sini.

7. KM487 (Bale Nglaras)

Tempat terakhir yang bisa dimasukkan ke dalam list lainnya yakni KM 487 atau disebut Bale Nglaras. Tempat istirahat ini berada di KM 487 A dan 487 B arah Jakarta di tol Semarang-Solo.

Pada bagian pintu masuk, terdapat patung sapi yang sedang tersenyum. Adanya patung ini membuat banyak orang mudah mengingat tempat ini.

Bangunan seluas 1,3 hektare ini punya banyak fasilitas menarik yang bisa dimanfaatkan oleh para pengunjung yang datang ke sini.

Sayangnya, di sini tidak ada SPBU jadi memang hanya fokus untuk tempat istirahat saja. Untuk menikmati pemandangan terbaik di sini, disarankan datang pada pagi hari sebelum jam 9 atau sore hari.

Saat cuaca cerah gunung Merbabu dan Merapi akan menyapa Anda dari kejauhan sembari memancarkan keindahannya.

Kesimpulan

Ketujuh tempat yang sudah kami sebutkan di atas bisa menjadi rekomendasi Kamu yang hendak melakukan perjalanan via tol Trans Jawa.

Pastikan saat melakukan perjalanan Anda tetap menjaga kecepatan agar tidak terlalu kencang dan membahayakan pengendara lain.

Jangan lupa untuk menjaga jarak aman dan mematuhi peraturan berkendara yang ada di jalan tol agar selamat sampai tujuan.

Dari semuanya, kira-kira mana yang bakal Kamu datangi, ya? Kalau kami sih nomor 6, nih!