BERITA

Upaya Memulihkan Warisan Budaya: Masyarakat Metro Memberi Dukungan untuk Memperbarui Cagar Budaya Rumah Asisten Wedana

71
×

Upaya Memulihkan Warisan Budaya: Masyarakat Metro Memberi Dukungan untuk Memperbarui Cagar Budaya Rumah Asisten Wedana

Sebarkan artikel ini
Revitalisasi Cagar Budaya Rumah Asisten Wedana Metro Banjir Dukungan Warga
Revitalisasi Cagar Budaya Rumah Asisten Wedana Metro Banjir Dukungan Warga

Media90 (media.gatsu90rentcar.com) – Dukungan dari berbagai kalangan telah mengalir deras untuk mendukung upaya revitalisasi Rumah Asisten Wedana Metro setelah berlangsungnya Metro Culinary and Finance Fest pada tanggal 1-7 Oktober 2023.

Tim Ahli Cagar Budaya (TACB) Metro, yang dipimpin oleh Siti Rogayati Seprita, merasa sangat berterima kasih atas berbagai bentuk dukungan yang telah diberikan oleh masyarakat.

“Saya sangat bersyukur mendapatkan kabar bahwa banyak dukungan yang masuk, mulai dari satu set sound system, tenda UMKM, buku-buku perpustakaan, dan banyak lagi. Ini tentu akan mempercepat pengembangan cagar budaya kami,” ungkap Siti Rogayati.

Rumah Asisten Wedana, yang terletak di Jalan Diponegoro, Kelurahan Imopuro, Kecamatan Metro Pusat, Kota Metro, Lampung, telah ditetapkan oleh Pemerintah Kota Metro sebagai salah satu cagar budaya.

Langkah ini bertujuan untuk menjaga dan memulihkan warisan budaya yang ada di kawasan tersebut.

Anggota Komisi XI DPR RI asal Lampung, Ela Nuryamah, menyatakan bahwa acara Metro Culinary and Finance Fest, yang juga diselenggarakan dalam rangka Bulan Inklusi Keuangan bersama Otoritas Jasa Keuangan (OJK), patut didukung.

“Saya melihat ekonomi UMKM berkembang dengan pesat, kontribusinya terhadap Pemerintah Kota juga meningkat, masyarakat datang dengan semangat, dan tidak kalah pentingnya adalah tingkat literasi keuangan masyarakat yang meningkat,” ujar Ela.

Komisi XI yang merupakan mitra OJK, mendukung keberlangsungan acara semacam ini, terutama dengan keterlibatan berbagai lembaga perbankan dan keuangan.

“Saya sudah berkoordinasi dengan OJK, dan kami akan bersama-sama mendukung acara serupa di masa depan dengan menyediakan tenda-tenda yang dibutuhkan,” tambahnya.

Kadiskominfo Kota Metro, Subehi, juga menyatakan bahwa seluruh jajaran pemerintah bersatu hati untuk mendukung revitalisasi cagar budaya ini.

“Kami semua berperan aktif dalam mendukung agar cagar budaya dapat tumbuh dan memberikan manfaat bagi masyarakat. Malam ini, kami akan menyerahkan dukungan dari teman-teman semua dalam acara penutupan,” ungkapnya.

Selain dukungan dari pihak pemerintah dan lembaga keuangan, kalangan Penerbit Buku Perwakilan Erlangga juga turut mendukung pemajuan literasi di cagar budaya.

Bakri, salah satu anggota Penerbit Buku Perwakilan Erlangga, menjelaskan, “Kami melihat bahwa cagar budaya yang sering dikunjungi oleh para pelajar harus menyediakan ruang pengembangan literasi dan budaya membaca. Kami ingin berperan aktif dalam mendukung budaya membaca di cagar budaya ini, terutama dalam pendidikan Kota Metro.”

Metro Culinary and Finance Fest 2023 telah berlangsung di Rumah Asisten Wedana, menyajikan beragam kegiatan mulai dari kuliner, literasi keuangan, senam poundfit, stand up comedy, pameran lukisan, musik, hingga lomba mewarnai anak-anak. Festival ini akan ditutup pada Sabtu malam tanggal 7 Oktober 2023.

Kepala Balai Pelestarian Kebudayaan (BPK) Wilayah VII, Nurmantias, menyambut baik perkembangan ekosistem pemajuan cagar budaya di Kota Metro.

“Kami dari BPK Wilayah VII sangat mendukung acara ini, yang terbukti berhasil melibatkan berbagai kalangan dan pada akhirnya menciptakan ekosistem pendukung pemajuan cagar budaya yang bermanfaat bagi masyarakat secara luas,” pungkasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *