BERITA

Gempa Bumi Tektonik Guncang Wilayah Pesisir Barat, Lampung

71
×

Gempa Bumi Tektonik Guncang Wilayah Pesisir Barat, Lampung

Sebarkan artikel ini
Gempa Tektonik Magnitudo 4,8 Guncang Pesisir Barat Lampung, ini Dampaknya
Gempa Tektonik Magnitudo 4,8 Guncang Pesisir Barat Lampung, ini Dampaknya

Media90 (media.gatsu90rentcar.com) – Wilayah Pesisir Barat, Lampung dan sekitarnya mengalami guncangan hebat akibat gempa bumi tektonik pada Sabtu, 7 Oktober 2023, pukul 17:20:32 WIB.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) segera melakukan analisis dan mengukur kekuatan gempa tersebut, yang akhirnya dinyatakan memiliki kekuatan sebesar M=4,8.

Episenter gempa bumi ini terletak pada koordinat 5.98 LS dan 103.91 BT, berlokasi di laut dengan jarak sekitar 88 km barat daya Pesisir Barat, Lampung, pada kedalaman 8 km.

Kepala BMKG Wilayah II Tangerang, Hartanto, menjelaskan bahwa gempa ini merupakan jenis gempa bumi dangkal yang disebabkan oleh aktivitas sesar aktif di dasar laut.

Meskipun gempa ini memiliki kekuatan yang cukup signifikan, dampak yang dirasakan oleh masyarakat masih tergolong ringan.

Berdasarkan peta tingkat guncangan (shakemap) BMKG dan laporan dari masyarakat, gempa ini hanya dirasakan dengan Skala Intensitas II MMI di wilayah Bengkunat.

Skala II MMI menggambarkan bahwa getaran hanya dirasakan oleh beberapa orang, dan benda-benda ringan yang digantung bergoyang.

Beruntungnya, sampai saat ini belum ada laporan mengenai kerusakan bangunan atau korban jiwa akibat gempa ini.

Hartanto juga menginformasikan bahwa hingga pukul 18:11 WIB, BMKG belum mendeteksi adanya aktivitas gempabumi susulan.

Meskipun demikian, masyarakat dihimbau untuk tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu-isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Gempa bumi merupakan peristiwa alam yang tidak dapat diprediksi dengan pasti, namun langkah antisipasi dan kewaspadaan tetap perlu diterapkan.

BMKG terus memantau perkembangan situasi dan akan memberikan informasi lebih lanjut jika ada perubahan signifikan.

Semoga masyarakat di wilayah yang terdampak dapat tetap waspada dan menjaga keselamatan diri serta keluarga.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *