BERITA

Sinergi Pendidikan dan Industri: PLN dan SMK BLK Bandar Lampung Saling Berkolaborasi dalam Penyusunan Kurikulum

102
×

Sinergi Pendidikan dan Industri: PLN dan SMK BLK Bandar Lampung Saling Berkolaborasi dalam Penyusunan Kurikulum

Sebarkan artikel ini
Momen Hardiknas, PLN dan SMK BLK Bandar Lampung Teken Kerjasama Kurikulum Kompetensi Industri
Momen Hardiknas, PLN dan SMK BLK Bandar Lampung Teken Kerjasama Kurikulum Kompetensi Industri

Media90 (media.gatsu90rentcar.com) – PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi (UID) Lampung, telah mengambil langkah konkret untuk mendukung pengembangan sektor pendidikan di Lampung.

Dalam upaya tersebut, PLN berkolaborasi dengan Sekolah Menengah Kejuruan Bina Latih Karya (SMK BLK) Bandar Lampung dalam penandatanganan kerjasama pendidikan berbasis kompetensi industri.

Wahyudi, Senior Manajer Keuangan Komunikasi dan Umum (KKU) PLN UID Lampung, menyatakan bahwa PLN sangat mendukung kegiatan-kegiatan yang berkaitan dengan pengembangan dunia pendidikan.

Ini sejalan dengan salah satu misi PLN sebagai Badan Usaha Milik Negara (BUMN) penyedia layanan kelistrikan, yaitu menjadikan energi listrik sebagai media untuk meningkatkan kualitas kehidupan masyarakat.

Wahyudi menyampaikan komentar ini saat penandatanganan kerjasama antara PLN dan SMK BLK pada hari Kamis, tanggal 2 April 2024.

Tidak hanya pada momen tersebut, PLN UID Lampung secara rutin telah berkontribusi dalam pengembangan pendidikan, bahkan hingga ke daerah terpencil seperti Pulau Sebesi.

Wahyudi menjelaskan bahwa PLN telah terlibat dalam berbagai kegiatan, seperti pengembangan keterampilan motor listrik bagi SMK jurusan otomotif di Kotabumi, Lampung Utara, dan pembangunan laboratorium komputer di SDN Pulau Sebesi, Lampung Selatan, pada tahun 2023.

Pada tahun sebelumnya, tepatnya tahun 2022, PLN Lampung juga turut serta dalam pembangunan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di Bandar Abung dan Perpustakaan Desa di Desa Wiratama, Tulang Bawang.

Riyanto, Kepala SMK BLK Bandar Lampung, menyatakan bahwa kerjasama dengan PLN adalah langkah strategis dalam pengembangan pembelajaran yang berbasis industri dan dunia kerja.

Dia mengungkapkan kegembiraannya atas kesepakatan kerjasama ini, yang dilandasi oleh nota kesepahaman (MoU), terutama pada Hari Pendidikan Nasional.

Melalui kerjasama ini, diharapkan dapat meningkatkan pembelajaran khususnya pada jurusan Teknik Jaringan Tenaga Listrik (TJTL), serta menyelaraskan kurikulum sesuai dengan kebutuhan dunia kerja dan industri.

Riyanto juga menjelaskan bahwa bentuk kerjasama antara PLN dan SMK BLK meliputi kehadiran guru tamu dan guru magang, memberikan kesempatan Praktek Kerja Lapangan (PKL) bagi siswa BLK, serta pengembangan sarana prasarana pembelajaran di SMK BLK.

Dia juga mengucapkan terima kasih atas komitmen PLN dalam pengembangan dunia pendidikan, yang ditandai dengan penandatanganan MoU tersebut.

Diharapkan kerjasama antara PLN dan SMK BLK ini dapat memberikan kontribusi positif dalam pengembangan pembelajaran jurusan TJTL bagi SMK BLK, sehingga siswa dapat berperan aktif dalam sektor kelistrikan di Lampung dan di seluruh Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *