BERITA

Setelah Perdebatan Cawapres, Dukungan Online untuk Gibran Rakabuming Meningkat Pesat: Analisis Data Terkini

31
×

Setelah Perdebatan Cawapres, Dukungan Online untuk Gibran Rakabuming Meningkat Pesat: Analisis Data Terkini

Sebarkan artikel ini
Pasca Debat Cawapres, Survei Gibran Rakabuming Meroket di Berbagai Lini Digital, ini Datanya
Pasca Debat Cawapres, Survei Gibran Rakabuming Meroket di Berbagai Lini Digital, ini Datanya

Media90 (media.gatsu90rentcar.com) – Setelah debat calon wakil presiden (Cawapres) baru-baru ini di Jakarta Convention Center (JCC) pada Minggu, 21 Januari 2024, dukungan online untuk calon Wakil Presiden Gibran Rakabuming Raka mengalami peningkatan signifikan di berbagai platform digital.

Analis Media Baru, Prabu Revolusi, membagikan wawasan dari studi terbaru yang menunjukkan bahwa, berdasarkan diskusi media sosial, Gibran telah mengungguli Muhaimin Iskandar dan Mahfud MD.

Menurut Prabu, pembicaraan tentang Gibran mendominasi percakapan digital, menyumbang 55,4% dari seluruh wacana.

Sebaliknya, Muhaimin Iskandar menduduki posisi kedua dengan 29,4%, sementara Mahfud MD menempati posisi ketiga dengan 15,2%, seperti yang diungkapkan dalam rilis pada Rabu, 24 Januari 2024.

Studi ini, dengan menyamakan dengan interaksi tatap muka, mengartikan perilaku komunitas digital, mencerminkan respons individu terhadap fenomena melalui tindakan, reaksi, atau penyerapan data.

Prabu menyelami lebih dalam pada diskusi pasca-debat pada tahun 2024, menyoroti total volume diskusi.

Mahfud MD mencatatkan 61.522, Muhaimin Iskandar memiliki 119.425, dan Gibran Rakabuming Raka memimpin dengan 225.063 diskusi.

Dalam membenarkan perspektif ini, Prabu menekankan bahwa persepsi saat ini didasarkan pada seluruh wacana.

Oleh karena itu, Gibran, yang menempati peringkat pertama dalam diskusi, juga memiliki potensi penonton tertinggi (3,1 miliar), melampaui Cak Imin (2,3 miliar) dan Mahfud MD (982,7 juta), seperti yang diungkapkan dalam rilis tersebut pada Rabu.

“Dari data ini, kita bisa melihat bahwa Gibran Rakabuming memikat perhatian publik, khususnya mereka yang terlibat melalui berbagai platform media sosial dan berita online,” jelas Prabu.

Selain dari volume diskusi, Prabu menyarankan metrik seperti suka, komentar, keterlibatan, dan jangkauan data tertentu dapat mengukur popularitas seorang calon wakil presiden di media sosial.

Menurut analisis Prabu terhadap performa digital selama debat, Gibran Rakabuming muncul sebagai pemenang di semua faktor.

Pakar digital dari Maja Labs, Adrian Zakhary, memuji Gibran Rakabuming atas kinerjanya yang luar biasa dalam semua sesi diskusi.

“Calon Wakil Presiden 02 Gibran tanpa ragu luar biasa, unggul dalam setiap sesi debat dengan mengajukan pertanyaan kritis dan memberikan solusi tidak hanya untuk jangka pendek tapi juga jangka panjang,” ujar Adrian.

Bagi Adrian, keahlian debat Gibran mencerminkan kemampuannya sebagai pemimpin muda yang mumpuni.

Keterampilan komunikasi yang ringkas dan efektif memungkinkannya memberikan jawaban matang dan ide-ide jangka panjang.

Adrian juga mencatat rasa hormat Gibran terhadap rekan-rekan debatnya, menyoroti pentingnya hilirisasi bagi kemajuan negara.

“Lebih lanjut, pemimpin muda ini terus menunjukkan rasa hormat kepada senior seperti Prof Mahfud dan Cak Imin. Meskipun berdebat, dia tetap menjaga rasa hormat dan meminta maaf jika ada yang kurang berkenan. Ini, menurut saya, mencerminkan sikap Kesatria seorang Gibran,” tegasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *