BERITA

Semarak Budaya: 1.000 Siswa Bergembira dengan Tarian Bedana di Lampung Selatan Expo Way Handak Kalianda untuk Memeriahkan HUT ke-67

25
×

Semarak Budaya: 1.000 Siswa Bergembira dengan Tarian Bedana di Lampung Selatan Expo Way Handak Kalianda untuk Memeriahkan HUT ke-67

Sebarkan artikel ini
Meriahkan HUT ke-67 , 1.000 Siswa Pentaskan Tari Bedana di Lampung Selatan Expo Way Handak Kalianda
Meriahkan HUT ke-67 , 1.000 Siswa Pentaskan Tari Bedana di Lampung Selatan Expo Way Handak Kalianda

Media90 (media.gatsu90rentcar.com) – Pada Kamis, 16 November 2023, Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan menyajikan pemandangan megah tari tradisional massal Bedana Lampung di Lampung Selatan Expo 2023.

Lebih dari 1.000 penari, yang terdiri dari pelajar tingkat SD dan SMP dari seluruh Kecamatan se-Lampung Selatan, memukau penonton dengan keindahan gerakan yang membangkitkan semangat kebersamaan.

Kegiatan tersebut merupakan inisiatif Dewan Kesenian Lampung Selatan (DKLS) dalam rangka melestarikan kearifan lokal dan budaya Lampung.

Tari Bedana menjadi bagian penting dari warisan budaya yang harus terus ditumbuhkembangkan dan dilestarikan.

Selain itu, penyelenggaraan tarian ini juga menjadi bagian dari rangkaian peringatan Hari Jadi ke-67 Kabupaten Lampung Selatan.

Ketua Dewan Kesenian Lampung Selatan, H. Winarni Nanang Ermanto, menyatakan bahwa tarian massal Bedana bertujuan mendorong kesadaran akan pentingnya melestarikan tradisi dan seni daerah.

Hal ini tidak hanya untuk menjaga identitas kultural tetapi juga memberikan ruang bagi generasi muda untuk terlibat dalam warisan budaya Lampung.

“Saya berterima kasih atas dukungan Pemerintah Daerah Lampung Selatan dalam penyelenggaraan tari massal ini, agar generasi muda kita mencintai tradisi dan seni daerah yang kita miliki,” ujar Winarni.

Sebelum resmi dimulai, Bupati Lampung Selatan, H. Nanang Ermanto, memberikan apresiasi kepada semua peserta, terutama anak-anak yang berbaris di bawah terik matahari.

Beliau menekankan pentingnya semangat kebersamaan dalam melestarikan budaya Lampung.

Lampung Selatan Expo: Menyatu dalam Antusiasme

Hari kedua Lampung Selatan Expo 2023 kembali memikat antusiasme masyarakat. Fokus acara ini tidak hanya pada tari tradisional, tetapi juga pada pameran sebagai wadah untuk mempromosikan potensi daerah.

Baca Juga:  Optimalkan Pertumbuhan Pelanggan: Puluhan Pengusaha Terlibat dalam Pelatihan UKM Digital oleh Dosen IIB Darmajaya

Bupati Lampung Selatan, H. Nanang Ermanto, turut hadir dan menyaksikan berbagai hiburan musik bersama masyarakat.

Mulai dari NTR Band Ambyar dari Kecamatan Natar, Hanaya Band Ambyar dari Kecamatan Jati Agung, hingga Drama Musikal dari Kecamatan Sidomulyo, Lampung Selatan Expo 2023 menampilkan ragam talenta lokal.

Meski tengah menikmati hiburan musik, Bupati Nanang Ermanto tetap menjalankan tugasnya dengan penuh tanggung jawab.

Tidak hanya dihadiri oleh Bupati, pameran ini juga diramaikan oleh pejabat daerah dan tokoh masyarakat. Mereka turut serta dalam berbagai kegiatan yang diselenggarakan selama Expo berlangsung.

Pameran dan Ajang Kompetisi

Selain pameran, Lampung Selatan Expo 2023 menggelar berbagai acara menarik, termasuk pertunjukan seni dan lomba.

Lomba masakan olahan berbahan baku tepung pisang melibatkan TP PKK Desa se-Kabupaten Lampung Selatan, sementara lomba tumpeng diikuti oleh seluruh OPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan. Tak ketinggalan, tampilan seni budaya menjadi daya tarik tersendiri.

Rangkaian kegiatan ini bertujuan memberikan informasi dan wawasan kepada pengunjung terkait potensi serta peluang investasi di Lampung Selatan.

Pemerintah Daerah terus berkomitmen mendukung kegiatan semacam ini sebagai upaya mengangkat citra daerah dan mendorong pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan.

Dengan sinergi antara pemerintah, pelaku usaha, dan masyarakat, Lampung Selatan Expo 2023 diharapkan dapat memberikan dampak positif, terutama dalam mengembangkan potensi daerah dan melestarikan kekayaan budaya Lampung.