BERITA

Forum Internasional: Delegasi dari Tujuh Negara Explorasi Seminar dan Ekspedisi Lapangan dalam Pengolahan Kelapa di Lampung Selatan

202
×

Forum Internasional: Delegasi dari Tujuh Negara Explorasi Seminar dan Ekspedisi Lapangan dalam Pengolahan Kelapa di Lampung Selatan

Sebarkan artikel ini
Peserta dari Tujuh Negara Ikuti Seminar dan Kunjungan Lapangan Pengolahan Kelapa ke Lampung Selatan
Peserta dari Tujuh Negara Ikuti Seminar dan Kunjungan Lapangan Pengolahan Kelapa ke Lampung Selatan

Media90 (media.gatsu90rentcar.com) – Sekretaris Daerah (Sekda) Lampung Selatan, Thamrin, aktif menghadiri kegiatan Field Trip dan Mini Seminar Sustainable Coconut Partnership (SCP) yang berlangsung di Aula Krakatau kantor Bupati Lampung Selatan pada Jumat (17/11/2023).

Acara tersebut dihadiri oleh peserta dari berbagai negara, termasuk Indonesia, Filipina, Swiss, Inggris, Belanda, Italia, Singapura, dan China.

Dalam sambutannya, Sekda Lampung Selatan, Thamrin, menjelaskan bahwa dengan jumlah penduduk sebanyak 1.081.115 jiwa dan letak wilayah yang sangat strategis, serta didukung oleh infrastruktur penghubung yang lengkap, pertanian menjadi sektor utama yang diusahakan mayoritas masyarakat Lampung Selatan.

Ia menekankan keberagaman usaha olahan kelapa di daerah tersebut, seperti pengolahan kopra, minyak kelapa, arang kelapa, sabut kelapa, dan nata de coco. Pelaku usaha ini ada yang berskala mikro, kecil, menengah, maupun besar.

Thamrin juga mencatat bahwa menurut data BPS Provinsi Lampung, Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) Kabupaten Lampung Selatan pada tahun 2022 mencapai tingkat tertinggi.

Hal ini, menurutnya, merupakan kontribusi dari sektor pertanian, kehutanan, dan perikanan. “Kami berharap kunjungan SCP beserta timnya dapat meningkatkan minat masyarakat untuk bekerja di sektor pertanian, baik di hulu budidaya maupun hilir olahan dan lain-lain. Bekerja di sektor pertanian, kita juga bisa sejahtera,” ujar Thamrin.

Sekda Thamrin berharap bahwa kunjungan Direktur Eksekutif Organisasi Kemitraan Kelapa Berkelanjutan beserta timnya dapat menjadi momentum kolaborasi.

Ia berharap para peserta dapat melihat dan merasakan bagaimana pengelolaan kelapa secara berkelanjutan di Lampung Selatan.

“Semoga kunjungan kemitraan kelapa berkelanjutan hari ini dapat menarik lebih banyak pihak untuk bekerja sama di bidang usaha pengolahan kelapa serta sektor pertanian dan perkebunan lainnya di Kabupaten Lampung Selatan,” pungkasnya dengan harapan besar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *