BERITA

Desa Wisata Kelawi Bakauheni: Meraih Gelar Juara II Nasional ADWI 2023 dan Rekor Muri dari Kementerian Parekraf

162
×

Desa Wisata Kelawi Bakauheni: Meraih Gelar Juara II Nasional ADWI 2023 dan Rekor Muri dari Kementerian Parekraf

Sebarkan artikel ini
Desa Wisata Kelawi Bakauheni Juara II Nasional ADWI 2023 dan Raih Rekor Muri dari Kementerian Parekraf
Desa Wisata Kelawi Bakauheni Juara II Nasional ADWI 2023 dan Raih Rekor Muri dari Kementerian Parekraf

Media90 (media.gatsu90rentcar.com) – Desa Wisata Kelawi, yang terletak di Kecamatan Bakauheni, Lampung Selatan, telah mengukir prestasi gemilang dengan meraih gelar juara kedua dalam ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2023, kategori Desa Wisata Maju, yang diadakan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI.

Upacara penghargaan diselenggarakan di Teater Tanah Airku Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta pada Minggu, 27 Agustus 2023, dan penghargaan diberikan kepada Sekretaris Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Desa Kelawi.

Selain memenangkan juara kedua nasional dalam ADWI 2023, Desa Wisata Kelawi juga mencatatkan namanya dalam sejarah dengan meraih Rekor Muri sebagai desa wisata pertama yang menghasilkan varietas buah alpukat khas Desa Kelawi.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, Sandiaga Uno, secara resmi menyerahkan penghargaan Rekor Muri ini kepada Sekretaris Daerah Lampung Selatan, Thamrin, dalam acara ADWI 2023.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, Sandiaga Uno, turut memberikan apresiasi atas prestasi Desa Wisata Kelawi.

Dalam acara tersebut, Darmawan, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Lampung Selatan, menyatakan rasa bangganya dan mengungkapkan bahwa pencapaian ini adalah hasil dari usaha yang luar biasa.

Darmawan juga menekankan bahwa Desa Kelawi bersaing dengan lebih dari 4.500 desa lainnya di seluruh Indonesia untuk meraih posisi ini.

Proses penentuan pemenang ADWI 2023 melibatkan penilaian dalam lima kategori utama, termasuk daya tarik pengunjung, potensi kreativitas dan produk dari desa wisata, serta peningkatan standar pelayanan.

Selain itu, penilaian mencakup aspek pemanfaatan digitalisasi dalam promosi desa wisata, kelembagaan desa wisata, dan standar kebersihan, kesehatan, keamanan, dan keberlanjutan lingkungan yang berstandar nasional.

Desa Wisata Kelawi, melalui upayanya dalam Konservasi Pantai Minang Rua, telah menjadi salah satu destinasi wisata yang menonjol di Lampung.

Terletak di Jalan Pariwisata Batu Alif, Dusun Minang Rua, Desa Kelawi, Bakauheni, Lampung Selatan, Desa Kelawi telah menarik perhatian sebagai destinasi terbaik dalam ADWI 2023, yang diumumkan oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, Sandiaga Uno, pada 27 Mei 2023.

Beberapa tempat menarik di sekitar Desa Kelawi termasuk Taman Bawah Laut, Goa Lalay, Green Canyon, dan Batu Alif.

Pengunjung juga dapat menikmati atraksi spot jumping dan mengunjungi penangkaran penyu yang dikelola oleh Pokdarwis setempat.

Keunggulan tambahan adalah aksesibilitas Desa Kelawi yang dekat dengan Jakarta, dengan jarak sekitar 4,7 kilometer dari Pelabuhan Bakauheni atau sekitar 12 menit perjalanan menggunakan kendaraan.

Dari pusat Bandar Lampung, jaraknya sekitar 91 kilometer, dapat ditempuh dalam waktu sekitar 1,5 jam melalui jalan tol atau 2 jam melalui jalan biasa.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *