BERITA

Ribuan Pesilat Indonesia Berebut Piala Rektor dalam Kejuaraan Pencak Silat di Unila

167
×

Ribuan Pesilat Indonesia Berebut Piala Rektor dalam Kejuaraan Pencak Silat di Unila

Sebarkan artikel ini
Rebutkan Piala Rektor, Ribuan Pesilat Indonesia Ikuti Kejuaraan Pencak Silat di Unila
Rebutkan Piala Rektor, Ribuan Pesilat Indonesia Ikuti Kejuaraan Pencak Silat di Unila

Media90 (media.gatsu90rentcar.com) – Sebanyak ribuan pesilat dari berbagai daerah di Indonesia berkumpul di Universitas Lampung (Unila) untuk mengikuti Kejuaraan Pencak Silat Piala Rektor Unila 2023.

Kejuaraan ini berlangsung selama tiga hari, dimulai dari Jumat hingga Minggu (8-10/9/2023).

Acara tersebut secara resmi dibuka oleh Rektor Unila, Prof. Dr. Ir. Lusmeilia Afriani, D.E.A., IPM., ASEAN Eng, di Gedung Serba Guna (GSG) Unila pada Jumat (8/9/2023).

Dalam momen pembukaan, Rektor Unila melakukan pemukulan gong sebagai tanda dimulainya kejuaraan.

Kejuaraan Pencak Silat Piala Rektor Unila 2023 mengusung tema “Demi Prestasi Harumkan Nama Negeri Bangkit Bersinergi Membangun Insan Berbudi”.

Acara ini diselenggarakan oleh Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT) Unila dengan tujuan utama melestarikan seni bela diri asli Indonesia, yaitu pencak silat.

Selain itu, kejuaraan ini juga menjadi ajang silaturahmi antara pesilat dari seluruh penjuru Indonesia.

Ini adalah peluang bagi para atlet untuk meningkatkan kualitas prestasi mereka di berbagai instansi pendidikan dan perguruan pencak silat di seluruh Indonesia, serta menjadi kontribusi dalam menjaga nama baik Unila.

Ketua Pelaksana, Muhammad Dahril, menyebutkan bahwa kejuaraan ini diikuti oleh 1.259 atlet yang berasal dari berbagai instansi pendidikan dan perguruan pencak silat di seluruh Indonesia.

Mereka terbagi dalam beberapa kategori usia, yakni 180 atlet usia dini, 478 atlet pra remaja, 478 atlet remaja, dan 123 atlet dewasa yang mewakili 134 kontingen.

Rektor Unila, Prof. Lusmeilia Afriani, dalam sambutannya mengingatkan peserta untuk selalu melihat setiap pertandingan sebagai sarana untuk menggali potensi dan mengasah minat serta bakat dalam diri mereka sendiri, dengan bersaing secara sehat.

Beliau menekankan bahwa kemenangan sejati bukan hanya tentang meraih medali emas, tetapi juga tentang bagaimana mereka berkompetisi dengan sportivitas dan menjunjung tinggi etika olahraga.

Prof. Lusmeilia Afriani juga mengucapkan apresiasi kepada seluruh panitia, pelatih, dan atlet yang telah bekerja keras dan berlatih dengan tekun untuk memastikan suksesnya acara ini.

Ia berharap bahwa melalui kejuaraan ini, akan tercipta bibit-bibit atlet yang unggul dan dapat bersaing di tingkat nasional dan internasional.

Ketua Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Lampung, Faishol Djausal, mengajak semua peserta untuk menjaga dan melestarikan warisan budaya pencak silat.

Ia juga berharap agar para atlet dapat berkompetisi dengan sportifitas tinggi dan meraih prestasi yang membanggakan.

Acara ini juga dihadiri oleh beberapa tokoh penting, antara lain Wakil Rektor Unila, perwakilan DPD RI Bustami Zainudin dan Abdul Hakim, Ketua Perwapus Lampung yang diwakili Eko Budi, Pembina Perwapus Lampung Supeno, Ketua Cabang PSHT Bandar Lampung Sukoco, serta Ketua IPSI Bandar Lampung Bobby Irawam.

Kejuaraan ini menjadi bukti nyata semangat dan antusiasme masyarakat Lampung dalam melestarikan seni bela diri tradisional ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *