BERITA

Mahasiswa KKN Unila Menginspirasi Kreativitas dan Literasi dengan Mading untuk Pelajar SMKN 1 Tanjung Sari

24
×

Mahasiswa KKN Unila Menginspirasi Kreativitas dan Literasi dengan Mading untuk Pelajar SMKN 1 Tanjung Sari

Sebarkan artikel ini
Tingkatkan Kreatifitas dan Literasi, Mahasiswa KKN Unila Buatkan Mading Pelajar SMKN 1 Tanjung Sari
Tingkatkan Kreatifitas dan Literasi, Mahasiswa KKN Unila Buatkan Mading Pelajar SMKN 1 Tanjung Sari

Media90 (media.gatsu90rentcar.com) – Sebuah inisiatif membanggakan mewarnai suasana di SMKN 1 Tanjung Sari, Lampung Selatan, ketika kelompok mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) dari Universitas Lampung (Unila) meluncurkan program pembuatan Majalah Dinding (Mading) pada Jumat, 9 Februari 2024.

Tim ini, yang juga terdiri dari tim Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Unila, memandang pembuatan Mading sebagai upaya untuk meningkatkan kreativitas siswa, terutama karena sekolah tersebut sebelumnya belum memiliki Mading.

Ketua Pelaksana, Dyah Permata Kinanti Dwi Ambarwati, menyampaikan bahwa motivasi mereka untuk membuat Mading adalah untuk menarik minat siswa terhadap literasi.

“Sepertinya anak SMK suka yang menarik, jadi perlu dibuatkan Mading agar ada pemberitahuan semacam pengetahuan yang dikemas menarik,” ungkap Dyah Permata Kinanti.

Tim mahasiswa KKN Unila memilih tema tentang budaya dan bahasa, sejalan dengan latar belakang beberapa anggota tim yang berasal dari Jurusan Bahasa dan Sastra FKIP Unila.

Mading yang mereka buat memuat berbagai pribahasa dari tiga bahasa: Indonesia, Inggris, dan Lampung. Selain itu, mereka juga menampilkan beragam aspek budaya Lampung dengan tujuan melestarikan warisan budaya tersebut.

“Ada pengetahuan mengenai pribahasa Indonesia, makna kata gaul, idioms dalam bahasa Inggris, dan bahasa Lampung, yang dikemas menarik seperti rumah adat, pakaian adat, dan tradisi lainnya,” jelas Dyah Permata Kinanti.

Selain memberikan informasi yang menarik bagi siswa, mahasiswa KKN Unila berharap bahwa Mading ini akan terus berlanjut dan berkembang.

Mereka ingin agar inisiatif ini tidak berhenti pada pembuatan oleh mahasiswa KKN, tetapi diharapkan akan diteruskan dan dikembangkan oleh pelajar SMKN 1 Tanjung Sari.

Kelompok mahasiswa KKN PLP FKIP Unila ini ditempatkan di Desa Kertosari, khususnya di Dusun III Umbul Kumis, Kecamatan Tanjung Sari, Lampung Selatan.

Anggota tim terdiri dari Anggra Aditya (Pendidikan Teknologi Informasi 21), Rof’i Darajat Annisa (Pendidikan Geografi 21), Sepbrina Larasati (Pendidikan Bimbingan dan Konseling 21), Refika Rahma Esa (Pendidikan Biologi 21), Ihda Zulfa Ardila (Pendidikan Kimia 21), Adellia Jesinta (Pendidikan Ekonomi 21), Trisna Amanah (Pendidikan Kimia 21), Dyah Permata Kinanti Dwi Ambarwati (Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 21), Berlianna Asih Yustiana (Pendidikan Bahasa Lampung 21), dan Pinurih Lukitaningtyas (Pendidikan Bahasa Inggris).

Semangat kolaborasi antara mahasiswa KKN Unila dan pelajar SMKN 1 Tanjung Sari diharapkan akan terus memberikan manfaat positif bagi literasi dan keberagaman budaya di sekolah tersebut.