BERITA

Polinela Adakan Workshop untuk Memperkuat Kolaborasi dan Internasionalisasi

106
×

Polinela Adakan Workshop untuk Memperkuat Kolaborasi dan Internasionalisasi

Sebarkan artikel ini
Polinela Gelar Workshop untuk Tingkatkan Kerjasama dan Internasionalisasi
Polinela Gelar Workshop untuk Tingkatkan Kerjasama dan Internasionalisasi

Media90 – Politeknik Negeri Lampung (Polinela) melalui Kelompok Kerja (Pokja) Kerja Sama telah menyelenggarakan Workshop, Evaluasi, Pengembangan Kerjasama, dan Internasionalisasi Perguruan Tinggi.

Acara ini bertujuan untuk memperkuat dan memperluas jaringan kerjasama serta meningkatkan proses internasionalisasi di Polinela.

Workshop tersebut dihadiri oleh para akademisi, tenaga kependidikan, serta mitra strategis dari berbagai institusi.

Workshop ini dibuka oleh Direktur Polinela yang diwakili oleh Wakil Direktur Bidang Kemahasiswaan, Agung Adi Candra, S.Kh., M.Si di Ruang Rapat Utama, Kampus Polinela, pada Kamis (29/5/2024).

Dalam sambutannya, Agung Adi Candra menekankan pentingnya kolaborasi dan kemitraan internasional untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Polinela.

Beliau menegaskan bahwa internasionalisasi merupakan langkah strategis untuk menghasilkan lulusan yang siap bersaing di kancah global.

“Internasionalisasi perguruan tinggi adalah suatu keharusan di era globalisasi ini. Melalui kerja sama dan pertukaran internasional, kita dapat memperluas wawasan, meningkatkan kualitas pendidikan, serta memberikan pengalaman yang berharga bagi mahasiswa dan staf pengajar,” ujar Agung Adi Candra.

Baca Juga:  Gerindra Mendorong Parpol Koalisi untuk Memperkuat Kandidat Wakil Gubernur

Pemaparan pertama disampaikan oleh Assoc. Prof. Maria Anityasari, Ph.D., Direktur Direktorat Kemitraan Global dari Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS).

Dalam presentasinya yang berjudul “Internasionalisasi: Strategi dan Tantangannya”, Maria Anityasari menjelaskan berbagai strategi yang dapat diterapkan untuk menginternasionalkan institusi pendidikan tinggi.

Beliau menyoroti pentingnya membangun jaringan global, mengembangkan program akademik internasional, dan meningkatkan mobilitas mahasiswa dan staf.

Selain itu, Maria Anityasari juga membahas tantangan yang sering dihadapi dalam proses internasionalisasi, seperti perbedaan budaya, kendala bahasa, dan keterbatasan sumber daya.

“Kunci sukses dalam internasionalisasi adalah komitmen yang kuat dari seluruh komponen institusi dan keberanian untuk berinovasi dalam membangun kerjasama internasional yang bermanfaat bagi semua pihak,” ungkap Maria Anityasari.

Pemaparan kedua disampaikan oleh Emharis Gigih Pratama, M.A., dari Direktorat Kemitraan Global ITS, yang membahas tentang “Program Internasionalisasi Mahasiswa”.

Baca Juga:  Darmajaya IIB Feb Gelar FGD Renstra dengan Keterlibatan Berbagai Pihak

Emharis Gigih Pratama menjelaskan berbagai program dan inisiatif yang dapat dilakukan untuk meningkatkan partisipasi mahasiswa dalam kegiatan internasional.

Program-program tersebut meliputi pertukaran pelajar, magang internasional, dan kolaborasi penelitian dengan institusi luar negeri.

Emharis juga memberikan contoh sukses dari program-program internasionalisasi yang telah dijalankan di ITS, yang dapat menjadi inspirasi bagi Polinela dalam mengembangkan program serupa.

“Melalui program internasionalisasi, mahasiswa tidak hanya mendapatkan pengalaman akademis yang lebih luas, tetapi juga keterampilan dan kompetensi yang dibutuhkan untuk bersaing di pasar global,” kata Emharis Gigih Pratama.

Workshop ini diharapkan dapat menjadi langkah awal bagi Polinela dalam mengembangkan kerjasama internasional dan meningkatkan daya saing di tingkat global.

Para peserta workshop juga diharapkan dapat menerapkan ilmu dan wawasan yang diperoleh untuk mendukung proses internasionalisasi di Polinela.

Baca Juga:  Optimasi Budidaya Anggrek di Desa Sukaraja, Lampung Selatan oleh Dosen Prodi Hortikultura dalam PKM Polinela

Dengan komitmen dan kerjasama dari berbagai pihak, Polinela optimis dapat mencapai target internasionalisasi yang telah ditetapkan dan terus berkontribusi dalam mencetak lulusan yang berkualitas dan berdaya saing tinggi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *