BERITA

Pemilihan Presiden: Anies-Muhaimin Memimpin Jalur Nomor 1, Prabowo-Gibran Tampil di Nomor 2, Sementara Ganjar-Mahfud MD Berada di Nomor 3

130
×

Pemilihan Presiden: Anies-Muhaimin Memimpin Jalur Nomor 1, Prabowo-Gibran Tampil di Nomor 2, Sementara Ganjar-Mahfud MD Berada di Nomor 3

Sebarkan artikel ini
Undian Pilpres, Anies-Muhaimin Nomor Urut 1, Prabowo-Gibran Nomor 2, dan Ganjar-Mahfud MD Nomor 3
Undian Pilpres, Anies-Muhaimin Nomor Urut 1, Prabowo-Gibran Nomor 2, dan Ganjar-Mahfud MD Nomor 3

Media90 (media.gatsu90rentcar.com) – Pada Sidang Pleno Terbuka Komisi Pemilihan Umum (KPU) yang digelar di halaman KPU, Jakarta Pusat, pada Selasa (14/11/2023), hasil pengundian nomor urut pasangan calon presiden dan wakil presiden untuk Pilpres 2024 telah ditetapkan.

Pasangan Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar memperoleh nomor urut 1, diikuti oleh pasangan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka dengan nomor urut 2, serta pasangan Ganjar Pranowo dan Mahfud MD dengan nomor urut 3.

Ketua KPU RI, Hasyim Asy’ari, menyampaikan hasil pengundian tersebut kepada publik di Kantor KPU.

“Dengan demikian, nomor urut paslon presiden dan wakil presiden untuk tahun 2024 adalah nomor urut satu untuk pasangan calon Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar, nomor urut dua untuk Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka, dan nomor urut tiga untuk Ganjar Pranowo dan Mahfud MD,” ujarnya.

Sebelumnya, KPU telah menetapkan tiga pasangan bakal calon presiden dan calon wakil presiden untuk Pilpres 2024, yaitu Anies Baswedan dengan Muhaimin Iskandar, Ganjar Pranowo dengan Mahfud MD, dan Prabowo Subianto dengan Gibran Rakabuming Raka.

Anggota KPU, Idham Holik, menjelaskan bahwa ketiga pasangan calon telah memenuhi ketentuan presidential threshold, yakni ambang batas pencalonan sebesar 20 persen kursi DPR atau 25 persen perolehan suara nasional dari gabungan partai politik pendukung pasangan calon.

Proses verifikasi kesehatan yang dilakukan oleh tim dokter dari RSPAD Gatot Soebroto juga menyatakan bahwa ketiga pasangan calon memenuhi syarat kesehatan yang ditetapkan.

Lebih lanjut, Idham Holik menegaskan bahwa hasil verifikasi dokumen administrasi juga telah memastikan ketiga pasangan calon memenuhi syarat.

“KPU telah menyatakan bahwa pasangan calon presiden dan wakil presiden Anies Rasyid Baswedan dan Abdul Muhaimin Iskandar yang diusulkan oleh partai politik Nasdem, PKB, PKS telah dinyatakan memenuhi syarat,” kata Idham.

Sementara itu, pasangan calon presiden dan wakil presiden Ganjar Pranowo dan Mahfud MD yang diusung oleh PDIP, PPP, Perindo, dan Hanura juga telah dinyatakan memenuhi syarat.

Begitu pula dengan pasangan calon presiden dan wakil presiden Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka yang diusulkan oleh Gerindra, Golkar, Demokrat, PAN, PSI, PBB, dan Garuda.

Dengan penetapan nomor urut ini, perhelatan Pilpres 2024 semakin mendekati tahap puncak, di mana para pasangan calon akan bersaing memperebutkan dukungan masyarakat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *