BERITA

Optimalkan Pengelolaan Keuangan: Aparatur Kampung Bumi Dipasena Utama Giat Mengikuti Bimtek Siskeudes

198
×

Optimalkan Pengelolaan Keuangan: Aparatur Kampung Bumi Dipasena Utama Giat Mengikuti Bimtek Siskeudes

Sebarkan artikel ini
Tingkatkan Kemampuan Kelola Keuangan, Aparatur Kampung Bumi Dipasena Utama Ikuti Bimtek Siskeudes
Tingkatkan Kemampuan Kelola Keuangan, Aparatur Kampung Bumi Dipasena Utama Ikuti Bimtek Siskeudes

Media90 (media.gatsu90rentcar.com) – Pemerintah Kampung Bumi Dipasena Utama, yang terletak di Kecamatan Rawajitu Timur, Kabupaten Tulang Bawang, telah melangkah maju dalam meningkatkan kualitas pengelolaan keuangan aparatur kampung.

Dalam upaya ini, aparatur kampung tersebut telah berpartisipasi dalam Bimbingan Teknis (Bimtek) Sistem Keuangan Desa (Siskeudes) selama tiga hari, mulai Senin hingga Rabu tanggal 21-23 Agustus 2023.

Kegiatan ini, yang dipersembahkan oleh Badan Kerjasama Antar Kampung (BKAK) Kecamatan Rawa Jitu Timur, diadakan di Balai Pemerintah Desa Kementerian Dalam Negeri, Candi Mas Natar, Lampung Selatan.

Tujuan utama dari Bimtek Siskeudes ini adalah untuk meningkatkan kapasitas dan kemampuan aparatur kampung dalam mengelola aspek keuangan.

Kepala Kampung Bumi Dipasena Utama, Safarudin, menjelaskan bahwa kegiatan ini telah diintegrasikan dalam Bidang Pemberdayaan Kampung, lebih khusus lagi dalam Sub Bidang Peningkatan Kapasitas Aparatur Kampung, sesuai dengan rencana Anggaran Pendapatan dan Belanja (APB) Kampung Bumi Dipasena Utama untuk Tahun 2023.

“Kami telah mengirim dua perwakilan untuk berpartisipasi dalam Bimtek Siskeudes ini, dengan harapan bahwa pelatihan ini akan secara signifikan meningkatkan kemampuan dan kapasitas staf kami dalam mengelola keuangan kampung,” ungkap Safarudin.

Menurut Safarudin, penerapan sistem keuangan kampung yang berdasarkan standar akuntansi yang tepat memiliki dampak yang positif terhadap pengelolaan sumber daya keuangan.

Lebih jauh lagi, langkah ini diharapkan akan mempercepat terwujudnya kesejahteraan masyarakat kampung.

Sementara itu, M. Ridwan SR, Ketua BKAK Rawajitu Timur, menegaskan bahwa pelaksanaan Bimtek Siskeudes ini telah dilakukan di lokasi yang telah disiapkan oleh pemerintah.

Hal ini bertujuan untuk mencapai efektivitas dan efisiensi dalam pelaksanaan kegiatan bagi para peserta.

“Kami telah mempertimbangkan anggaran Dana Desa dengan memanfaatkan fasilitas dan narasumber yang telah disediakan oleh pemerintah, khususnya Kementerian Dalam Negeri, di Balai Pemerintahan Desa di Lampung. Dengan demikian, kita dapat menghilangkan anggapan bahwa Bimtek adalah bentuk pemborosan,” jelas Ridwan.

Bimtek Siskeudes ini diikuti oleh 16 peserta utusan dari delapan kampung di Kecamatan Rawajitu Timur.

Kegiatan ini resmi dibuka oleh Camat Rawajitu Timur pada Senin pagi tanggal 21 Agustus 2023, dan dijadwalkan akan berlangsung hingga Rabu tanggal 23 Agustus 2023.

Dengan semangat yang tinggi, aparatur kampung diharapkan dapat mengaplikasikan pengetahuan dan keterampilan baru yang mereka peroleh dari Bimtek ini, guna mewujudkan pengelolaan keuangan yang lebih efisien dan transparan demi kemajuan kampung mereka.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *