BERITA

Menuntut Transparansi: Andi Surya Desak KPU Lampung Ungkap Formulir C1 Plano Sebelum Aksi Masyarakat Terkait ‘Begal Suara’

118
×

Menuntut Transparansi: Andi Surya Desak KPU Lampung Ungkap Formulir C1 Plano Sebelum Aksi Masyarakat Terkait ‘Begal Suara’

Sebarkan artikel ini
Begal Suara, Andi Surya Minta KPU Lampung Buka Form C1 Plano, Sebelum Elemen Rakyat Bergerak
Begal Suara, Andi Surya Minta KPU Lampung Buka Form C1 Plano, Sebelum Elemen Rakyat Bergerak

Media90 (media.gatsu90rentcar.com) – Kecurangan dalam hitung suara Pemilu 2024 di Lampung telah terjadi secara luas.

Salah satu korban dari kecurangan ini adalah Caleg DPR RI Dapil 1 Lampung dari Golkar, Andi Surya, yang suaranya diduga dibegal di tingkat PPS.

Tidak hanya Andi Surya, dua caleg lain juga menghadapi masalah serupa. Caleg DPRD Lampung nomor urut 4 Dapil Lampung 7 dari PKB, Munir Abdul Haris, menemukan perolehan suaranya dinolkan dan digeser ke caleg lain.

Kondisi yang serupa juga dialami oleh Caleg DPR RI Dapil Lampung 1, M. Kadafi, di dua TPS di Lampung Tengah.

Fakta-fakta ini menunjukkan bahwa Pemilu ini telah tercemar oleh tindakan yang tidak jujur dan mengganggu proses demokrasi yang seharusnya bersih dari segala kecurangan.

Menyikapi hal ini, Andi Surya menegaskan bahwa demokrasi harus didasarkan pada nilai-nilai Pancasila.

Namun, kenyataannya, proses demokrasi ini telah dirusak oleh oknum PPS di berbagai TPS dengan cara-cara yang tidak bermartabat.

Andi Surya juga menekankan pentingnya peran KPU dan Bawaslu dalam menghadapi kecurangan terstruktur ini.

Dia meminta agar KPU Lampung membuka seluruh form C1 Plano TPS dan melakukan pemeriksaan ulang terhadap setiap angka yang ada.

Hal ini diharapkan dapat mengatasi ketidakpuasan yang dirasakan oleh caleg yang suaranya hilang atau dibegal.

Namun, jika langkah-langkah tersebut tidak dilakukan, Andi Surya khawatir akan muncul gerakan dari elemen masyarakat yang tidak puas atas kinerja KPU.

Oleh karena itu, dia menegaskan perlunya transparansi dalam penghitungan suara dengan membuka C1 Plano dan melakukan perhitungan ulang terhadap semua suara yang masuk.

Dalam situasi yang tegang ini, satu-satunya jalan keluar adalah dengan menghadirkan transparansi dan kejujuran dalam setiap tahapan pemilu.

Dengan demikian, proses menuju penentuan hasil pemilu dapat berjalan dengan lancar sesuai dengan nilai-nilai adab dan etika demokrasi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *