BERITA

Ilham Malik, Dosen Itera Lampung Bergabung dalam Tim Ahli Transportasi Otoritas Ibukota Nusantara

159
×

Ilham Malik, Dosen Itera Lampung Bergabung dalam Tim Ahli Transportasi Otoritas Ibukota Nusantara

Sebarkan artikel ini
Dosen Itera Lampung IB Ilham Malik Masuk Tim Asistensi Ahli Transportasi Otoritas Ibukota Nusantara
Dosen Itera Lampung IB Ilham Malik Masuk Tim Asistensi Ahli Transportasi Otoritas Ibukota Nusantara

Media90 (media.gatsu90rentcar.com) – Regional Vice President (RVP) Intelligent Transportation System (ITS) Indonesia, IB Ilham Malik, telah diangkat menjadi bagian dari Tim Asistensi Ahli (TAA) Otoritas Ibu Kota Nusantara (OIKN) dalam bidang transportasi.

Pengangkatannya diumumkan melalui Surat Keputusan Kepala OIKN Nomor 7 Tahun 2024.

Penyerahan Surat Keputusan dan konferensi pers resmi diadakan oleh Menteri/Kepala OIKN, Bambang Susantono, di Hotel Ritz Carlton, Mega Kuningan, Jakarta pada Jumat (16/2/2024).

Ilham Malik, bersama tim yang dipimpin oleh William Sabandar, yang sebelumnya menjabat sebagai Ketua BRR Nias dan Direktur Utama PT MRT, diberi tugas untuk melakukan kajian mendalam terhadap perencanaan, pelaksanaan, dan kebijakan transportasi di wilayah OIKN.

Tugas utama tim ini adalah menyusun serta menyampaikan rekomendasi hasil kajian kepada Kepala Otoritas IKN.

Selain itu, mereka juga bertanggung jawab atas pelaksanaan program-program transportasi yang telah direncanakan, guna memastikan kelancaran mobilitas di wilayah IKN.

Sebelum bergabung dengan Otoritas IKN, Ilham Malik telah memiliki pengalaman yang luas di bidang transportasi.

Pada tahun 2023, ia pernah menjabat sebagai Tenaga Ahli di Direktorat Jenderal Perhubungan Darat (Dirjen Hubdat) Kementerian Perhubungan Republik Indonesia.

Selama masa jabatannya, Ilham aktif bersama para pemangku kepentingan dalam mengatur jalannya arus mudik saat Hari Raya Idulfitri 2023, sebagai upaya pemerintah untuk menghindari kemacetan yang pernah terjadi pada tahun sebelumnya.

Kelahiran Blambangan Umpu, Way Kanan, Lampung, 43 tahun yang lalu, Ilham Malik telah memiliki pengalaman lebih dari 20 tahun dalam berbagai aspek transportasi dan perkotaan.

Perjalanan karirnya dimulai dari menjadi asisten tenaga ahli di Pusat Studi Transportasi dan Logistik (Pustral) UGM pada tahun 2003–2005, hingga menjadi bagian dari Masyarakat Transportasi Indonesia (MTI) dan Intelligent Transportation System (ITS) Indonesia.

Pendidikan doktoral (S3) Ilham diselesaikan di The University of Kitakyushu, Jepang pada tahun 2015–2019, melalui Beasiswa Monbukagakusho MEXT 2015.

Risetnya yang kompleks tentang perencanaan perkotaan telah memberikan kontribusi signifikan dalam memahami interaksi antara pertumbuhan penduduk, perubahan bentuk kota, dan perubahan penggunaan lahan di berbagai kota di Indonesia.

Sebagai seorang dosen, Ilham Malik telah berkontribusi dalam menyebarkan pengetahuannya melalui berbagai media, baik lokal maupun nasional.

Selain itu, ia juga aktif dalam menulis buku dan artikel serta berpartisipasi dalam konferensi-konferensi baik di tingkat nasional maupun internasional.

Dengan pengalamannya yang luas dan pemahamannya yang mendalam dalam bidang transportasi, IB Ilham Malik diharapkan dapat memberikan kontribusi yang besar dalam menjalankan tugasnya sebagai bagian dari Tim Asistensi Ahli Otoritas Ibu Kota Nusantara, guna memastikan kelancaran transportasi di wilayah tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *