BERITA

Mahasiswa KKN Unila Beraksi: Ribuan Bibit Pinang dan Sengon Ditanam di Banjit Way Kanan untuk Investasi Lingkungan

164
×

Mahasiswa KKN Unila Beraksi: Ribuan Bibit Pinang dan Sengon Ditanam di Banjit Way Kanan untuk Investasi Lingkungan

Sebarkan artikel ini
Investasi Lingkungan, Mahasiswa KKN Unila Sumbang Ribuan Bibit Pinang dan Sengon di Banjit Way Kanan
Investasi Lingkungan, Mahasiswa KKN Unila Sumbang Ribuan Bibit Pinang dan Sengon di Banjit Way Kanan

Media90 (media.gatsu90rentcar.com) – Pada Kamis, 8 Februari 2024, Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Lampung (Unila) dari periode pertama tahun 2024 di sepanjang Kecamatan Banjit, Way Kanan, menyerahkan 3.000 bibit tanaman sengon dan pinang.

Langkah ini diambil sebagai bagian dari upaya investasi dalam kelestarian lingkungan di sekitar bendungan Way Umpu.

Bibit-bibit tersebut didapatkan oleh tim KKN dari Persemaian Permanen Tanggamus, Badan Pengelolaan Daerah Aliran Sungai (Bpdashl) Way Seputih, Way Sekampung.

Upaya ini bukan hanya sekadar menjaga kelestarian lingkungan, tetapi juga diharapkan dapat meningkatkan potensi sumber daya alam (SDA) dan sumber daya manusia (SDM) di wilayah Kecamatan Banjit, sehingga dapat memberikan kontribusi positif terhadap perekonomian setempat.

Acara penyerahan bibit sengon dan pinang turut dihadiri oleh berbagai tokoh masyarakat, antara lain Camat Banjit, perwakilan UPT Puskesmas, Babinsa, serta Kepala desa dan ASN di sepanjang Kecamatan Banjit.

Sebelum penyerahan bibit, kegiatan ini dimulai dengan senam bersama warga Kecamatan Banjit, membangun semangat dan kebersamaan di antara semua peserta.

Penyelenggaraan kegiatan ini merupakan hasil kolaborasi antara Mahasiswa KKN Unila dari 20 desa di Kecamatan Banjit, yang dibimbing oleh tiga dosen pelaksana lapangan (DPL), yaitu Dr. Sepriyadi Adhan S, S.H., M.H., Ati Yuniati, S.H., M.H, dan Aisyah Muda Cemerlang, S.H., M.H.

Camat Banjit, Nasrullah Ali, menyampaikan apresiasi atas dedikasi yang ditunjukkan oleh mahasiswa selama pelaksanaan KKN.

Ia menekankan bahwa sumbangan 3.000 bibit tanaman ini bukan hanya sebagai penghormatan kepada lingkungan, tetapi juga sebagai upaya nyata dalam pemberdayaan masyarakat.

Ketua Pelaksana, Muhammad Edo Fadely, mengucapkan apresiasi kepada semua pihak yang terlibat dalam kegiatan ini, dari tim KKN hingga masyarakat setempat.

Ia menegaskan bahwa keberhasilan acara ini tak lepas dari kerja keras dan kolaborasi yang baik antara semua pihak.

Penyerahan 3.000 bibit pohon pinang dan sengon ini diharapkan dapat menjadi cerminan dari kesadaran dan kepedulian baik mahasiswa maupun masyarakat terhadap lingkungan.

Selain itu, Koordinator Kecamatan Banjit, Angga Saputra, juga menyampaikan terima kasih kepada seluruh masyarakat Kecamatan Banjit atas dukungan yang diberikan selama program KKN berlangsung.

Kelompok mahasiswa KKN Unila yang terlibat berasal dari berbagai desa di Kecamatan Banjit, termasuk Desa Menanga Jaya, Desa Bali Sadhar Selatan, Desa Pasar Banjit, Desa Argomulyo, dan Desa Dono Mulyo.

Dengan kerjasama yang solid, diharapkan langkah-langkah positif ini akan terus berlanjut untuk mewujudkan lingkungan yang lebih baik dan berkelanjutan bagi generasi mendatang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *