BERITA

Mahasiswa FKIP Unila Bergabung dalam Diklat Singkat Kepramukaan untuk Membangun Karakter

180
×

Mahasiswa FKIP Unila Bergabung dalam Diklat Singkat Kepramukaan untuk Membangun Karakter

Sebarkan artikel ini
Pembinaan Karakter, Ratusan Mahasiswa FKIP Unila Ikuti Diklat Singkat Kepramukaan
Pembinaan Karakter, Ratusan Mahasiswa FKIP Unila Ikuti Diklat Singkat Kepramukaan

Media90 (media.gatsu90rentcar.com) – Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Lampung (Unila) memberikan kesempatan berharga bagi mahasiswa angkatan 2022 untuk mengembangkan kepemimpinan, kreativitas, dan keterampilan melalui pelaksanaan pendidikan dan pelatihan (Diklat) singkat kepramukaan.

Kegiatan ini berlangsung di Gedung Serba Guna (GSG) Unila pada Minggu, 3 September 2023, dan akan berlanjut pada 9-10 September 2023.

Tujuan utama dari Diklat singkat kepramukaan ini adalah membentuk karakter mahasiswa agar menjadi individu yang kreatif, tangguh, dan siap menghadapi tantangan yang akan dihadapi ketika mereka menjadi seorang guru di masa depan.

Rektor Unila, Prof. Dr. Ir. Lusmeilia Afriani. D. E. A., IPM., Asean. Eng, menyatakan bahwa kegiatan ini adalah wadah penting untuk membentuk karakter mahasiswa dan mengharapkan agar mereka dapat mengaplikasikan pengalaman yang diperoleh dalam dunia pendidikan dan pengajaran.

“Diharapkan ketika mahasiswa telah selesai mengikuti Diklat singkat kepramukaan ini, mahasiswa bisa mengaplikasikannya dalam dunia pendidikan dan pengajaran,” kata Lusmeilia Afriani.

Dekan FKIP Unila, Prof. Dr. Sunyono, M.Si, menjelaskan bahwa Diklat kepramukaan ini merupakan syarat wajib bagi mahasiswa angkatan 2022 dan akan menjadi salah satu bagian dari ujian komprehensi.

Selain itu, kegiatan ini juga bertujuan untuk melatih mahasiswa agar terampil dalam kegiatan kepramukaan, sehingga mereka dapat menjadi garda terdepan dalam membentuk jiwa nasionalisme dan patriotisme di lingkungan dunia pendidikan.

“Melalui Pramuka, mahasiswa akan dididik dan dilatih bagaimana menghadapi tantangan dalam berbagai kondisi, sehingga kedepannya para mahasiswa memiliki karakter yang kuat, visioner, intelektualitas, moralitas, integritas, dan tangguh dalam menghadapi berbagai rintangan dan permasalahan,” jelas Sunyono.

Kegiatan Diklat kepramukaan ini berlangsung selama tiga hari. Pada hari pertama, peserta mendapatkan materi dasar tentang sejarah dan kepemimpinan dalam gerakan Pramuka, dengan pemateri yang merupakan Pembina Gugus Depan Bandar Lampung Unila yang juga memiliki status pelatih nasional.

Hari kedua, yang jatuh pada 9 September 2023, diisi dengan kegiatan praktik lapangan, sementara hari ketiga dirancang untuk dinamika kelompok guna menciptakan kegiatan yang menantang dan menarik sesuai dengan metode kepramukaan.

Kegiatan ini turut dihadiri oleh Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan Dr. Anna Gustina Zainal, S.Sos., M.Si., para Wakil Dekan FKIP, serta Ketua Gugus Depan Bandar Lampung Dr. Hj. Bainah Sari Dewi, S.Hut., M.P. IPM.

Semua pihak berharap bahwa melalui Diklat kepramukaan ini, mahasiswa akan menjadi lebih siap dan berkualifikasi untuk menjadi pendidik yang berdedikasi dalam membentuk masa depan pendidikan Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *