BERITA

Lonjakan Liburan Natal: Kenaikan 47% Penumpang Picu Bandara Radin Inten II Lampung Beroperasi Penerbangan Tambahan

31
×

Lonjakan Liburan Natal: Kenaikan 47% Penumpang Picu Bandara Radin Inten II Lampung Beroperasi Penerbangan Tambahan

Sebarkan artikel ini
Libur Nataru Penumpang Naik 47%, Bandara Radin Inten II Lampung Buka Penerbangan Ekstra
Libur Nataru Penumpang Naik 47%, Bandara Radin Inten II Lampung Buka Penerbangan Ekstra

Media90 (media.gatsu90rentcar.com) – Bandara Radin Inten II Lampung, dalam upaya menjawab tingginya permintaan masyarakat selama libur akhir tahun 2023, telah mengambil langkah ekstra dengan menambah layanan penerbangan.

Menurut Unggul Basuki, Executive General Manager Bandara Radin Inten II Lampung, biasanya terdapat 18 pergerakan penerbangan yang terbagi menjadi 9 keberangkatan dan 9 kedatangan.

Namun, dalam situasi saat ini, jumlah pergerakan meningkat menjadi 22, mencakup tambahan penerbangan ekstra.

“Pada saat biasa, kita memiliki 18 pergerakan. Tetapi sekarang ada 22 pergerakan, yang terbagi menjadi 11 kali keberangkatan dan 11 kali kedatangan,” ungkap Unggul Basuki pada Selasa (26/12/2023).

Permintaan penerbangan yang melonjak hingga 47% selama periode angkutan Natal 2023 memotivasi pengelola Bandara Radin Inten II untuk meningkatkan kapasitas penerbangan.

Menurut Basuki, ada penerbangan tambahan dari Garuda Indonesia sebanyak delapan kali, tersebar dalam delapan hari selama periode Natal dan Tahun Baru.

Setiap harinya, terdapat tambahan dua kali penerbangan, melayani rute Bandar Lampung menuju Jakarta.

Adi Santoso, Station Manager Garuda Indonesia di Bandara Radin Inten II Lampung, memberikan tanggapan terhadap penambahan penerbangan tersebut.

“Permintaan penerbangan di Lampung ini besar, namun penawaran belum maksimal sehingga penumpang harus mengantisipasi,” ujar Adi Santoso.

Dia menjelaskan bahwa penambahan penerbangan oleh maskapai Garuda Indonesia telah dimulai sejak 23 Desember dan akan berlangsung hingga 28 Desember 2023.

“Biasanya, penerbangan hanya tiga kali dalam sehari. Dengan adanya penambahan penerbangan ekstra, terutama di penerbangan sore, ada kemungkinan penambahan penerbangan menjadi 4-5 kali dalam sehari,” tambah Adi.

Menurut Adi, harapannya adalah penambahan penerbangan tersebut dapat memenuhi permintaan konsumen selama periode Natal 2023 dan Tahun Baru 2024.

Sementara itu, Direktur Lampung Service Assistant (LASA), yang memberikan layanan penanganan bagasi penumpang di Bandara Radin Inten II, menyatakan kesiapannya untuk melayani peningkatan jumlah penumpang.

Dia mengimbau para penumpang yang membutuhkan layanan penanganan baik di Terminal Keberangkatan maupun Terminal Kedatangan untuk menghubungi petugas yang berjaga.

“Dengan meningkatnya jumlah penumpang, kami berharap layanan yang diberikan dapat mempercepat keberangkatan dan memperlancar kedatangan penumpang selama angkutan Natal dan Tahun Baru 2024 ini. Kecepatan dalam proses check-in dan penanganan kedatangan menjadi sangat penting,” ujar Chandra.