BERITA

Lebaran Mudik: Enam Jalan Tol Baru Beroperasi Fungsional dan Gratis, Termasuk Tiga di Sumatera

28
×

Lebaran Mudik: Enam Jalan Tol Baru Beroperasi Fungsional dan Gratis, Termasuk Tiga di Sumatera

Sebarkan artikel ini
Mudik Lebaran, ini Enam Jalan Tol Baru yang Dioperasikan Fungsional dan Gratis, Tiga di Sumatera
Mudik Lebaran, ini Enam Jalan Tol Baru yang Dioperasikan Fungsional dan Gratis, Tiga di Sumatera

Media90 (media.gatsu90rentcar.com) – Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy telah mengumumkan persiapan yang matang untuk menghadapi arus mudik dan arus balik Lebaran tahun ini.

Salah satu langkah strategis yang diambil adalah mengoperasikan fungsional beberapa ruas Jalan Tol Trans Jawa dan Jalan Tol Trans Sumatera.

Menurut pernyataannya pada Rabu (20/3/2024), Muhadjir memperkirakan puncak arus mudik Lebaran akan terjadi antara tanggal 5 hingga 7 April 2024.

“Dari survei yang dilakukan Kementerian Perhubungan, prediksi jumlah pemudik mencapai 193,6 juta orang, jauh lebih besar dari tahun sebelumnya, yaitu 123,8 juta orang,” ungkap Muhadjir.

Sebagai upaya untuk memfasilitasi mobilitas pemudik, pemerintah telah mengoperasikan enam ruas tol baru secara fungsional selama periode mudik Lebaran.

Lebih jauh lagi, jalan tol tersebut juga akan memberlakukan kebijakan gratis tanpa biaya tol. Berikut adalah enam ruas tol yang dapat digunakan secara gratis:

  1. Tol Cimanggis-Cibitung
  2. Tol Jakarta-Cikampek II Selatan
  3. Tol Solo-Yogyakarta-NYIA Kulonprogo
  4. Tol Bangkinang-Koto Kampar Riau
  5. Tol Kuala Tanjung-Tebing Tinggi-Parapat, Sumatera Utara
  6. Tol Indrapura-Kisaran, Sumatera Utara

Selain memperhatikan infrastruktur jalan tol, pemerintah juga akan meningkatkan fasilitas istirahat dengan menambah rest area di setiap ruas tol serta mendirikan rest area darurat di sekitar pemukiman warga.

Lebih lanjut, pemerintah juga berencana memberlakukan diskon tarif jalan tol pada H-2, H-1, H+1, dan H+2 untuk mengurangi penumpukan kendaraan selama puncak arus mudik dan arus balik.

Tidak hanya itu, dalam hal kesehatan, pemerintah telah menyediakan fasilitas kesehatan di rest area jalan tol.

“Sebanyak 112 posko kesehatan telah disiapkan untuk wilayah Tol Jawa, dan 24 posko untuk wilayah jalur Tol Sumatera, yang akan bekerja sama dengan puskesmas dan rumah sakit,” tambah Muhadjir.

Dengan langkah-langkah ini, diharapkan mudik Lebaran tahun ini dapat berjalan lebih lancar dan aman bagi semua pemudik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *