BERITA

Kolaborasi Bersama Stakeholder: Prodi Sistem Informasi IIB Darmajaya Mengadakan FGD Mengenai Kurikulum Berbasis OBE dan MBKM

157
×

Kolaborasi Bersama Stakeholder: Prodi Sistem Informasi IIB Darmajaya Mengadakan FGD Mengenai Kurikulum Berbasis OBE dan MBKM

Sebarkan artikel ini
Hadirkan Stakeholder, Prodi Sistem Informasi IIB Darmajaya Gelar FGD Kurikulum Berbasis OBE dan MBKM
Hadirkan Stakeholder, Prodi Sistem Informasi IIB Darmajaya Gelar FGD Kurikulum Berbasis OBE dan MBKM

Media90 (media.gatsu90rentcar.com) – Program Studi Sistem Informasi Institut Informatika dan Bisnis (IIB) Darmajaya mengambil langkah inovatif dengan menggelar Focus Group Discussion (FGD) yang mengusung tema penting, yakni Kurikulum Berbasis Outcome-Based Education (OBE) dan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM).

Acara yang dilaksanakan di Emersia Hotel ini merupakan bagian dari hibah Program Kompetisi Kampus Merdeka yang diselenggarakan oleh Kemdikbudristek RI tahun 2023.

FGD ini dihadiri oleh berbagai stakeholder, termasuk perwakilan dari Lahan Sikam, Bank Lampung, PT Telkom, Diskominfotik Lampung, Radar Lampung, PT. Poeblik Lampung Technology, serta para alumni yang juga turut berkontribusi.

Dalam diskusi yang disajikan dengan penuh antusiasme ini, Dr. Azkario Rizky Pratama dari Universitas Gadjah Mada menjadi narasumber utama.

Beliau membawa wawasan yang kaya mengenai pendidikan berbasis hasil (Outcome-Based Education) dan konsep penting dari Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM).

Pemaparan lebih lanjut mengenai desain kurikulum disampaikan oleh Ketua Program Studi Sistem Informasi, Dr. Wasilah, S.Kom., M.T., yang secara tuntas memaparkan rencana pembaruan kurikulum sebagai respons terhadap perkembangan zaman.

Dalam wawancara eksklusif, Dekan Fakultas Ilmu Komputer IIB Darmajaya, Dr. Sutedi, S.Kom., M.T.I., mengungkapkan alasan penting di balik penyelenggaraan FGD ini.

Ia menjelaskan, “Kurikulum adalah titik sentral dari pendidikan. Seiring dengan perubahan cepat yang terjadi di dunia teknologi dan bisnis, kurikulum harus tetap relevan agar mahasiswa kami memiliki keunggulan kompetitif di dunia nyata. Selain itu, perbarui kurikulum juga diperlukan untuk menjaga akreditasi kami yang terhormat.”

Lebih lanjut, Dr. Sutedi berharap bahwa FGD ini akan membawa dampak positif dalam meningkatkan kualitas lulusan.

“Kami sangat menghargai masukan dari narasumber dan stakeholder yang berharga ini. Dengan panduan mereka, kami berharap kurikulum kami akan menjadi lebih baik, serta menghasilkan lulusan yang berkualitas tinggi dan siap menghadapi tantangan dunia nyata,” ujarnya dengan penuh semangat.

Tak hanya berfokus pada aspek kurikulum, Dr. Sutedi juga berharap agar Program Studi Sistem Informasi IIB Darmajaya dapat menjadi yang terdepan dalam hal pendidikan di bidang ini.

“Kami berharap melalui informasi yang kami dapatkan dari FGD ini, kami dapat mengubah prodi Sistem Informasi kami menjadi yang terbaik dalam hal kualitas kurikulum serta kualitas lulusan. Masa depan yang lebih cerah menanti kami,” tambahnya optimis.

FGD ini memberikan ruang bagi para pemangku kepentingan untuk berkolaborasi dan saling bertukar pandangan, menciptakan langkah-langkah nyata menuju pendidikan yang lebih adaptif, inovatif, dan berkualitas tinggi.

Kampus IIB Darmajaya tetap berkomitmen untuk terus berinovasi demi menghadirkan lulusan yang mampu berkontribusi positif dalam masyarakat dan dunia industri.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *