BERITA

Kejutan di TPS 6 Rajabasa Jaya Bandar Lampung: Pemilih Tak Terdaftar Picu Pemungutan Suara Ulang!

141
×

Kejutan di TPS 6 Rajabasa Jaya Bandar Lampung: Pemilih Tak Terdaftar Picu Pemungutan Suara Ulang!

Sebarkan artikel ini
Satu Orang Tak Terdaftar Pemilih Ikut Nyoblos, TPS 6 Rajabasa Jaya Bandar Lampung Bakal Pemungutan Suara Ulang
Satu Orang Tak Terdaftar Pemilih Ikut Nyoblos, TPS 6 Rajabasa Jaya Bandar Lampung Bakal Pemungutan Suara Ulang

Media90 (media.gatsu90rentcar.com) – Pada Sabtu (24/2/2024), Tempat Pemungutan Suara (TPS) 6 Rajabasa Jaya, Kecamatan Rajabasa, Bandar Lampung, dijadwalkan akan melaksanakan pemungutan suara ulang (PSU).

Keputusan ini diambil setelah satu pemilih terdeteksi menggunakan hak pilihnya pada Rabu (14/2/2024) namun tidak terdaftar dalam daftar pemilih.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bandar Lampung, Dedy Triyadi, menjelaskan bahwa PSU di TPS 6 Rajabasa Jaya diadakan karena ketidaksesuaian data pemilih pada hari pencoblosan sebelumnya.

“Orang tersebut diketahui tidak terdaftar baik di dalam daftar pemilih tetap (DPT), daftar pemilih tambahan (DPTb), maupun daftar pemilih khusus (DPK),” kata Dedy Triadi pada Rabu (21/2/2024).

Persiapan untuk PSU tersebut telah dimulai. Dedy menyebut bahwa perlengkapan pemungutan suara sedang disiapkan untuk memastikan kelancaran proses tersebut.

“Saat ini, kami sedang mempersiapkan perlengkapan pemungutan suara untuk PSU di TPS 6 Rajabasa Jaya,” ujarnya.

PSU di TPS 6 Rajabasa Jaya akan mencakup lima surat suara, termasuk Pemilu Presiden/Wakil Presiden, DPD RI, DPR RI, DPRD Provinsi Lampung, dan DPRD kabupaten/kota.

Namun, saat ini, surat suara untuk DPD RI, DPR RI, dan DPRD Provinsi Lampung belum tersedia di KPU Bandar Lampung.

Dedy mengungkapkan bahwa surat suara tersebut akan dipesan dari percetakan melalui KPU Provinsi Lampung, bersama dengan perlengkapan lainnya.

Selain mempersiapkan surat suara, KPU Bandar Lampung juga tengah memilih ulang Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) yang akan bertugas di TPS 6.

KPPS baru akan dipilih, dengan komposisi anggota yang mungkin dari warga sekitar atau dari KPPS sebelumnya yang telah berpengalaman.

Sebelumnya, KPU Bandar Lampung juga telah menggelar PSU di beberapa tempat lain, termasuk di TPS 19 Way Kandis Tanjung Senang dan TPS 31 Kedaton.

PSU di TPS 19 Way Kandis Tanjung Senang diadakan karena ratusan suara tercoblos sebelum pelaksanaan pemilihan, sementara PSU di TPS 31 Kedaton diselenggarakan karena adanya pemilih dari luar yang ikut mencoblos.

Dengan segala persiapan yang dilakukan, diharapkan PSU di TPS 6 Rajabasa Jaya nantinya dapat berlangsung dengan lancar dan transparan, serta memastikan setiap suara warga tercatat dengan benar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *