BERITA

Pembaharuan Kabinet: AHY Dilantik Sebagai Menteri ATR BPN, Hadi Tjahjanto Terpilih Sebagai Menko Polhukam oleh Presiden Jokowi

153
×

Pembaharuan Kabinet: AHY Dilantik Sebagai Menteri ATR BPN, Hadi Tjahjanto Terpilih Sebagai Menko Polhukam oleh Presiden Jokowi

Sebarkan artikel ini
Reshuffle Kabinet, Presiden Jokowi Lantik AHY Jadi Menteri ATR BPN, Hadi Tjahjanto Menko Polhukam
Reshuffle Kabinet, Presiden Jokowi Lantik AHY Jadi Menteri ATR BPN, Hadi Tjahjanto Menko Polhukam

Media90 (media.gatsu90rentcar.com) – Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) melakukan reshuffle kabinet dengan melantik dua menteri baru di Istana Negara, Jakarta, pada Selasa (21/2/2024).

Dalam reshuffle tersebut, salah satu yang dilantik adalah Hadi Tjahjanto yang kini menjabat sebagai Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam).

Perlu dicatat bahwa sebelumnya posisi Menko Polhukam diisi oleh Mahfud MD, yang mengundurkan diri untuk maju sebagai calon Wakil Presiden RI mendampingi Ganjar Pranowo dalam Pilpres 2024.

Sementara itu, satu lagi menteri yang dilantik adalah Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), yang kini menjabat sebagai Menteri Agraria Tata Ruang atau Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN).

AHY mengambil alih posisi yang sebelumnya diisi oleh Hadi Tjahjanto, yang kini naik pangkat sebagai Menko Polhukam.

Keduanya dilantik secara bersamaan di Istana Negara dengan prosesi dimulai dengan penghormatan lagu Indonesia Raya.

Proses pelantikan kemudian dipimpin oleh Deputi Bidang Administrasi Aparatur Kementerian Sekretariat Negara, Nanik Purwanti, yang membacakan Keppres Nomor 34B Tahun 2024 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Menteri Negara Kabinet Indonesia Maju periode 2019-2024.

Nanik Purwanti menyampaikan, “Presiden RI memutuskan untuk mengangkat Saudara Hadi Tjahjanto sebagai Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum, dan Keamanan, serta Saudara Agus Harimurti Yudhoyono sebagai Menteri ATR/Kepala Badan Pertanahan Nasional untuk sisa masa jabatan periode tahun 2019-2024.”

Kemudian dilanjutkan dengan pembacaan sumpah jabatan oleh kedua menteri yang baru dilantik.

“Demi Allah saya bersumpah bahwa saya akan setia kepada Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945, serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi darma bakti saya kepada bangsa dan negara,” ujar Hadi dan AHY secara bersamaan.

Sebagai informasi tambahan, sebelumnya Hadi Tjahjanto menjabat sebagai Menteri ATR/BPN. Dengan dilantiknya Hadi sebagai Menko Polhukam, Presiden Jokowi menunjuk AHY sebagai pengganti Hadi di Kementerian ATR/BPN.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *