BERITATIPS

Jaga Kesehatan dari Daging Kurban dengan 5 Tips Terbaik Ini!

175
×

Jaga Kesehatan dari Daging Kurban dengan 5 Tips Terbaik Ini!

Sebarkan artikel ini
Jaga Kesehatan dari Daging Kurban dengan 5 Tips Terbaik Ini!
Jaga Kesehatan dari Daging Kurban dengan 5 Tips Terbaik Ini!

Media90 (media.gatsu90rentcar.com) – Momen Hari Raya Iduladha seperti sekarang ini menjadi saat yang tepat bagi banyak masyarakat untuk menikmati daging kurban, terutama daging kambing yang menjadi masakan favorit.

Dari sate, tongseng, gule, sop, hingga tengkleng, berbagai olahan kambing tersebut memiliki cita rasa otentik yang dapat meningkatkan nafsu makan para pecinta daging kambing.

Namun, dalam pengolahan daging kambing, perlu diperhatikan beberapa hal agar terhindar dari penyakit seperti hipertensi dan kolesterol.

Terdapat lima tips yang dapat diterapkan untuk mengolah daging kambing secara sehat, yaitu sebagai berikut:

Pilih Bagian Daging Rendah Lemak

Setiap bagian daging kambing memiliki kandungan lemak yang berbeda.

Oleh karena itu, disarankan untuk memilih bagian daging yang memiliki kadar lemak relatif rendah, seperti paha, has luar, dan has dalam.

Jika terdapat bagian daging yang mengandung banyak lemak, sebaiknya membuangnya terlebih dahulu sebelum mengolahnya.

Hal ini penting agar kandungan lemak dalam masakan tidak bertambah, terutama jika daging kambing dijadikan dalam bentuk gule dan tongseng yang menggunakan santan sebagai bumbu utama.

Pilihlah Daging yang Segar

Pastikan menggunakan daging yang segar untuk memasak, karena daging yang segar memiliki tekstur kenyal, gurih, dan tidak menimbulkan bau yang tidak sedap.

Batasi Pengolahan dengan Cara Digoreng

Menggoreng daging kambing dengan minyak banyak dan suhu yang tinggi dapat menghasilkan lemak trans yang berbahaya bagi kesehatan.

Selain itu, penggorengan daging kambing juga berpotensi menghasilkan senyawa karsinogenik yang dapat menjadi pemicu kanker.

Oleh karena itu, disarankan untuk memilih metode pengolahan daging yang lebih sehat, seperti dipanggang atau direbus, tanpa menggunakan minyak terlalu banyak.

Batasi Penggunaan Garam

Ketika mengolah daging kambing menjadi gule atau tongseng, perhatikan pula jumlah garam yang digunakan.

Penggunaan garam yang berlebihan dapat meningkatkan risiko hipertensi atau tekanan darah tinggi.

Cara terbaik adalah mematikan api kompor terlebih dahulu, lalu biarkan beberapa saat sebelum menambahkan garam secukupnya.

Menghindari penambahan garam saat api kompor masih menyala dapat mengurangi rasa asin yang membuat kita cenderung menambahkan garam dalam jumlah yang berlebihan.

Gunakan Minyak yang Lebih Sehat

Banyak orang yang sering menggunakan minyak sawit dalam pengolahan masakan, termasuk daging kambing.

Namun, minyak sawit memiliki kadar lemak jenuh yang tinggi, terutama jika digunakan sebagai tambahan santan dalam masakan.

Disarankan untuk mengganti jenis minyak yang digunakan dengan minyak kelapa, minyak kanola, atau minyak zaitun yang terbukti lebih sehat dan rendah lemak jenuh dibandingkan minyak sawit.

Dengan menerapkan lima tips di atas, kita dapat mengolah daging kambing dengan lebih sehat dan mengurangi risiko terkena penyakit yang berkaitan dengan penggunaan garam berlebihan atau lemak jenuh.

Selamat menikmati masakan kambing favorit Anda dengan cara yang lebih sehat dan terhindar dari penyakit!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *