BERITA

Hibah Alat Mesin Pertanian dari Pemkot Metro Menguatkan 18 Kelompok Tani

192
×

Hibah Alat Mesin Pertanian dari Pemkot Metro Menguatkan 18 Kelompok Tani

Sebarkan artikel ini
Pemkot Metro Hibahkan Alat Mesin Pertanian ke 18 Kelompok Tani
Pemkot Metro Hibahkan Alat Mesin Pertanian ke 18 Kelompok Tani

Media90 (media.gatsu90rentcar.com) – Pemerintah Kota (Pemkot) Metro memberikan dukungan nyata kepada para petani di wilayahnya dengan memberikan bantuan hibah berupa alat dan mesin pertanian (Alsintan) kepada 18 kelompok tani (Poktan).

Penyerahan Alsintan ini dilakukan dalam acara yang berlangsung meriah di Halaman Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian, dan Perikanan (DKP3) Metro, pada Jumat (4/8/2023).

Acara tersebut juga dirangkaikan dengan pelepasan peserta jalan sehat tani agro ceria sebagai bagian dari rangkaian peringatan HUT RI ke-78.

Wali Kota Metro, Wahdi, dalam sambutannya berharap agar bantuan Alsintan ini dapat memberikan manfaat yang optimal bagi para anggota kelompok tani yang menerimanya.

Wahdi menekankan pentingnya memaksimalkan penggunaan alat dan mesin pertanian ini untuk mendukung pertanian di wilayah Metro.

“Semoga bantuan ini bermanfaat dan maksimalkan pemakaiannya untuk menyokong pertanian Metro,” kata Wahdi dengan penuh semangat.

Kepala DKP3 Metro, Heri Wiratno, turut menjelaskan mengenai jenis Alsintan yang diberikan kepada masing-masing kelompok tani.

Total ada 18 Poktan yang menerima hibah Alsintan, yang terdiri dari lima kelompok tani penerima chopper, sembilan kelompok tani penerima hand sprayer, dan empat kelompok tani penerima pompa hisap untuk kolam.

Alat pemotong rumput atau chopper, alat semprot atau hand sprayer, serta pompa hisap merupakan dukungan konkret bagi kegiatan pertanian para petani di Metro.

Dukungan berupa Alsintan ini diberikan oleh Pemkot Metro sebagai bentuk stimulus khusus untuk petani yang fokus pada sektor hortikultura.

Melalui bantuan ini, diharapkan produktivitas dan efisiensi pertanian dapat meningkat, sehingga berdampak positif pada kesejahteraan para petani dan ketahanan pangan kota Metro secara keseluruhan.

Pemkot Metro memiliki komitmen yang kuat dalam mendukung para petani di wilayahnya. Rutin setiap tahunnya, Pemkot Metro memberikan bantuan Alsintan kepada kelompok tani di seluruh kecamatan.

Hal ini menunjukkan perhatian serius Pemerintah Kota terhadap sektor pertanian dan upaya untuk memajukan pertanian sebagai salah satu pilar utama ekonomi di Metro.

Dalam acara penyerahan Alsintan ini, terlihat semangat dan kebahagiaan dari para petani yang menerima bantuan.

Mereka berkomitmen untuk mengoptimalkan penggunaan Alsintan tersebut demi meningkatkan hasil pertanian dan kesejahteraan mereka sendiri.

Selain memberikan bantuan Alsintan, Pemkot Metro juga terus berupaya meningkatkan infrastruktur pertanian, pelatihan-pelatihan bagi petani, dan menggalakkan inovasi dalam sektor pertanian.

Semua upaya ini bertujuan untuk memastikan pertanian Metro tetap berada pada jalur yang berkelanjutan dan dapat memberikan kontribusi positif bagi kemajuan kota dan kesejahteraan masyarakat petani.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *