BERITA

Generasi Muda Diminta Menyambut Haul ke-167 Pahlawan Nasional Radin Inten II oleh Bupati Lampung Selatan: Warisan Kepahlawanan yang Menginspirasi

46
×

Generasi Muda Diminta Menyambut Haul ke-167 Pahlawan Nasional Radin Inten II oleh Bupati Lampung Selatan: Warisan Kepahlawanan yang Menginspirasi

Sebarkan artikel ini
Haul ke-167 Pahlawan Nasional Radin Inten II, Bupati Lampung Selatan Ajak Generasi Muda Warisi Kepahlawanannya
Haul ke-167 Pahlawan Nasional Radin Inten II, Bupati Lampung Selatan Ajak Generasi Muda Warisi Kepahlawanannya

Media90 (media.gatsu90rentcar.com) – Pada Senin, 20 November 2022, Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan menggelar haul Pahlawan Nasional Radin Inten II ke-167.

Acara ini berlangsung di GOR Way Handak Kabupaten Lampung Selatan, dihadiri oleh sejumlah tokoh dan masyarakat, termasuk Bupati Lampung Selatan H. Nanang Ermanto, Wakil Bupati Lampung Selatan Pandu Kesuma Dewangsa, serta jajaran Forkompinda Kabupaten Lampung Selatan.

Haul ini mengambil tema “Dengan semangat gotong-royong dan kebersamaan, mari lestarikan tradisi dan budaya daerah di era moderenisasi saat ini.”

Tema ini mencerminkan semangat untuk mempertahankan nilai-nilai tradisional dalam menghadapi perkembangan zaman.

Ahli waris dari keluarga Radin Inten II, Budiman Yakub atau yang dikenal sebagai Raden Kesuma Yudha, turut hadir dalam acara tersebut.

Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Lampung Selatan, Hj. Winarni Nanang Ermanto, dan Ketua Dewan Wanita Persatuan Yani Thamrin juga ikut menyemarakkan acara.

Dalam laporannya, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Lampung Selatan, M. Darmawan, menjelaskan bahwa tujuan dari haul ini adalah untuk memupuk rasa cinta Tanah Air, meningkatkan persatuan, kesatuan, dan solidaritas antar masyarakat Lampung, khususnya masyarakat Lampung Selatan.

“Diharapkan masyarakat lebih mencintai dan menghargai jasa para pahlawannya, serta sebagai salah satu upaya melestarikan seni budaya di Lampung Selatan,” tambah Darmawan.

Bupati Lampung Selatan, H. Nanang Ermanto, dalam sambutannya menekankan pentingnya mewariskan jiwa kepahlawanan Radin Inten II kepada generasi saat ini, terutama dalam menghadapi tantangan di era globalisasi.

“Mudah-mudahan suri tauladan pahlawan pejuang bangsa, kita akan meniru dan meneruskan yang harus kita lakukan untuk bangsa dan negara,” ujarnya.

H. Nanang Ermanto juga menyampaikan terima kasih kepada seluruh jajaran mulai dari tingkat desa hingga Kabupaten serta Forkompinda dan pelaku usaha yang turut berperan dalam mensukseskan Ulang Tahun Kabupaten Lampung Selatan ke-67.

“Mudah-mudahan dengan kebersamaan, gotong-royong, persatuan, dan kesatuan, Lampung Selatan akan terus maju dan selalu terdepan dalam kepentingan rakyat dan masyarakat Kabupaten Lampung Selatan,” ungkapnya.

Ahli waris Radin Inten II, Budiman Yakub, menyampaikan rasa terima kasihnya kepada Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan atas inisiatif membuat kalender tahunan berupa haul Pahlawan Nasional Radin Inten II.

“Mudah mudahan kegiatan ini dapat dikembangkan di tahun 2024, karena kegiatan haul ini merupakan haul pengikat yang menjadikan kuat untuk Kabupaten Lampung Selatan,” ujar Budiman Yakub.

Selain upacara haul, dalam rangkaian acara ini juga diselenggarakan lomba mewarnai dan melukis tingkat TK/Paud, Sekolah Dasar (SD), serta Sekolah Menengah Tingkat Pertama (SMP) yang diprakarsai oleh Dinas Pendidikan Kabupaten Lampung Selatan.

Semua kegiatan tersebut bertujuan untuk memperkuat nilai-nilai lokal dan melestarikan warisan budaya di tengah pesatnya perkembangan zaman.