BERITA

Optimalkan Sinergi Relawan Sosial: Pemkab Lampung Selatan Fokuskan Peran Relawan PKH dalam Temu Pendampingan

32
×

Optimalkan Sinergi Relawan Sosial: Pemkab Lampung Selatan Fokuskan Peran Relawan PKH dalam Temu Pendampingan

Sebarkan artikel ini
Temu Pendamping Relawan Sosial, Pemkab Lampung Selatan Tekankan ini ke Relawan Terkait PKH
Temu Pendamping Relawan Sosial, Pemkab Lampung Selatan Tekankan ini ke Relawan Terkait PKH

Media90 (media.gatsu90rentcar.com) – Pada Selasa, 12 Desember 2023, Bupati Lampung Selatan, Nanang Ermanto, turut serta dalam pertemuan dan pendampingan relawan sosial se-Lampung Selatan di Aula Sebuku Rumah Dinas Bupati.

Acara tersebut dihadiri oleh berbagai pejabat tinggi, termasuk Staf Ahli Bupati Bidang Keuangan Achmad Hery, Staf Ahli Pemerintahan Hukum dan Politik Yanny Munawarty, Asisten Administrasi Umum Badruzzaman, Kepala Perangkat Daerah, para Camat, dan jajaran terkait lainnya.

Kepala Dinas Sosial Lampung Selatan, Puji Sukanto, menjelaskan bahwa program Keluarga Harapan (PKH) dijalankan untuk mempercepat penanggulangan kemiskinan dan mengembangkan kebijakan perlindungan sosial pemerintah.

Dalam keterangannya, Puji Sukanto menegaskan bahwa PKH menjadi strategi penting dalam menanggulangi kemiskinan dengan fokus pada peningkatan sumber daya masyarakat, seperti pendidikan, kesehatan, dan gizi.

Menurut Peraturan Menteri Sosial RI Nomor 10 Tahun 2017, PKH memiliki empat tujuan, termasuk peningkatan taraf hidup keluarga penerima manfaat melalui akses pendidikan, kesehatan, dan kesejahteraan sosial.

Puji Sukanto menambahkan bahwa program ini juga bertujuan mengurangi beban pengeluaran dan meningkatkan pendapatan keluarga miskin serta menciptakan perubahan perilaku dan kemandirian.

Bupati Nanang Ermanto memberikan apresiasi tinggi terhadap acara tersebut, mengakui kesulitan yang dihadapi para relawan di lapangan.

Ia berharap para relawan dapat memberikan pendampingan maksimal dalam penyusunan rencana kerja bagi penerima PKH di wilayahnya.

Nanang juga mendorong para relawan untuk proaktif dalam melakukan sosialisasi kebijakan PKH, termasuk pemetaan dan fasilitasi kelompok penerima manfaat.

Selain itu, Bupati mengajak pendamping sosial dan relawan untuk membangun koordinasi yang baik antar instansi penyelenggara PKH.

Dalam konteks ini, Nanang berharap mereka dapat bersama-sama mencari solusi bagi masalah yang dihadapi, sepakat pada tindak lanjut yang harus dilakukan, dan terus memperkuat kerjasama di lapangan.

Sinergi antarinstansi diharapkan dapat memberikan dampak positif yang lebih besar bagi keluarga penerima manfaat PKH di Lampung Selatan.