BERITA

7.276 Jemaah Asal Lampung Melangkah ke Tanah Suci Arab Saudi

61
×

7.276 Jemaah Asal Lampung Melangkah ke Tanah Suci Arab Saudi

Sebarkan artikel ini
7.276 Jemaah Lampung Sudah Diberangkatkan ke Arab Saudi
7.276 Jemaah Lampung Sudah Diberangkatkan ke Arab Saudi

Media90 – Sebanyak 7.276 calon jemaah haji (JCH) tahun 2024 dari Lampung telah tiba di Arab Saudi, baik menuju Madinah maupun Mekah.

Mereka terbagi dalam 19 kloter dengan jadwal pemberangkatan mulai dari 11 Mei hingga hari ini, Sabtu, 8 Juni 2024.

Kepala Kanwil Kementerian Agama (Kemenag) Lampung, Puji Raharjo, menyatakan bahwa jemaah tersebut terbagi dalam 19 kloter.

Kloter pertama berangkat dari Bandar Lampung dengan kloter 3 JKG, sedangkan kloter terakhir adalah kloter 62 JKG yang terdiri dari jemaah asal Bandar Lampung, Pesawaran, dan Pesisir Barat.

“Pada gelombang pertama ada 10 kloter dan 9 kloter di gelombang kedua,” kata Puji, Sabtu, 8 Juni 2024.

Puji juga menyebutkan bahwa dalam penyelenggaraan ibadah haji tahun ini, terdapat 25 orang yang mengalami penundaan keberangkatan.

Tiga di antaranya meninggal dunia sebelum masuk Asrama Haji, sedangkan lima orang lainnya karena sakit.

“Ia menyebut jemaah yang tertunda meninggal akan diganti keluarga atau pelimpahan dan yang batal berangkat karena sakit atau alasan lain berangkat di tahun berikutnya. Yang batal itu ganti dengan JCH dari Provinsi Banten,” jelasnya.

Puji menambahkan bahwa saat ini kondisi jemaah sudah berada di Mekah dan menuju puncak Arafah, Muzdalifah, dan Mina (Armuzna).

Oleh karena itu, para JCH diimbau untuk tidak terlalu banyak beraktivitas di luar hotel, mengingat padatnya kegiatan di sekitar tempat-tempat suci tersebut serta untuk mematuhi instruksi pemerintah terkait dengan instruksi murur dan tanazul di Mina.

Jaga Kesehatan

Sementara itu, Asisten I bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Pemerintah Provinsi Lampung, Qodratul Ikhwan, meminta seluruh jemaah untuk menjaga kesehatan selama ibadah haji berlangsung.

Ia menekankan bahwa ibadah haji memerlukan kesiapan fisik yang prima dan mengimbau agar para JCH memperbanyak asupan gizi yang cukup baik dari makanan dan minuman.

“Kita mendoakan agar semua jemaah haji lancar dalam melaksanakan ibadah di Mekah dan Madinah,” pungkasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *