TEKNOTIPS

Selamatkan iPhone dari Masalah ‘Layar Hitam Kematian’ dengan 3 Langkah Penting Ini!

49
×

Selamatkan iPhone dari Masalah ‘Layar Hitam Kematian’ dengan 3 Langkah Penting Ini!

Sebarkan artikel ini
3 Cara yang harus dilakukan jika iPhone kamu mengalami masalah “layar hitam kematian”
3 Cara yang harus dilakukan jika iPhone kamu mengalami masalah “layar hitam kematian”

Media90 – Pengguna iPhone mungkin pernah mengalami masalah yang menjengkelkan yang dikenal sebagai “The black screen of death” (layar hitam kematian).

Kondisi ini cukup umum terjadi pada pengguna iPhone di mana layar perangkat tiba-tiba menjadi hitam, meskipun ponsel sebenarnya masih berfungsi dan memberikan umpan balik seperti suara haptic.

Namun, seringkali mereka tidak tahu persis penyebabnya dan bagaimana cara memperbaikinya. Berikut adalah beberapa langkah yang dapat dicoba untuk mengatasi masalah ini:

1. Periksa Kecerahan Layar

Sebelum mulai dengan langkah-langkah pemecahan masalah, pastikan untuk memeriksa kecerahan layar iPhone.

Baca Juga:  10 Strategi Pintar saat Menempuh Perjalanan Jauh dengan Mobil Listrik! Ini Dia Rahasianya!

Kadang-kadang, kecerahan yang sangat rendah bisa membuat layar terlihat hitam, padahal sebenarnya perangkat masih berfungsi.

Jika kecerahan layar terlalu rendah, naikkan ke level yang lebih tinggi. Jika kamu berada di luar ruangan, coba pindah ke tempat yang teduh untuk melihat layar dengan lebih jelas.

2. Restart Paksa iPhone

Force restart seringkali dapat memperbaiki gangguan sementara atau masalah perangkat lunak yang mendasari. Cara melakukan force restart berbeda tergantung pada model iPhone:

  • iPhone 8 atau yang lebih baru: Tekan dan lepaskan tombol volume naik, lalu tombol volume turun. Kemudian tahan tombol daya sampai logo Apple muncul.
  • iPhone 7: Tekan dan tahan tombol daya dan volume turun secara bersamaan sampai logo Apple muncul.
  • iPhone 6s atau model sebelumnya: Tekan dan tahan tombol daya dan tombol Beranda secara bersamaan sampai logo Apple muncul.
Baca Juga:  Line Siap Meluncurkan Game Smartphone Taiko no Tatsujin Rhythm Connect

Lakukan restart paksa dan biarkan iPhone menyala kembali. Kadang-kadang perlu beberapa percobaan sebelum masalah teratasi.

3. Instal Pembaruan Perangkat Lunak secara Manual

Jika layar tetap hitam dan iPhone tidak merespons, coba langkah ini:

  • Sambungkan iPhone ke Mac menggunakan kabel.
  • Buka Finder dan pilih iPhone dari sisi kiri.
  • Di bawah menu “Umum”, klik “Periksa Pembaruan”. Jika ada pembaruan, pilih “Pembaruan” dan ikuti petunjuk untuk menginstalnya.

Pembaruan perangkat lunak dapat memperbaiki masalah perangkat lunak yang mendasari. Pastikan iPhone kamu memiliki daya yang cukup saat melakukan pembaruan.

4. Periksa Kerusakan Layar

Jika langkah-langkah sebelumnya tidak berhasil, ada kemungkinan kerusakan perangkat keras pada layar. Jika iPhone pernah jatuh atau terkena benturan keras, ini bisa menjadi penyebabnya.

Baca Juga:  TipTip dan East Ventures Berkolaborasi dengan Addie MS Twilite Orchestra untuk Menggelar Konser Lagu-lagu Video Games

Jika layar tetap tidak berfungsi setelah semua upaya, kemungkinan besar perlu dilakukan perbaikan fisik. Hubungi Dukungan Apple atau teknisi terpercaya untuk mendapatkan bantuan lebih lanjut.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, diharapkan masalah “layar hitam kematian” pada iPhone dapat diatasi. Pastikan untuk melakukan langkah-langkah dengan hati-hati, dan jika perlu, minta bantuan dari profesional.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *