TEKNOGADGET

Samsung Kabarnya Sedang Mengerjakan Serangkaian Sensor Kamera Super Tajam dengan Resolusi Luar Biasa 440MP!

202
×

Samsung Kabarnya Sedang Mengerjakan Serangkaian Sensor Kamera Super Tajam dengan Resolusi Luar Biasa 440MP!

Sebarkan artikel ini
Samsung dikabarkan sedang menggarap rangkaian sensor kamera beresolusi tinggi hingga 440MP
Samsung dikabarkan sedang menggarap rangkaian sensor kamera beresolusi tinggi hingga 440MP

Media90 (media.gatsu90rentcar.com) – Pasar smartphone terus menyaksikan pertarungan sengit dalam hal teknologi kamera, dengan fokus yang semakin besar pada jumlah megapiksel yang ditanamkan dalam sensor kamera.

Hampir setiap produsen smartphone kini berlomba-lomba menawarkan sensor kamera dengan resolusi tinggi untuk memberikan pengalaman fotografi yang lebih baik kepada konsumen.

Di tengah pertarungan ini, salah satu perusahaan yang muncul dengan penuh semangat adalah Samsung.

Perusahaan teknologi asal Korea Selatan ini telah dikenal sebagai pelopor dalam mengembangkan teknologi sensor kamera mutakhir.

Kabarnya, Samsung saat ini tengah berada di tengah-tengah pengembangan serangkaian sensor gambar yang tak kalah menakjubkan.

Bahkan, spekulasi beredar bahwa setidaknya satu dari sensor-sensor ini akan diintegrasikan ke dalam smartphone masa depan mereka.

Samsung telah membangun reputasi yang kuat dalam menghasilkan gambar berkualitas tinggi melalui kamera smartphone mereka.

Contohnya adalah kehadiran sensor kamera ISOCELL 200MP pada Galaxy S23 Ultra, sebuah terobosan yang mengguncang industri.

Kabarnya, sensor ini berpotensi tetap eksis di dalam Galaxy S24 Ultra.

Namun, tampaknya Samsung memiliki rencana yang lebih ambisius untuk jajaran smartphone masa depannya.

Revegnus (@Tech_Reve), seorang sumber yang dikenal sebagai pembocor rahasia teknologi, telah berbagi informasi menarik tentang rencana Samsung.

Menurut cuitannya di platform X, Samsung dikabarkan sedang mengembangkan rangkaian sensor kamera baru dengan jumlah megapiksel yang luar biasa tinggi.

Rencananya, produksi massal untuk rangkaian sensor ini akan dimulai pada paruh kedua tahun 2024, yang berarti kita mungkin akan melihat kamera-kamera dengan teknologi canggih ini memasuki pasar pada tahun 2025.

Sensor kamera CMOS ISOCELL adalah produk unggulan Samsung yang dapat digunakan oleh perusahaan lain dalam pembuatan ponsel, komputer, dan kamera digital mereka.

Dalam upaya inovasinya, Samsung dikabarkan tengah mengembangkan empat sensor kamera yang berbeda.

Rincian mengenai sensor-sensor ini meliputi sensor HU1 440MP, sensor 320MP (nama belum diumumkan), sensor HP7 200MP dengan ukuran piksel hanya 0,7 mikron, dan sensor ISOCELL GN6 50MP dengan ukuran piksel 1,6 mikron.

Meskipun awalnya sensor HP7 200MP direncanakan untuk digunakan pada Galaxy S25 Ultra, rencana ini terpaksa dibatalkan karena biaya produksi yang tinggi.

Meski terdapat keraguan mengenai kemungkinan Samsung mengintegrasikan sensor-sensor baru ini ke dalam smartphone mereka, perusahaan ini sebelumnya telah mengumumkan niatnya untuk mengembangkan sensor kamera dengan resolusi mencapai 576MP, setara dengan mata manusia, pada tahun 2025.

Dengan demikian, sensor kamera 440MP yang tengah dirumorkan dapat menjadi langkah pertama menuju pencapaian ambisius tersebut.

Tentang sensor kamera 320MP, sumber informasi ini mengindikasikan bahwa sensor tersebut berpotensi untuk diterapkan dalam Galaxy S26 Ultra.

Meskipun begitu, masih terlalu dini untuk mengkonfirmasi apakah hal ini akan terwujud.

Sedangkan untuk sensor kamera 50MP GN6, sensor ini berpotensi menjadi langkah penting bagi Samsung untuk menciptakan sensor kamera berukuran satu inci dengan ukuran piksel yang sebanding dengan sensor IMX989 milik Sony yang telah terkenal.

Sensor GN6 telah digunakan oleh beberapa produsen smartphone asal China, termasuk Oppo pada model Find X6 Pro, Xiaomi pada Xiaomi 13 Pro, dan Vivo pada Vivo X90 Pro Plus.

Meskipun sumber ini mengklaim bahwa sensor GN6 mungkin tidak akan digunakan oleh Samsung, sensor ini diprediksi akan mendapatkan tempat di berbagai ponsel buatan Cina.

Jika Samsung memang berhasil mengembangkan sensor berukuran satu inci ini, hal ini akan memberikan lebih banyak opsi bagi produsen smartphone dalam memilih komponen kamera untuk produk mereka.

Tentu saja, semua ini masih dalam tahap spekulasi dan perkiraan.

Namun, melihat inovasi Samsung dalam pengembangan sensor kamera sejauh ini, sangat menarik untuk mengikuti perkembangan selanjutnya.

Dengan potensi sensor kamera dengan megapiksel super tinggi ini, kita mungkin akan melihat evolusi baru dalam dunia fotografi smartphone yang akan membawa pengalaman pengguna ke level yang lebih tinggi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *