TEKNO

Revolusi Media: TikTok, Sumber Berita Terpopuler di Kalangan Remaja

138
×

Revolusi Media: TikTok, Sumber Berita Terpopuler di Kalangan Remaja

Sebarkan artikel ini
Revolusi Media TikTok, Sumber Berita Terpopuler di Kalangan Remaja
Revolusi Media TikTok, Sumber Berita Terpopuler di Kalangan Remaja

Media90 (media.gatsu90rentcar.com) – Penelitian terbaru yang dilakukan oleh Ofcom, lembaga yang mengatur telekomunikasi di Inggris, telah mengungkapkan fakta menarik bahwa TikTok kini menjadi sumber berita paling popular bagi remaja di Inggris.

Aplikasi berbagi video ini telah menarik perhatian 28% dari remaja berusia 12 hingga 15 tahun, mengalahkan platform lain seperti YouTube dan Instagram yang masing-masing hanya digunakan oleh 25% dari kelompok usia tersebut untuk mencari tahu tentang isu-isu terkini.

Perubahan Tren Konsumsi Berita

Perkembangan teknologi dan internet telah mengubah cara masyarakat umum, termasuk remaja, mengakses berita.

Semakin banyak orang dewasa di Inggris yang beralih ke sumber online untuk mendapatkan informasi, dengan sekitar 68% dari mereka menggunakan internet sebagai sumber berita, sementara hanya 26% yang masih mengandalkan koran fisik.

TV tetap menjadi platform yang paling populer, digunakan oleh 70% orang dewasa untuk mencari tahu tentang peristiwa terkini.

TikTok sebagai Platform untuk Berita Serius

Meskipun awalnya TikTok lebih dikenal sebagai platform untuk konten yang lebih ringan dan hiburan, peneliti senior di Reuters Institute for the Study of Journalism, Nic Newman, menyoroti perubahan persepsi ini.

Pandemi COVID-19 membawa peristiwa serius ke TikTok, di mana orang-orang berbicara tentang isu-isu kritis, mengubah citra TikTok sebagai sumber berita yang relevan.

Berita serius kini juga mendapatkan tempat di antara berita selebriti dan topik-topik ringan di kalangan remaja.

Popularitas TikTok Global

Selain di Inggris, TikTok juga semakin populer sebagai sumber berita di kalangan anak muda di seluruh dunia, termasuk di Indonesia.

Facebook, sementara itu, menunjukkan penurunan dalam penggunaannya sebagai sumber berita dan hanya menjangkau 30% orang dewasa pada tahun terakhir, turun dari 35% pada tahun sebelumnya.

Sebaliknya, TikTok telah mengalami peningkatan signifikan dan kini digunakan oleh 10% orang dewasa untuk mencari berita.

Kurangnya Minat dalam Berita

Meskipun TikTok mendominasi sebagai sumber berita populer, ada sebagian remaja yang tetap tidak tertarik dengan berita.

Sekitar 45% anak berusia 12 hingga 15 tahun mengatakan bahwa mereka tidak tertarik dengan berita, dengan alasan beberapa di antaranya merasa terlalu membosankan (16%) atau menjengkelkan (11%).

Penelitian, TikTok kini menjadi sumber berita paling popular di kalangan remaja
Penelitian, TikTok kini menjadi sumber berita paling popular di kalangan remaja

Minat Berita Berdasarkan Topik

Penelitian Ofcom juga mengungkapkan preferensi topik berita di kalangan remaja. Olahraga dan tokoh olahraga menjadi topik paling menarik bagi 23% dari mereka yang berusia 12 hingga 15 tahun, diikuti oleh berita musik atau penyanyi (15%) dan berita selebriti atau orang terkenal (11%).

Sumber Berita Utama untuk Anak Muda

Platform media sosial juga menjadi salah satu sumber utama berita bagi anak muda berusia 16 hingga 24 tahun.

Instagram menjadi sumber berita tunggal yang paling populer, digunakan oleh 44% dari kelompok usia ini untuk mencari tahu informasi terkini.

TikTok juga memiliki popularitas yang signifikan di kalangan anak muda, dengan 29% dari kelompok usia ini menggunakan platform tersebut untuk tujuan serupa.

Kesimpulan

Penelitian ini menunjukkan pergeseran tren dalam konsumsi berita di kalangan remaja Inggris dan global.

TikTok, awalnya dikenal sebagai platform hiburan, telah menjadi salah satu sumber berita paling popular bagi remaja, membawa peristiwa serius dan isu-isu penting ke perhatian mereka.

Meskipun masih ada sebagian remaja yang tidak tertarik dengan berita, minat dalam topik tertentu seperti olahraga, musik, dan selebriti tetap kuat.

Sementara itu, platform media sosial, terutama Instagram dan TikTok, memainkan peran penting dalam mempengaruhi cara anak muda mengakses berita di era digital ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *