TEKNO

Phi-3 Mini: Microsoft Luncurkan Model AI Lebih Kecil, Menantang GPT-3.5 untuk Penggunaan Smartphone

88
×

Phi-3 Mini: Microsoft Luncurkan Model AI Lebih Kecil, Menantang GPT-3.5 untuk Penggunaan Smartphone

Sebarkan artikel ini
Microsoft perkenalkan Phi-3 Mini, model AI lebih kecil penantang GPT-3.5 yang cocok untuk smartphone
Microsoft perkenalkan Phi-3 Mini, model AI lebih kecil penantang GPT-3.5 yang cocok untuk smartphone

Media90 (media.gatsu90rentcar.com) – Saat ini, persaingan di dunia teknologi semakin memanas dalam pembangunan model kecerdasan buatan (AI) yang lebih besar dan lebih canggih.

Namun, Microsoft telah memilih untuk melihat peluang di pasar model yang lebih kecil dan ringan.

Baru-baru ini, mereka memperkenalkan Phi-3 Mini, langkah awal dalam serangkaian model kecil yang direncanakan akan diluncurkan dalam beberapa bulan mendatang.

Phi-3 Mini dilatih dengan 3,8 miliar parameter, yang merupakan jumlah variabel yang digunakan untuk menghasilkan kinerja yang lebih baik dalam model AI.

Ini adalah model terkecil dari tiga yang akan dirilis oleh Microsoft, dengan model berikutnya dijadwalkan untuk dilatih pada 7 miliar dan 14 miliar parameter.

Dalam perspektif, model terbaru dari OpenAI, GPT-4 Turbo, dilatih pada lebih dari 1 triliun parameter.

Sementara Meta mengklaim bahwa model Llama 3 mereka, yang akan diluncurkan tahun ini, akan dilatih pada 700 miliar parameter.

Semakin banyak parameter yang dilatih, semakin besar kemampuan model untuk memberikan hasil yang diinginkan, meskipun ini juga meningkatkan biaya dan konsumsi daya.

Namun, ukuran bukanlah segalanya. Model yang lebih kecil seperti Phi-3 Mini yang dikembangkan oleh Microsoft memiliki keunggulan dalam aplikasi di perangkat seluler dan perangkat bertenaga rendah lainnya.

Kemampuan untuk menggunakan AI dengan efisien pada perangkat yang memiliki batasan daya chipset dan baterai adalah nilai tambah yang signifikan.

Meskipun lebih kecil dari model-model pesaingnya, Microsoft mengklaim bahwa kinerja Phi-3 Mini tetap optimal.

Dalam wawancara dengan The Verge, Microsoft menyatakan bahwa Phi-3 Mini menawarkan kinerja yang setara dengan model-model yang dilatih pada parameter lebih dari 10 kali lipat dari yang digunakan oleh Microsoft.

Meskipun tidak sekuat GPT-4 atau GPT-4 Turbo, Phi-3 Mini memiliki kemampuan yang setara dengan GPT-3.5.

Microsoft juga mendedikasikan upaya untuk melatih Phi-3 Mini dengan kurikulum yang mencakup buku anak-anak.

Mereka bahkan menggunakan model yang lebih besar untuk menghasilkan buku anak-anak secara otomatis, sehingga memperluas materi yang tersedia untuk dunia pendidikan.

Phi-3 Mini tersedia secara gratis di platform cloud Azure Microsoft, situs kolaborasi model Hugging Face, dan layanan model AI Ollama.

Dengan memperkenalkan Phi-3 Mini, Microsoft tidak hanya menunjukkan komitmennya untuk mengembangkan AI yang lebih adaptif, tetapi juga untuk membuat teknologi tersebut lebih dapat diakses oleh berbagai perangkat dan pengguna.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *