TEKNO

Perlindungan Terbaru Android: Strategi Efektif Melawan Phishing dan Malware

125
×

Perlindungan Terbaru Android: Strategi Efektif Melawan Phishing dan Malware

Sebarkan artikel ini
Ini fitur baru Android yang dapat menyelamatkan kamu dari phishing dan malware, begini caranya
Ini fitur baru Android yang dapat menyelamatkan kamu dari phishing dan malware, begini caranya

Media90 (media.gatsu90rentcar.com) – Google telah memperkenalkan fitur baru yang disebut Safe Browsing untuk perangkat Android, sebuah langkah berani untuk meningkatkan keamanan pengguna dalam menghadapi ancaman phishing dan malware.

Fitur ini dirancang untuk memberi peringatan tentang tautan dan situs web berbahaya yang mungkin terdapat dalam aplikasi yang didukung.

Namun, saat ini, fitur ini baru tersedia di beberapa ponsel Android, dengan harapan akan segera mencakup lebih banyak perangkat.

Salah satu keuntungan utama dari Safe Browsing adalah kemampuannya untuk memberi peringatan kepada pengguna jika mereka mengetuk tautan di dalam aplikasi berita tepercaya yang mengarah ke situs phishing yang dikenal.

Dengan adanya peringatan ini, pengguna memiliki kesempatan untuk memutuskan apakah mereka akan melanjutkan membuka tautan tersebut atau tidak.

Selain itu, fitur ini juga menawarkan “perlindungan ancaman langsung” yang diharapkan dapat memberikan deteksi ancaman yang lebih akurat.

Meskipun belum jelas apakah fitur ini diaktifkan secara default atau perlu diaktifkan oleh pengguna secara manual, namun potensi manfaatnya cukup signifikan.

Meskipun belum ada kejelasan mengenai aplikasi pihak ketiga mana yang akan mendukung fitur baru ini, namun ada dugaan bahwa daftar aplikasi tersebut kemungkinan mencakup yang menggunakan SafetyNet Safe Browsing API.

Ini menunjukkan adanya kerja sama yang mungkin terjadi antara Google dan pengembang aplikasi untuk meningkatkan keamanan pengguna.

Fitur Safe Browsing juga dapat membantu pengguna dalam menghemat baterai dan membatasi penggunaan bandwidth, serta mencegah aplikasi dan situs web jahat untuk melakukan tindakan merugikan pada perangkat pengguna.

Ini menegaskan komitmen Google untuk memberikan pengalaman pengguna yang lebih aman dan nyaman.

Bagi pengguna yang ingin mendapatkan fitur Safe Browsing, mereka tidak perlu mengunduh aplikasi tambahan, karena fitur ini tersedia melalui Layanan Google Play dan akan disertakan dalam pembaruan rutin melalui Google Play Store.

Meskipun saat ini pembaruan ini baru terlihat berjalan di perangkat Pixel dan Samsung, diharapkan akan segera tersedia untuk semua perangkat Android yang didukung.

Meskipun informasi lebih lanjut tentang pembaruan ini masih ditunggu, pengguna yang telah menerimanya dapat menemukan fitur Safe Browsing di bawah Pengaturan > Keamanan & privasi > Keamanan & privasi lainnya untuk perangkat Pixel, dan di bawah Pengaturan > Keamanan & Privasi untuk perangkat Samsung Galaxy.

Google diharapkan akan memberikan informasi lebih lanjut seiring dengan perluasan pembaruan ini ke lebih banyak pengguna.

Namun, langkah ini menandai komitmen Google untuk terus meningkatkan keamanan pengguna Android dalam menghadapi ancaman online yang terus berkembang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *