TEKNO

Perangkat Keras AI Terbaru di Computex 2024: Prosesor AI Mendebarkan yang Semakin Memanas!

98
×

Perangkat Keras AI Terbaru di Computex 2024: Prosesor AI Mendebarkan yang Semakin Memanas!

Sebarkan artikel ini
Ini perangkat keras AI baru yang diluncurkan di Computex 2024, perang prosesor AI makin panas
Ini perangkat keras AI baru yang diluncurkan di Computex 2024, perang prosesor AI makin panas

Media90 – Saat ini, penggunaan kecerdasan buatan (AI) mendominasi dunia teknologi. Hal ini juga tercermin dalam ajang Computex 2024 yang digelar di Taiwan.

Di sana, berbagai perangkat keras bertenaga AI diperkenalkan. Mari kita lihat beberapa perangkat keras AI yang diluncurkan di Computex 2024.

1. Intel Lunar Lake

Chip laptop telah menjadi fokus utama di tahun 2024. Generasi terbaru chip laptop dari Intel, Lunar Lake, diluncurkan pada Desember 2023, dengan desain chiplet dan NPU pertama Intel. Intel memasuki tahun 2024 dengan penuh percaya diri.

Qualcomm juga tidak mau ketinggalan dengan chip Snapdragon X Elite-nya, seiring dengan peluncuran platform PC Copilot+ AI Microsoft.

Baca Juga:  Antisipasi Lonjakan Trafik Digital Selama RAFI 2024: Telkomsel Siap Menghadapinya

Meskipun Qualcomm Snapdragon X Elite mendapat pujian, perhatian tertuju pada chip laptop baru Intel, Lunar Lake. Chip ini menawarkan CPU yang cepat, NPU yang lebih cepat, peningkatan grafis terintegrasi, dan masa pakai baterai yang lebih baik.

Intel mengklaim bahwa Lunar Lake akan memberikan pemrosesan 1,4 kali lebih cepat daripada chip Snapdragon X Elite untuk penggunaan alat AI Stable Diffusion 1.5. NPU-nya akan menghasilkan lebih dari 40 TOPS (tera operations per second), jauh lebih tinggi dari 10 TOPS yang ditawarkan oleh chip Meteor Lake.

Yang menarik dari Lunar Lake adalah memori terintegrasi penuh. Intel akan mengintegrasikan memori 16 atau 32GB ke dalam desain chip, meningkatkan efisiensi dan menghemat ruang.

Baca Juga:  Logitech Menghadirkan Fitur AI Terbaru dengan Logi AI Prompt Builder: Jelajahi ChatGPT Melalui Keyboard dan Mouse

2. Laptop AI Nvidia GeForce RTX

Nvidia, sebagai produsen GPU terkemuka, meluncurkan jajaran baru laptop bermerek GeForce RTX AI, yang dioptimalkan untuk layanan yang memanfaatkan inti Tensor secara maksimal.

Model baru GeForce RTX AI termasuk berbagai laptop dari Asus, MSI, Acer, Dell, Gigabyte, Lenovo, Samsung, dan lainnya. Mereka menawarkan fitur tambahan seperti Project G-Assist Nvidia, asisten chatbot AI dalam game, RTX Remix, Nvidia ACE, dan RTX Video.

Nvidia mengklaim laptop RTX AI-nya akan memberikan peningkatan kinerja yang signifikan dibandingkan dengan PC dan laptop AI lainnya, mencapai hingga 686 TOPS, jauh di atas Lunar Lake dan Snapdragon X Elite.

3. AMD Ryzen AI 300

AMD juga turut meramaikan dengan chip AI baru mereka di Computex 2024. Chip ini dibangun di atas arsitektur Zen 5 terbaru mereka.

Baca Juga:  Optimalkan Produktivitasmu: Panduan Memisahkan Urusan Pribadi dan Kerja dengan Dua Akun WhatsApp di iPhone

Chip laptop Ryzen AI 300-Series dari AMD dilengkapi dengan XDNA2 NPU yang diklaim dapat menghasilkan hingga 50 TOPS, melebihi Lunar Lake dan Snapdragon X Elite.

Chip ini akan didukung oleh laptop Ryzen AI 9 HX 370 dengan 12 core Zen 5 dan frekuensi boost maksimum hingga 5,1 GHz, serta Ryzen AI 9 365 dengan 10 core Zen 5 dan clock speed maksimum 5,0 GHz.

Kompetisi di pasar perangkat keras AI semakin memanas dengan munculnya inovasi-inovasi ini dari Intel, Nvidia, dan AMD.

Dengan kemampuan pemrosesan yang semakin cepat dan efisien, masa depan AI di dunia komputasi semakin menarik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *