TEKNOTIPS

Optimalkan Pengalaman Gaming: Panduan Menggunakan Pengontrol PS5 pada Windows 10 dengan Kabel USB

29
×

Optimalkan Pengalaman Gaming: Panduan Menggunakan Pengontrol PS5 pada Windows 10 dengan Kabel USB

Sebarkan artikel ini
Cara menggunakan pengontrol PS5 di Windows 10, pakai kabel USB biar lebih lancar
Cara menggunakan pengontrol PS5 di Windows 10, pakai kabel USB biar lebih lancar

Media90 (media.gatsu90rentcar.com) – Pengontrol DualSense Sony yang dirancang untuk PlayStation 5 tidak hanya terbatas pada konsolnya sendiri; mereka juga bisa berfungsi pada PC Windows 10 dan platform gaming populer seperti Steam.

Namun, perlu diingat bahwa beberapa fitur mungkin tidak tersedia saat digunakan di luar lingkungan PlayStation, seperti pemicu adaptif.

Namun, untuk pengguna yang ingin mengeksplorasi permainan mereka di PC dengan pengontrol yang nyaman, DualSense tetap merupakan pilihan yang menarik.

Memasang Pengontrol PS5 pada PC Windows 10

Pemasangan pengontrol DualSense pada PC Windows 10 bisa dilakukan dengan mudah, baik melalui kabel USB maupun Bluetooth.

Namun, untuk kinerja terbaik, disarankan untuk menggunakan kabel USB. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Sambungkan Kabel USB: Colokkan kabel USB dari pengontrol DualSense ke port USB pada komputer. Tunggu sejenak hingga Windows mendeteksi pengontrol. Indikator LED di sekitar panel sentuh akan menyala, menunjukkan bahwa pengontrol telah terhubung.
  2. Verifikasi Pengontrol: Buka Control Panel di PC Windows 10 dan pastikan pengontrol telah terdeteksi dengan benar. Cari pengontrol dalam menu Devices and Printer di Control Panel.

Pengaturan Tambahan

Sebelum memulai permainan, ada beberapa pengaturan tambahan yang perlu diperhatikan:

  1. Konfigurasi Audio: Pastikan Windows 10 mengenali DualSense tidak hanya sebagai pengontrol, tetapi juga sebagai perangkat audio. Hal ini dapat diatur melalui menu Sound di Settings.
  2. Pengaturan Game: Beberapa game mungkin memerlukan penyesuaian tertentu untuk mengenali pengontrol DualSense. Pastikan pengaturan game telah diatur sesuai keinginan.

Menggunakan Pengontrol PS5 untuk Game Non-Steam

Selain Steam, DualSense juga dapat digunakan dengan game non-Steam di PC Windows 10.

Namun, untuk memastikan kompatibilitas yang optimal, mungkin diperlukan beberapa langkah tambahan.

Berikut beberapa tips untuk mengoptimalkan penggunaan DualSense dengan game non-Steam:

  1. Aplikasi Pihak Ketiga: Unduh aplikasi pihak ketiga seperti DualSenseX DS5 Windows atau reWASD. Ini akan membantu dalam menyesuaikan pengontrol untuk berbagai game PC, termasuk pengaturan tombol dan fungsi tambahan.
  2. DualSenseX DS5 Windows: Aplikasi ini menawarkan kemampuan untuk meniru pemicu adaptif dan umpan balik haptic yang biasanya hanya tersedia pada PS5. Ini menjadi pilihan terbaik jika Anda mencari pengalaman bermain game PC yang lebih mendekati pengalaman PS5.
  3. reWASD: Alternatif lainnya adalah reWASD, yang menawarkan lebih banyak opsi penyesuaian tombol. Ini cocok untuk pengguna yang ingin menyimpan peta tombol terpisah untuk berbagai perangkat.

Dengan mengikuti panduan ini, Anda dapat mengoptimalkan penggunaan pengontrol DualSense Sony pada PC Windows 10 dan menikmati pengalaman gaming yang lebih baik, baik dengan game Steam maupun non-Steam.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *