TEKNOTIPS

Kiat Jitu: Memantrai AI untuk Menghasilkan Prompt yang Presisi

97
×

Kiat Jitu: Memantrai AI untuk Menghasilkan Prompt yang Presisi

Sebarkan artikel ini
Tips dan trik menuliskan prompt AI agar hasilnya akurat sesuai dengan yang kamu inginkan
Tips dan trik menuliskan prompt AI agar hasilnya akurat sesuai dengan yang kamu inginkan

Media90 (media.gatsu90rentcar.com) – Mungkin banyak dari kamu berpikir bahwa menghasilkan gambar menggunakan kecerdasan buatan (AI) cukup dengan mengetik beberapa teks dan menekan Enter.

Tetapi faktanya tidak demikian. Jika kamu menginginkan gambar yang akurat sesuai keinginan, membuat prompt dengan benar sangatlah penting. Tapi itu tidak selalu mudah.

Seberapa Spesifik Harusnya Petunjuk yang Kamu Masukkan?

Salah satu kesalahan umum dalam memasukkan prompt AI adalah informasi yang kamu berikan tidak cukup spesifik.

Hal ini juga menjadi masalah saat menggunakan alat AI seperti Microsoft Copilot dan lainnya. Jika kamu ingin agar AI memberikan hasil yang lebih akurat, kamu harus mendeskripsikan dengan tepat, apa yang kamu inginkan.

Misalnya, kamu ingin membuat gambar seorang anak perempuan sedang bermain alat musik, maka kamu harus memberikan informasi secara spesifik.

Misalnya, “Hasilkan gambar realistis seorang remaja perempuan sedang memainkan biola di ruang kelas, latar belakangnya jendela sekolah, dengan pemandangan taman bunga.”

Dengan petunjuk seperti di atas, kamu akan mendapatkan gambar yang sesuai keinginan. Semakin banyak konteks atau informasi yang kamu berikan pada alat AI, semakin baik respons yang akan kamu terima.

Unggah Gambar atau File Jika Tersedia

Mengunggah gambar atau file seringkali akan membuat perintah AI jauh lebih efektif. Misalnya, jika kamu ingin membuat resume satu halaman dengan AI, ada baiknya mengunggah PDF yang ada dan mendapatkan umpan balik.

Kamu dapat menggunakan beberapa plugin untuk mendapatkan respons yang lebih baik, terutama jika kamu menggunakan ChatGPT. Salah satu contohnya adalah Resume oleh jobbright.ai.

Jika kamu menggunakan AI untuk membuat karya seni, sebaiknya unggah juga gambar yang dapat digunakan alat AI sebagai contoh.

Sementara itu, jika kamu ingin menggunakan AI Foto atau alat serupa untuk memotret diri sendiri, mengunggah selfie, headshot, dan gambar lainnya akan membantu kamu mendapatkan apa yang kamu inginkan.

Jangan Membuat AI Melakukan Banyak Tugas

Menghindari kesalahan umum saat menggunakan alat AI tidak selalu mudah, tetapi salah satu masalah utama yang biasa ditemui adalah mencoba membuat alat tersebut melakukan terlalu banyak tugas.

Program AI sering kali akan membuat hasil dari permintaan kamu dalam beberapa menit, tetapi alat AI hanya dapat melakukan satu hal dalam satu waktu.

Jika kamu mencoba menanyakan terlalu banyak hal sekaligus, kamu tidak akan mendapatkan hasil yang Anda inginkan.

Terkadang, kamu akan memulai prompt dan menyadari lupa menambahkan informasi lebih lanjut. Saat ini terjadi, hentikan atau edit prompt saat ini dan sertakan detail tersebut sebelum membuat ulang.

Setelah menerima satu hasil prompt, kamu dapat melanjutkan ke prompt berikutnya hingga kamu puas dengan hasilnya.

Melakukan berbagai hal dengan cara ini mungkin tampak lebih memakan waktu, tetapi tugas tunggal sering kali meningkatkan produktivitas, dan hal yang sama juga berlaku untuk AI kamu.

Dengan mengikuti tips dan trik ini, kamu dapat meningkatkan kemungkinan AI untuk menghasilkan gambar yang sesuai dengan keinginanmu.

Semakin terampil kamu dalam membuat prompt yang spesifik dan memberikan konteks yang jelas, semakin baik hasil yang akan kamu dapatkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *