TEKNO

Keunggulan Keamanan Passkey Dibandingkan dengan Password

190
×

Keunggulan Keamanan Passkey Dibandingkan dengan Password

Sebarkan artikel ini
Ini alasan Passkey lebih aman dan tangguh ketimbang Password
Ini alasan Passkey lebih aman dan tangguh ketimbang Password

Media90 (media.gatsu90rentcar.com) – Penggunaan kata sandi (password) yang kuat dan unik telah menjadi landasan penting dalam menjaga keamanan online.

Selama kata sandi tersebut cukup kuat, kita dapat merasa yakin bahwa akun online kita aman dari ancaman peretasan.

Namun, password, pada kenyataannya, memiliki kelemahan inheren yang seringkali dapat dimanfaatkan oleh para peretas.

Oleh karena itu, banyak profesional keamanan digital saat ini merekomendasikan peralihan dari penggunaan password ke metode autentikasi yang lebih aman, yang dikenal sebagai passkey atau kunci sandi.

Mengapa Password Tidak Aman?

Password adalah konsep keamanan yang memungkinkan pengguna internet menjaga kerahasiaan akun online mereka.

Namun, ada beberapa alasan mengapa password tidak selalu dapat diandalkan untuk menjaga keamanan:

  1. Kemudahan Penggunaan: Sebagian besar orang cenderung memilih password yang mudah diingat, yang seringkali berarti kata sandi pendek atau menggunakan kombinasi yang lemah. Password semacam ini dapat dengan mudah dibobol menggunakan perangkat lunak yang dirancang oleh peretas.
  2. Pemilihan Kata Sandi yang Buruk: Banyak pengguna cenderung menggunakan kata sandi yang sama untuk beberapa akun berbeda, sehingga jika satu kata sandi terpapar, semua akun mereka dapat menjadi target.
  3. Ancaman Phishing: Penggunaan password juga rentan terhadap serangan phishing, di mana pengguna dikelabui untuk memasukkan kata sandi mereka di situs web palsu yang disusun oleh peretas.

Apa itu Passkey?

Passkey adalah cara inovatif untuk mengakses akun tanpa perlu mengandalkan kata sandi.

Alih-alih mengingat kata sandi yang kompleks, pengguna hanya perlu memiliki sebuah autentikator, seperti ponsel cerdas atau laptop, yang akan memverifikasi identitas mereka dan memberi izin untuk masuk ke akun.

Proses ini lebih aman dan nyaman dibandingkan dengan penggunaan password konvensional.

Dengan passkey, sistem meminta pengguna untuk mengautentikasi diri dengan menggunakan perangkat mereka sendiri, bukan dengan kata sandi tertentu.

Pengguna dapat melakukan ini dengan memasukkan PIN pada ponsel cerdas mereka atau dengan menggunakan metode biometrik yang berbeda, seperti sidik jari atau pemindaian wajah.

Keunggulan Passkey

Passkey menawarkan sejumlah keunggulan yang membuatnya lebih aman dan praktis daripada password:

  1. Keamanan Tinggi: Keamanan passkey jauh lebih tinggi daripada password. Kecuali peretas memiliki akses fisik ke autentikator pengguna, hampir tidak mungkin bagi mereka untuk mengakses akun.
  2. Perlindungan Terhadap Phishing: Karena passkey tidak dapat dicuri, serangan phishing yang mencoba mencuri kata sandi menjadi tidak relevan.
  3. Kemudahan Penggunaan: Pengguna tidak perlu menghafal sejumlah besar kata sandi yang berbeda untuk setiap akun. Penggunaan passkey juga seringkali lebih cepat dan efisien.

Rekomendasi Keamanan

Meskipun passkey merupakan solusi yang lebih aman, bagi yang masih ingin menggunakan password, penting untuk memastikan kekuatan keamanan kata sandi mereka:

  • Gunakan Password Kuat: Buatlah kata sandi yang panjang, mengandung huruf besar dan kecil, angka, serta karakter khusus untuk menghindari peretasan.
  • Kata Sandi Berbeda: Selalu gunakan kata sandi yang berbeda untuk setiap akun Anda untuk mengurangi risiko jika satu akun terpengaruh.
  • Autentikasi Dua Faktor: Aktifkan autentikasi dua faktor (2FA) di akun Anda. Ini akan memberikan lapisan tambahan keamanan yang mirip dengan passkey.

Dengan mempertimbangkan peralihan ke passkey atau meningkatkan kekuatan kata sandi Anda, Anda dapat mengambil langkah proaktif dalam menjaga keamanan akun online Anda dan melindungi data pribadi Anda dari ancaman peretasan yang terus meningkat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *