TEKNO

Gebrakan Baru: Nvidia dan AMD Tambahkan Fitur Microsoft Copilot Plus AI ke Laptop Gaming!

33
×

Gebrakan Baru: Nvidia dan AMD Tambahkan Fitur Microsoft Copilot Plus AI ke Laptop Gaming!

Sebarkan artikel ini
Nvidia dan AMD hadirkan fitur Microsoft Copilot Plus AI ke laptop gaming
Nvidia dan AMD hadirkan fitur Microsoft Copilot Plus AI ke laptop gaming

Media90 – Nvidia dan AMD bersiap untuk meluncurkan laptop gaming dengan menyertakan fitur AI Copilot Plus yang baru saja diumumkan Microsoft untuk laptop bertenaga Qualcomm.

Pengumuman menarik ini terjadi di ajang Computex yang baru-baru ini digelar, di mana Nvidia memberikan bocoran mengenai rencana laptop RTX AI PC yang akan datang dengan merek Asus dan MSI, yang nantinya akan dilengkapi dengan fitur PC Copilot Plus.

Menurut keterangan resmi dari Nvidia, laptop PC RTX AI yang diumumkan baru-baru ini dari ASUS dan MSI akan menampilkan GPU GeForce RTX 4070 dan system-on-a-chip hemat daya dengan kemampuan PC AI Windows 11. Laptop-laptop ini juga akan dilengkapi dengan CPU Strix terbaru dari AMD.

Meskipun demikian, AMD belum memberikan rincian resmi mengenai CPU laptop AMD Strix mereka. Nvidia juga memberikan petunjuk bahwa laptop PC Copilot Plus bertenaga AMD pertama mungkin tidak akan mendapatkan fitur AI dari Microsoft saat diluncurkan.

Laptop PC AI Windows 11 ini akan menerima pembaruan gratis untuk pengalaman Copilot + PC jika tersedia.

Hal ini menunjukkan bahwa Microsoft mungkin belum siap untuk meluncurkan fitur Recall dan fitur Windows bertenaga AI lainnya pada chip AMD.

Kemungkinan ada periode eksklusivitas untuk perangkat keras bertenaga Windows on Arm Qualcomm yang akan diluncurkan pada 18 Juni mendatang.

Sementara Microsoft terus mengembangkan model AI ke NPU, Nvidia berusaha membuat GPU mereka menjadi lebih berguna dalam pertempuran AI di PC.

Nvidia sangat fokus pada branding laptop AI RTX mereka dengan GPU yang mampu menjalankan beban kerja AI yang lebih berat daripada NPU.

Nvidia juga berencana untuk segera meluncurkan RTX AI Toolkit yang akan mencakup alat dan SDK untuk penyesuaian model, pengoptimalan, dan penerapan.

Alat-alat ini akan memungkinkan pengguna untuk mengoptimalkan model AI mereka seperti model Llama 2 Meta untuk dijalankan dengan persyaratan VRAM yang lebih rendah dan kinerja yang lebih baik.

Kerja sama antara Nvidia dan Microsoft juga tengah berlangsung dalam membangun model AI dasar yang akan disertakan langsung ke dalam Windows 11.

Kolaborasi ini akan memberikan pengembang aplikasi akses mudah ke model bahasa kecil (SLM) yang dipercepat oleh GPU, memungkinkan kemampuan retrieval-augmented generation (RAG) yang berjalan di perangkat yang didukung Windows Copilot Runtime.

Microsoft baru-baru ini mengumumkan Windows Copilot Runtime di acara Build bulan lalu, dan Nvidia mengonfirmasi bahwa upaya mereka untuk mempercepat model AI menggunakan GPU RTX akan dirilis dalam pratinjau pengembang akhir tahun ini.

Windows Copilot Runtime dirancang untuk memudahkan pengembang menambahkan fitur bertenaga AI ke aplikasi mereka, baik menggunakan perangkat keras NPU untuk mempercepatnya, ataupun GPU dari Nvidia.

Pertarungan AI ini di ranah PC diprediksi akan menjadi sangat menarik, terutama karena Microsoft memegang kunci untuk membawa pengalaman ini secara native di Windows bagi Nvidia, AMD, Intel, Qualcomm, dan berbagai mitra OEM lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *