TEKNO

Antisipasi Lonjakan Trafik Digital Selama RAFI 2024: Telkomsel Siap Menghadapinya

27
×

Antisipasi Lonjakan Trafik Digital Selama RAFI 2024: Telkomsel Siap Menghadapinya

Sebarkan artikel ini
Diprediksi akan ada lonjakan trafik digital selama RAFI 2024, ini antisipasi yang dilakukan Telkomsel
Diprediksi akan ada lonjakan trafik digital selama RAFI 2024, ini antisipasi yang dilakukan Telkomsel

Media90 (media.gatsu90rentcar.com) – Telkomsel telah mengambil langkah-langkah konkret untuk memastikan infrastruktur konektivitas broadband yang kuat demi memenuhi pengalaman digital pelanggan selama momen Ramadan dan Idul Fitri 1445 H (RAFI 2024).

Dalam antisipasi lonjakan trafik yang diperkirakan mencapai 15,22% dibandingkan hari biasa di tahun 2024, Telkomsel telah melakukan pembenahan infrastruktur yang signifikan.

Prediksi Telkomsel tentang lonjakan trafik broadband ini didorong oleh meningkatnya aktivitas digital masyarakat di berbagai sektor, dengan lonjakan yang signifikan terlihat dalam online gaming (40,84%), komunikasi (25,49%), video streaming (22,61%), media sosial (11,14%), dan e-commerce (9,17%).

Perbandingan dengan momen RAFI sebelumnya menunjukkan peningkatan trafik sebesar 14,63%, dengan total payload tertinggi diperkirakan mencapai 60,10 PB (Peta Byte) pada puncak RAFI tahun ini.

Galumbang Pasaribu, Vice President Global Network Operations Telkomsel, menyampaikan komitmen Telkomsel dalam memastikan pengalaman digital pelanggan selama RAFI 2024 melalui infrastruktur konektivitas broadband inovatif dengan jangkauan terluasnya.

Telkomsel telah melakukan optimalisasi kualitas, kapasitas, dan pemutakhiran teknologi jaringan terutama di 444 titik keramaian di berbagai wilayah Indonesia.

Titik keramaian tersebut meliputi 288 area khusus seperti pusat perbelanjaan dan alun-alun, 57 area transit transportasi seperti bandara dan pelabuhan, 42 wilayah residensial, 38 jalur mudik termasuk Rest Area dan SPBU, serta 19 kawasan ibadah seperti masjid dan rumah ibadah lainnya.

Upaya ini dilengkapi dengan kehadiran lebih dari 247 ribu BTS Telkomsel berteknologi 4G/LTE dan 5G terkini yang mencakup hingga 97% wilayah populasi di Indonesia.

Selain itu, Telkomsel juga telah mengimplementasikan standar arsitektur jaringan Open Digital Architecture (ODA) Autonomous Network pertama di Indonesia, dengan skema zero touch self-assurance berbasis AI.

Hal ini bertujuan untuk mendeteksi, mendiagnosis, mengoptimalkan, dan memulihkan fungsi jaringan secara mandiri dan otomatis, memastikan kestabilan kinerja dan kualitas jaringan broadband secara andal dan efisien.

Telkomsel juga telah menyiapkan 154 Posko Siaga RAFI di berbagai lokasi strategis se-Indonesia untuk memastikan setiap kebutuhan digital pelanggan dapat terpenuhi dengan layanan yang mampu memaksimalkan ibadah selama RAFI 2024.

Setiap Posko Siaga ini menjadi pusat layanan komprehensif, menyediakan berbagai layanan seperti penukaran Telkomsel Poin, pembelian kartu perdana Telkomsel Lite, pembelian voucher isi ulang, dan lainnya.

Di samping itu, kegiatan interaktif juga disediakan di setiap posko, termasuk games, live music, massage chair, dan phone charging.

Melalui berbagai kanal seperti Call Center 188 atau 147 (khusus pelanggan IndiHome), 492 GraPARI, 582 ATM Self-Service MyGraPARI, aplikasi MyTelkomsel beserta asisten virtual Veronika, serta akun media sosial resmi Telkomsel, layanan pelanggan Telkomsel akan tetap dapat diakses 24/7.

Dengan lebih dari 350 ribu mitra outlet Telkomsel, Telkomsel berkomitmen untuk meningkatkan pengalaman digital seluruh pelanggannya secara merata dan setara di Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *