TEKNO

Aloud: Revolusi Penerjemahan Multibahasa oleh YouTube Menggunakan Kekuatan Kecerdasan Buatan

100
×

Aloud: Revolusi Penerjemahan Multibahasa oleh YouTube Menggunakan Kekuatan Kecerdasan Buatan

Sebarkan artikel ini
Aloud Revolusi Penerjemahan Multibahasa oleh YouTube Menggunakan Kekuatan Kecerdasan Buatan
Aloud Revolusi Penerjemahan Multibahasa oleh YouTube Menggunakan Kekuatan Kecerdasan Buatan

Media90 – YouTube sedang memperkenalkan fitur revolusioner bernama Aloud, yang akan mengubah cara kita menonton video dalam bahasa asing di platform ini.

Sebelumnya, pengguna YouTube bergantung pada opsi teks terjemahan (subtitle) untuk memahami konten yang berbahasa asing.

Namun, tidak semua video dilengkapi dengan subtitle, mengakibatkan sebagian besar pengguna kehilangan kesempatan untuk menikmati video tersebut.

Dalam waktu dekat, masalah tersebut akan terselesaikan berkat proyek inovatif yang dikembangkan oleh Google Area 120, yaitu Aloud.

Aloud adalah alat berbasis kecerdasan buatan (AI) yang memungkinkan video di YouTube dapat diterjemahkan secara otomatis ke dalam bahasa yang dimengerti oleh pengguna, meskipun bahasa asli video tersebut bukanlah bahasa yang mereka kuasai.

Proyek Aloud pertama kali diluncurkan pada tahun 2022 sebagai inisiatif dari Area 120.

Pada awalnya, tujuan utamanya adalah untuk membantu produser video dalam membuat subtitle untuk video mereka dalam berbagai bahasa serta memberikan kemampuan sulih suara.

Teknik sulih suara merupakan proses produksi video yang menggantikan audio asli dengan audio baru yang mencoba mencocokkan gerakan bibir semirip mungkin.

Dengan Aloud, sebagian besar pekerjaan berat dalam sulih suara akan ditangani oleh algoritma AI.

Aloud akan mentranskripsikan teks dari video secara otomatis, yang dapat ditinjau dan diedit oleh produser video.

Setelah hasilnya memuaskan, Aloud akan menerjemahkan teks tersebut ke dalam bahasa yang dipilih dan menghasilkan sulih suara yang sesuai.

Namun, Aloud saat ini masih dalam tahap akses awal, yang berarti teknologi ini hanya dapat diakses terbatas dan bahasa yang didukung masih terbatas.

Saat ini, hanya beberapa bahasa yang didukung, termasuk bahasa Inggris, Spanyol, dan Portugis.

YouTube sedang menguji coba Aloud dengan beberapa kreator untuk mengumpulkan umpan balik dan memperbaiki fitur ini.

YouTube memiliki rencana ambisius untuk pengembangan Aloud di masa depan.

Mereka berencana untuk memperluas dukungan bahasa yang tersedia, sehingga pengguna dari berbagai negara dapat menikmati konten dalam bahasa asli mereka.

Selain itu, Aloud akan dikembangkan untuk mampu menirukan suara kreator dalam bahasa target, meningkatkan sinkronisasi gerakan bibir, dan menyampaikan ekspresi dengan lebih baik.

Dengan adanya Aloud, YouTube berusaha memberikan pengalaman menonton video yang lebih inklusif dan universal, memungkinkan pengguna di seluruh dunia untuk terhubung dengan beragam konten dan budaya tanpa terkendala oleh bahasa.

Era baru penerjemahan video dengan teknologi AI telah tiba, dan Aloud adalah langkah pertama menuju masa depan yang lebih terhubung dan multibahasa di dunia digital.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *