TEKNO

5 Alat Canggih AI untuk Memudahkan Belajar dan Mengerjakan Tugas Akademis

63
×

5 Alat Canggih AI untuk Memudahkan Belajar dan Mengerjakan Tugas Akademis

Sebarkan artikel ini
5 Alat AI untuk pelajar dan mahasiswa, bisa membantu belajar, meringkas konten, dan mengedit makalah
5 Alat AI untuk pelajar dan mahasiswa, bisa membantu belajar, meringkas konten, dan mengedit makalah

Media90 (media.gatsu90rentcar.com) – Bukanlah rahasia lagi bahwa kecerdasan buatan (AI) telah menjadi sekutu tak tergantikan dalam berbagai aspek kehidupan, termasuk dunia pendidikan.

Meskipun tidak bisa menggantikan peran manusia sepenuhnya, alat AI telah membantu mempermudah berbagai tugas yang dihadapi oleh pelajar dan mahasiswa.

Misalnya, dengan bantuan AI, para pelajar dan mahasiswa dapat dengan mudah merangkum tumpukan bab buku yang panjang menjadi poin-poin penting yang mudah dicerna.

Selain itu, penggunaan AI juga memungkinkan merekam dan mentranskripsikan pelajaran di kelas, membantu para pelajar untuk lebih fokus.

Selain itu, AI juga dapat membantu merevisi paragraf dengan kata-kata yang mungkin sulit dimengerti. Secara keseluruhan, alat AI membawa dampak positif dalam proses belajar para pelajar dan mahasiswa.

Dengan semakin banyaknya layanan AI yang tersedia untuk pendidikan, berikut adalah lima alat AI yang dapat membantu berbagai tugas pelajar dan mahasiswa:

1. Grammarly: Mengedit dan Meringkas Teks

Grammarly telah menjadi salah satu alat AI terbaik bagi pelajar dan mahasiswa karena berbagai fitur yang ditawarkannya.

Alat ini tidak hanya membantu dalam revisi teks untuk email, surat pengantar, dan resume, tetapi juga membantu dalam meringkas teks yang panjang menjadi lebih ringkas dan mudah dipahami.

Namun, penting untuk diingat bahwa Grammarly sebaiknya digunakan sebagai alat bantu, bukan untuk menulis sepenuhnya dari awal.

Pengguna dapat memanfaatkan fitur AI Grammarly untuk memperbaiki paragraf yang sulit, mencari variasi dalam penyampaian ide, dan melakukan revisi setelah menulis.

Selain itu, fitur yang kurang dikenal dari Grammarly termasuk kemampuannya dalam meringkas teks besar, memberikan ide untuk proyek, menyesuaikan nada penulisan, dan memberikan petunjuk penulisan yang berguna.

Grammarly tersedia dalam versi gratis dan premium, dengan opsi premium menawarkan fitur-fitur tambahan dengan biaya langganan bulanan.

2. Quizlet Q-Chat: Pembelajaran Intuitif dengan Bantuan AI

Quizlet Q-Chat membawa pembelajaran ke tingkat berikutnya dengan menggunakan kecerdasan buatan. Pengguna dapat menguji pengetahuan mereka melalui kuis, pelajaran, dan permainan interaktif yang disediakan oleh Q-Chat.

Selain itu, pengguna juga dapat menggunakan Q-Chat untuk mempelajari bahasa baru dan meningkatkan kemampuan komunikasi.

Pengguna dapat mencoba percakapan Q-Chat dengan akun gratis, namun untuk fitur lengkapnya, mereka perlu berlangganan Quizlet Plus dengan biaya bulanan atau tahunan.

3. Otter: Merekam dan Meringkas Pelajaran Kelas

Otter.ai adalah alat AI yang membantu dalam merekam dan meringkas pelajaran di kelas.

Dengan Otter, para pelajar dapat merekam pelajaran, mendapatkan transkrip, dan ringkasan, sehingga memudahkan mereka untuk memahami materi tanpa harus khawatir melewatkan informasi penting.

4. Socratic: Menjelaskan Konsep dengan Bantuan AI

Socratic, yang dikembangkan oleh Google, adalah alat AI gratis yang membantu menjelaskan konsep-konsep yang kompleks dengan visual yang bermanfaat, jawaban pertanyaan yang dihasilkan AI, dan tautan ke video yang relevan.

Aplikasi ini sangat berguna bagi siswa sekolah menengah dan universitas dalam memahami berbagai mata pelajaran.

5. Consensus: Mencari Sumber untuk Makalah Akademis

Consensus adalah mesin pencari AI yang membantu para pelajar menemukan sumber-sumber akademis untuk makalah mereka.

Dengan fitur-fitur seperti penelusuran tanpa batas dan ringkasan otomatis, Consensus menjadi alat yang berguna bagi siswa dalam meneliti topik-topik akademis.

Dengan hadirnya berbagai alat AI ini, diharapkan dapat membantu para pelajar dan mahasiswa dalam menyelesaikan tugas-tugas mereka dengan lebih efisien dan efektif.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *