TEKNO

Microsoft OneDrive di Web Meluncurkan Mode Offline Eksklusif untuk Pengguna Kantor dan Sekolah

89
×

Microsoft OneDrive di Web Meluncurkan Mode Offline Eksklusif untuk Pengguna Kantor dan Sekolah

Sebarkan artikel ini
Microsoft OneDrive di web menambahkan mode offline, hanya untuk pengguna kantor dan sekolah
Microsoft OneDrive di web menambahkan mode offline, hanya untuk pengguna kantor dan sekolah

Media90 (media.gatsu90rentcar.com) – Microsoft baru-baru ini mengumumkan penambahan mode offline ke OneDrive di web, tetapi fitur ini hanya akan tersedia untuk pengguna kantor dan sekolah.

Langkah ini merupakan bagian dari upaya perusahaan Redmond untuk terus meningkatkan pengalaman pengguna dengan layanan penyimpanan cloud-nya.

Perbaruan terbaru untuk OneDrive dimulai pada Oktober lalu, di mana Microsoft memperkenalkan sejumlah fitur baru dan penyempurnaan desain UI.

Mode offline baru adalah salah satu fitur unggulan dari pembaruan tersebut, dirancang untuk memungkinkan pengguna mengakses file mereka melalui browser web tanpa koneksi internet.

Bagaimana Mode Offline OneDrive Bekerja

Menurut Andrey Esipov, Manajer Produk Utama di Tim OneDrive dan Microsoft, mode offline OneDrive memerlukan aplikasi sinkronisasi OneDrive di Windows dan Mac.

Fitur ini menggunakan penyimpanan lokal komputer pengguna untuk menyimpan beberapa metadata file, seperti nama, ukuran, penulis, dan tanggal terakhir diakses.

Cache lokal ini membantu mempercepat waktu muat untuk OneDrive di web, memungkinkan pengguna untuk membuka file lebih cepat daripada mengunduhnya dari web setiap kali.

Aktivasi Mode Offline

Pengguna dapat mengaktifkan mode offline dengan masuk ke OneDrive di web melalui Microsoft Edge atau Google Chrome.

Aplikasi sinkronisasi OneDrive akan secara otomatis mengonfigurasi mode offline satu kali. Namun, belum jelas apakah browser lain seperti Mozilla Firefox saat ini mendukung fitur ini.

Setelah dikonfigurasi, pengguna dapat mengakses tampilan “File Saya” OneDrive mereka untuk mengelola file tanpa koneksi internet.

Perubahan yang dibuat saat offline akan disinkronkan kembali ke cloud secara otomatis saat koneksi internet tersedia.

Fitur Lainnya: File Sesuai Permintaan

Selain mode offline, OneDrive juga menawarkan fitur “File Sesuai Permintaan”, yang memungkinkan pengguna mengakses konten di cloud tanpa harus mengunduhnya ke komputer secara otomatis.

Sekarang, dengan mode offline baru, pengguna dapat memilih file dan folder agar selalu tersedia di penyimpanan komputer.

Fitur ini juga mendukung aplikasi pihak ketiga untuk jenis file tertentu, seperti membuka file PDF di penampil atau editor PDF. Perubahan yang dilakukan akan disinkronkan kembali ke OneDrive.

Ketersediaan dan Kesimpulan

Mode offline untuk OneDrive di web kini telah diluncurkan untuk pengguna, memberikan waktu muat hingga 3 kali lebih cepat saat mengakses file.

Namun, fitur baru ini eksklusif untuk pelanggan Microsoft 365 dengan akun sekolah atau kantor, tidak tersedia untuk pengguna gratis.

Meskipun demikian, pengguna masih dapat menggunakan aplikasi OneDrive di PC untuk mengakses file saat offline.

Dengan terus meningkatnya fitur dan pengalaman pengguna, Microsoft terus berupaya untuk menjadikan OneDrive sebagai solusi penyimpanan cloud yang lebih baik dan lebih efisien bagi pengguna bisnis dan pendidikan mereka.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *